Breaking

logo

Senin, 20 Juni 2016

Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb, Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit mencoba berbagi buat pembaca setia s p c e.com yaitu Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM.

Bagaimana Membuatnya ? Tentunya anda penasaran seperti apa radio bradcaster tersebut ? Berikut dibawah ini gambar Modulator FM sebagai transmit audio atau pemancar dari computer kita nantinya.

Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster sangat mudah namun yang saya maksud dalam artikel ini yaitu memindahkan atau mentranfer suara audio yang di hasilkan computer secara nirkabel menggunakan gelombang radio yaitu gelombang radio FM ke radio penerima atau radio receiver seperti yang ada di radio smartphone atau ponsel yang kita miliki, sehingga computer tersebut dapat menjadi yaitu Radio Broadcaster.

Kemudahan dalam manjadikan computer menjadi radio broadcaster adalah kita dapat mendengarkan audio computer dari jarak jauh tentunya mendengarkanya menggunakan radio penerima atau receiver ponsel yang kita miliki, sehingga kita dengan santai mendengarkan lagu kesukaan kita dari computer tanpa harus duduk di depan computer.

Dengan memakai cara ini kita bisa mengerjakan pekerjaan lain sambil mendengarkan music dari computer.

Nah, Anda penasaran bagaimana cara merubah computer menjadi Radio Broadcaster ? Berikut di bawah ini cara dan bahan – bahan yang harus di siapkan.

Komponen – Komponen Yang Di Butuhkan Untuk Radio Broadcaster
  1. Modulator FM
  2. Dua Buah Capasitor 4.7 mikto farat
  3. Timah dan Soldering Listrik
  4. Kabel Audio
  5. Kabel USB
Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Untuk mendapatkan poin 1 yaitu Modulator FM anda bisa mendapatkannya di toko elektronik modulator, biasanya alat ini di pakai di dalam mobil yang tidak ada pemutar MP3nya hanya ada TIPE biasa, sehingga alat modulator ini di pakai sebagai pemutar MP3 melalui gelombang radio.

Proses Perakitan

Nah, Setelah semua komponen yang di butuhkan telah lengkap maka saatnya melakukan peroses perakitan ke semua komponen tersebut.

Perhatikan gambar di bawah ini merupakan modulator yang telah selesai saya modifikasi :

Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Yang paling penting dalam perakitan ini adalah modulator, Gambar di atas merupakan gambar modulator yang telah saya tambahkan dua buah kapasitor sebagai input audio R dan L ke modulator tersebut.

Untuk mengetahui input audio pada modurator membutuhkan sedikit keteletian dan sedikit membaca jampi-jampi J, kemudian jangan sempat salah memasukan audio input ke dalam modulator FM, Jika salah tentunya suara audio dari computer tidak bisa di pancarkan ke radio penerima.

Cara Mengetahui Input Audionya 
  •  Hidupkan Modulator FM dan Radio Penerima
  • Sesuaikan Frekuensi yang ada pada Modulator dengan radio penerima
  • Jika Frekuensi yang di hasilkan telah sama maka silakan Anda raba satu persatu dengan tangan anda pada Setiap kaki IC Modulator FM itu sendiri, jika pada saat diraba ada bunyi dam ( dengung ) di speaker radio penerima layaknya amplifier pada saat di sentuh iput audionya, maka bisa di pastikan itu adalah input audio ke modulator.
  • Tandai kaki IC tersebut
  • Setelah mendapatkan input audionya, yang perlu di ingat adalah tidak boleh langsung menyolder kabel audio ke kaki IC input tersebut, harus terlebih dulu di beri jemper alias jembatan, jembatanya adalah kapasitor, Lebih jelasnya perhatikan gambar di atas. 
Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Untuk kabel USB dan biasanya di dalam kabel usb ada 4 buah kabel, namun yang kita gunakan di experiment ini hanya 2 buah kabel saja yaitu kabel + - (plus dan minus) saja yang kita pakai,

Kabel yang dua tersebut berfungsi sebagai sumber daya untuk Modulator FM dari komputer. Untuk kabel transmit yang ada di usb tersebut di buang saja alias tidak di pakai.

Peroses Pengujian

Setelah proses perakitan selesai saatnya kita lakukan proses pengujian caranya sangat gampang alias mudah.

Pertama colokan kabel Audio dan Juga Kabel USB ke computer pada masing-masing soket yang ada pada computer.

Setelah itu jika sudah hidup lampu modulator hidupkan juga radio penerima anda atau radio receiver yang anda miliki. Contonya : radio yang ada di ponsel atau smartphone anda, kemudian sesuaikan atau samakan frekuensinya.

Cara Merubah Komputer Menjadi Radio Broadcaster Menggunakan Modulator FM

Setelah itu silakan hidupkan atau putar lagu apa saja di computer anda maka suara dari computer akan berpindah atau bisa anda dengarkan di radio ponsel anda sendiri dan ponsel anda bisa anda jadikan sebagai pengganti headphone computer anda tanpa anda harus membeli headphone mahal – mahal.

Penutup

Mudah bukan cara membuatnya ? Selamat mencoba pembaca setia www.saifulcomelektronik.com hanya ini yang dapat saya bagi di kesempatan kali ini buat anda dan semoga artikel singkat ini bermanfaat buat anda dan buat pembaca semuanya. Salam,...