Breaking

logo

Sabtu, 11 Juni 2016

Kata Kadindik Jawa timur, PPDB SMP-SMA Surabaya Baiknya Tanpa ada Tes

Kata Kadindik Jawa timur, PPDB SMP-SMA Surabaya Baiknya Tanpa ada Tes

S P C E.com : SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP-SMA bakal diawali pada 29 Juni-1 Juli 2016, sedang untuk SD pada 23-28 Juni 2016. System nilai UN yang tidak lagi semata jadi prasyarat kelulusan, bikin banyak wilayah di Jawa Timur lakukan tes untuk penerimaan siswa baru dengan nilai UN sebagai keseimbangan. 

PPDB Surabaya

" Bila diliat dari nilai UN memanglah cukup banyak yang nilainya dibawah standard 55 serta membuat lokasi mengambil keputusan ada tes lantaran siswa dengan nilai dibawah 55 itu dapat tetaplah lulus lantaran UN bukanlah hanya satu prasyarat kelulusan, " tutur Kepala Dinas Pendidikan Jawa timur Saiful Rachman, Jumat (10/6/2016). Tetapi, menurut Saiful, Surabaya tidak butuh mengadakan tes dalam sistem PPDB kelak. 

" Surabaya kan telah UNBK, jadi tak perlu ada tes lagi lantaran integritasnya telah terjamin. 100 % tentu hasil kerja pribadi anak-anak masing-masing, " katanya. 
Indeks integritas tinggi yang dicapai Surabaya dengan proses UNBK bakal selekasnya ditularkan ke lokasi lain di Jawa Timur dengan proses UNBK. 

" Daerah yang hasil UNnya telah baik, dapat ditargetkan untuk melakukan 100 % UNBK, " lanjutnya. 

Seperti yang disebutkan Saiful, ketetapan kelulusan siswa berdasar pada Pasal 2 Permendikbud 5/2015 yaitu merampungkan semua program evaluasi, nilai sikap/tingkah laku minimum baik, serta lulus ujian sekolah/madrasah. 

PPDB Surabaya

" Sementara kelulusan berdasar pada unit pendidikan diantaranya diputuskan oleh unit pendidikan sesudah terima hasil UN, berdasar pada rapat dewan guru dilengkapi berita acara, serta adalah hasil nilai sekolah paduan nilai rapor (50-70 %), nilai ujian sekolah/madrasah (30-50 %) dengan surat ketentuan kepala sekolah, " tuturnya.