Breaking

logo

Selasa, 17 Mei 2016

Selamat Hari Buku Nasional ! Baca Buku Yuk,.............................................................

Selamat Hari Buku Nasional ! Baca Buku Yuk,.............................................................

S P C E.com : Selamat Hari Buku Nasional ! Untuk yang belum tahu, hari ini atau setiap 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Walau bukan jadi peringatan yang masif, peristiwa Hari Buku Nasional senantiasa menarik dibicarakan, terlebih bila dihubungkan dengan perubahan buku serta ketertarikan baca. 

Selamat Hari Buku Nasional ! Baca Buku Yuk,...........................................................

Pada masa digital sekarang ini, tak dapat disangkal kalau perpustakaan serta toko buku perlahan-lahan makin ditinggalkan. Semuanya telah serba on-line, demikian halnya dalam soal membaca. Umumnya orang-orang lebih pilih mencari info lewat gadget di banding dari buku konvensional. Walau untuk penggemar buku, kehadiran buku konvensional akan tidak tergantikan. 

Membaca, baik lewat buku digital ataupun buku konvensional sejatinya sama juga. Ke-2 cara itu masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Umpamanya, membaca buku digital lebih praktis serta ekonomis, tetapi bikin pembaca cepat jemu karena sangat lama memandang monitor. Sedang membaca buku konvensional lebih leluasa, namun cukup banyak merogoh kocek atau mesti meluangkan diri pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku. 

Oleh karenanya, peringatan Hari Buku Nasional tidaklah masalah type buku, tetapi menumbuhkan serta tingkatkan ketertarikan baca. Pasalnya, kenyataan yang berlangsung ketertarikan baca orang Indonesia masihlah rendah. Hasil survey UNESCO pada 2011 tunjukkan, indeks tingkat membaca orang-orang Indonesia cuma 0, 001 %. 

Berarti, cuma ada satu orang dari 1. 000 masyarakat yang masih 'mau' membaca buku dengan cara serius. Bahkan juga, Most Literate Nations in the World pada Maret 2016 melaunching pemeringkatan literasi internasional yang meletakkan Indonesia ada di urutan ke-60 diantara keseluruhan 61 negara. Sedang pada World Education Komunitas yang ada dibawah naungan PBB, Indonesia tempati posisi ke-69 dari 76 negara. 

Sadar kalau membaca jadi jendela dunia yang buka wawasan anak bangsa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ikut mencanangkan program 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelumnya mengawali pelajaran di sekolah lewat Permendikbud Nomer 23 Th. 2015. Menurut Mendikbud Anies Baswedan, program itu adalah usaha menumbuhkan ketertarikan baca. Sebab, menumbuhkan ketertarikan baca kurang dengan turunkan pajak serta harga buku, namun harus juga dapat mendorong penambahan keinginan atas buku. 

Sedang Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam rencana merayakan Hari Buku Nasional mengadakan Perpusnas Expo 2016 yang bisa di hadiri oleh orang-orang umum dari 17 sampai 21 Mei di Perpusnas RI, Jakarta. Acara bertopik 'Perpustakaan Sumber Ide serta Inovasi' itu menghadirkan berbagai aktivitas, seperti peluncuran buku, talkshow, sampai nonton film.