News Breaking
Tube
wb_sunny

Breaking News

Tips & Trick Buat Anda yang sukai jajan On-line, Supaya Terlepas dari Penipuan Jual-Beli Online

Tips & Trick Buat Anda yang sukai jajan On-line, Supaya Terlepas dari Penipuan Jual-Beli Online

Tips & Trick Buat Anda yang sukai jajan On-line, Supaya Terlepas dari Penipuan Jual-Beli Online

S P C E.com : Toko on-line semakin popular di Indonesia, terlebih di kota-kota besar. Mereka tawarkan beberapa keunggulan di banding toko tradisional, dari potongan harga hingga keringanan belanja. Anda dapat belanja sambil tidak beranjak dari kantor. 

Walau gampang, Anda tetaplah mesti waspada waktu belanja on-line. Belum semuanya toko mempunyai manajemen pelanggan yang baik, hingga seringkali customer mesti menumpahkan komplain di mass media. Anda juga baiknya mengerti type toko on-line, apakah mereka business to business, business to consumer atau kombinasi keduanya. 

Untuk hindari beberapa hal tidak dikehendaki, termasuk juga penipuan, baiknya Anda ikuti panduan di bawah ini sebelumnya bertransaksi : 

1. Pastikan Identitas serta reputasi penjual 

Tahu Identitas serta reputasi penjual yaitu satu diantara hal yang bisa menghindari Anda dari tindak penipuan on-line. Walau demikian, butuh di perhatikan kalau penipu mungkin memakai jati diri palsu, salah nya ialah mengatasnamakan toko atau agensi besar. 

Karenanya, baiknya Anda tidak langsung yakin dengan jati diri sang penjual serta lakukan cross-check jati diri sang penjual. Diluar itu, Anda juga butuh memerhatikan kalau reputasi dapat juga dimanipulasi. Bila Anda beli dari komunitas jual-beli atau marketplace, baiknya Anda tanyakan pada pemakai lain atau moderator tentang jati diri sang penjual. 

2. Prioritaskan penjual dengan tempat paling dekat 

System jual-beli on-line memanglah bisa mempermudah kita untuk lakukan sistem jual-beli dari jarak jauh. Walau demikian, baiknya Anda mengutamakan penjual yang ada di sekitaran rumah Anda. Kenapa ? Bila Anda terserang masalah penipuan, Anda tidak bakal ribet untuk mengurusinya ke pihak yang berwajib. Diluar itu, Anda juga semakin lebih gampang untuk mengidentifikasi sang penjual. 

3. Pakai sarana rekening bersama 

Umumnya dari transaksi on-line yang ada di Indonesia memanglah masihlah memercayakan system transfer memakai rekening bank yang kerapkali digunakan beberapa penipu untuk menjerat korbannya. Satu diantara cara yang termasuk cukup ampuh untuk hindari penipuan on-line yaitu dengan memakai rekening bersama. 

Rekening bersama yaitu lembaga penghubung yang bakal mencairkan duit yang Anda bayarkan pada penjual, bila barang sudah tiba ke tangan Anda serta sesuai sama pesanan. Bawalah penjual untuk memakai rekening bersama. Bila ia tidak bersedia, jadi baiknya batalkan transaksi Anda. System sejenis ini, umpamanya, berlaku di Tokopedia, juga Komunitas Jual Beli KasKus. 

4. Utamakan COD 

System Kontan On Delivery atau COD yaitu satu diantara usaha paling efisien untuk hindari penipuan on-line. Dengan lakukan COD, Anda bisa mengecek barang yang bakal dibeli serta meyakinkan barang itu sesuai sama yang Anda kehendaki. Walau Anda mesti keluar tempat tinggal untuk mengambil barang, system COD bakal meyakinkan Anda terlepas dari penipuan. 

5. Senantiasa minta resi pengiriman 

Bila COD tidak sangat mungkin, pastinya barang yang Anda beli mesti diantar lewat agen atau layanan pengiriman barang. Lakukan untuk memohon nomer resi pengiriman setiap saat Anda lakukan transaksi on-line yang barangnya di kirim lewat agen atau layanan pengiriman barang. Nomer resi bakal bikin Anda agar bisa lakukan tracking dari barang yang Anda pesan. 

6. Janganlah gampang tergiur dengan potongan harga serta promo 

Panduan paling akhir yang cukup utama yaitu senantiasa kontrol diri Anda serta janganlah gampang tergiur dengan barang murah atau promosi spesifik. Check kembali harga resmi dari barang yang Anda incar di website jual-beli yang lain. 

Bila promo atau potongan harga nya sangat tinggi, baiknya Anda siaga. Janganlah gampang yakin dengan juga penjual yang memberi embel-embel barang black market, lolos bea cukai, serta semacamnya. Terkecuali punya potensi sebagai tindak penipuan, Anda akan dirugikan dengan beli barang tak resmi.
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!