Breaking

logo

Jumat, 20 Mei 2016

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 : Potensi Overclock Tinggi

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 : Potensi Overclock Tinggi

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5

S P C E.com : Radeon R9 390X adalah satu diantara lini kartu grafis kelas atas dari AMD. Sebagai kartu grafis kelas atas, pastinya ia mempunyai performa yang cukup tinggi serta bisa melibas beragam game terbaru dengan gampang. Tetapi, hal itu nyatanya kurang untuk PowerColor. Satu diantara vendor kartu grafis ini pilih untuk melaunching kartu grafis Radeon R9 390X dengan penambahan system pendingin cair serta performa yang lebih ditingkatkan. 

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5

Kartu grafis dengan nama PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 ini bisa disebut mempunyai posisi satu tingkat lebih tinggi dari kartu grafis Radeon R9 390X yang lain. Bukan sekedar mempunyai performa yang lebih tinggi dengan cara spesifikasi, ia juga dilengkapi dengan system pendingin cair atau water cooling hingga masihlah tersisa ruangan untuk pemakainya untuk lakukan overclocking. 

Sesuai sama penggambaran namanya, Devil R9 390X mempunyai bodi dengan penampilan sangar. Walau ukurannya masihlah sama juga dengan kartu grafis Radeon 390X yang lain, Devil R9 390X tampak lebih gemuk. Kenapa ? lantaran system pendinginnya yang termasuk besar. 

Devil R9 390X memakai system pendingin hibrida, berarti ia memadukan system pendingin water cooling dengan system pendingin hawa lewat kipas yang ditanamkan di bodinya. Kipas yang ada di bodinya sendiri cukup besar serta sesungguhnya sudah cukup untuk mendinginkan kartu grafis ini bila Anda tak lakukan overclocking. 

System pendingin water cooling pada kartu grafis ini memakai system yang serupa dengan kartu grafis Fury X. System pendingin itu tak dapat dipisahkan dari bodi Devil R9 390X, serta sudah dilengkapi dengan kipas dan radiator untuk pendinginan lebih maksimal. Lantaran berbentuk hibrida, system pendigin ini mungkin tak dipakai. System pendingin pada kartu grafis ini memperoleh tenaga lewat kabel spesial yang dapat dikaitkan langsung dengan kartu grafis atau ke socket kipas di motherboard. 


Anda Lihat bodi Devil R9 390X yang sangar, besar, serta dilengkapi dengan system water cooling, pasti telah sewajarnya apabila Devil R9 390X mempunyai performa diatas kartu grafis Radeon 390X yang lain. Bila dibanding dengan kartu grafis Radeon 390X standard, Devil R9 390X memanglah mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dengan cara pabrikannya. 

Ia ada dengan core clock serta memory clock 100MHz lebih tinggi daripada Radeon 390X standard. Support VRAM GDDR5 sebesar 8GB juga membuatnya dapat mendatangkan penyusunan grafis paling tinggi tanpa ada kendala. 

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 : Potensi Overclock Tinggi

Kekuatan Devil R9 390X juga terbuktikan lewat beragam pengujian, terlebih di pengujian game. Menariknya, di sebagian game yang di uji, yakni The Witcher 3 serta Star Wars Battlefront, Devil R9 390X malah mempunyai framerate rata-rata yang sedikit tambah baik dari pada Gigabyte Radeon R9 Fury X yang pernah di bahas beberapa waktu lalu. 

Walau demikian, kartu grafis ini masihlah kalah dalam soal kestabilan framerate bila dibanding dengan Fury X, serta ini yaitu hal yang lumrah. Pada beberapa besar game yang jadikan basis pengujian kami, Devil R9 390X memanglah berhasil mendatangkan performa yang begitu baik. 

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 : Potensi Overclock Tinggi

Ia dengan gampang melibas beragam game dengan penyusunan grafis optimal di resolusi Full HD, bahkan juga tanpa ada overclock. Cuma Ashes of the Singularity yang belum dapat ditaklukan dengan cara prima oleh kartu grafis ini. Sudah pasti kemampuannya dapat dipacu lebih kencang lagi, mengingat kartu grafis ini memakai system pendinginan hibrida yang menjanjikan kekuatan overclocking yang tambah baik. 

Review VGA PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 : Potensi Overclock Tinggi
Penutup :

PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 adalah satu diantara kartu grafis kelas atas yang kencang. Secara pabrikan, ia juga didesain sedikit lebih kencang dari kartu grafis Radeon 390X standard, walau kenaikan performanya tidaklah terlalu tampak didalam game. 

Dua hal sebagai keunggulan dari kartu grafis ini yaitu pemakaian system pendinginan hibrida. System pendingin itu memungkinkannya untuk di-overclock lebih jauh. Untungnya sekarang ini driver AMD Crimson sudah mempunyai feature overclocking yang pastinya bisa diaplikasikan di kartu grafis ini. 

PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5 memanglah lebih mahal dari kartu grafis PowerColor Radeon R9 390X standard. Tetapi yang bikin selisih harga nya cuma Rp 200. 000 yang pastinya bikin Devil R9 390X lebih mengundang selera, terlebih dengan semua keunggulan yang ditawarkannya.
Spesifikasi
PowerColor Radeon Devil R9 390X 8GB GDDR5
Chipset
Grenada XT
Memori
8GB GDDR5
Base Clock
1100MHz
Memory Clock
6100MHz
Interface
512-bit
Harga
Rp6.200.000