Breaking

logo

Senin, 13 Juni 2016

Tips And Trik Cara Menjalankan Aplikasi Windows Bersamaan Dengan Sekali Click

Tips And Trik Cara Menjalankan Aplikasi Windows Bersamaan Dengan Sekali Click

S P C E.com : Memerlukan banyak aplikasi untuk dipakai setiap hari ? Haruskah lakukan click satu per satu untuk aplikasi milik Anda ? Bila Anda terasa jenuh lakukan hal itu, mungkin saja mesti ada pembaruan. Di Kesempatan Ini Saya coba tawarkan satu diantara feature lama Windows yang mungkin saja Anda pernah lupakan, yakni Batch

Tips And Trik Cara Menjalankan Aplikasi Windows Bersamaan Dengan Sekali Click

Tentu Anda Bertanya Apa Sih Batch ?

Satu script dari Windows, diisi beragam perintah yang bakal dieksekusi pada command line. Dengan cara basic, dalam script ini sesungguhnya dapat diaplikasikan dengan cara langsung pada command prompt (cmd) pada Windows. Namun tak kesemuanya sama, Anda dapat memberikan fungsi-fungsi operasi serta logika dalam file ini. 

Umpamanya saja manfaat looping (for), percabangan (if – else) serta yang lain. Manfaat ada feature ini tak lain yaitu supaya Anda lebih gampang dan mudah lakukan pekerjaan yang berulang ulang dengan cara automatis. Umpamanya saja melakukan penelusuran koneksi internet maupun pemanggilan aplikasi sehari-hari Anda. Batch file pada windows bisa di ketahui dari beberapa eksistensinya, diantaranya :

  • bat, file eksistensi ini dapat berjalan pada semua versus Windows. di mana nanti, file itu bakal segera digerakkan pada command prompt windows itu sendiri. 
  • cmd, sama seperti dengan file. bat. Namun ada ketidaksamaan, pada beberapa Windows versus lama akan tidak dapat lakukan pembacaan pada file ini. 
  • btm, file ini dipakai terbatas cuma pada lingkungan Windows server saja. 

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana lakukan pemanggilan beberapa aplikasi melalui batch file. Hal semacam ini akan semakin lebih mengeefektifkan saat Anda ingin memanggil aplikasi secara bersamaan dari pada mesti lakukan beberapa click yang sama saat membuka computer. 

Cara Membuat Batch File

Anda pasti mesti membuatnya untuk lakukan pemanggilan aplikasi Anda sendiri. Untuk membuatnya Anda tak perlu lakukan instalasi aplikasi lain, cukup pakai notepad maupun wordpad pada Windows Anda. 
@echo off

cd "C:\Program Files\Sublime Text 2"
start sublime_text.exe

cd "C:\Program Files (x86)\Steam"
start Steam.exe

exit
Pada script diatas saya melakukan otomatisasi pada aplikasi Steam serta Sublime Text. Anda mungkin melakukan otomatisasi pada aplikasi lain. Bila script itu telah Anda catat, taruh sebagai dengan format namafile. bat (Anda dapat menyesuaikkannya). Penjelasan script di atas bisa dijelaskan : 
@echo off Perintah ini dipakai agar tidak menampilkan window command prompt saat perintah dijalankan.
cd “C : Program Files (x86) Steam” Adalah perintah yang dilakukan untuk lakukan perpindahan direktori. Untuk lakukan pemanggilan aplikasi lain, Anda mesti merubah direktori di mana aplikasi tersebut di install.
start Steam. exe Adalah perintah yang dipakai untuk lakukan pemanggilan aplikasi berdasar pada direktori yang ada pada perintah terlebih dulu.
exit perintah di akhiri. 
Kadang-kadang penampilan default tak semenarik di banding dengan lakukan customize sendiri. Pada pemakaian Batch, Anda bisa menggantinya dengan icons yang menarik. Untuk penentuan icon Anda dapat memakai icon default dari aplikasi atau memakai icon lain yang Anda buat sendiri. Saya dalam kesempatan ini meletakkan aplikasi Batch pada desktop, sehingga untuk pembuatan shortcut lebih mudah. 

Dari sini (dari desktop) saya mulai membuat shortcut untuk batch, langkah awalnya click kanan kemudian pilih ''new – Shortcut''. Bila cara barusan sudah Anda lakukan, click kanan pada ''shortcut''. Dari beberapa pilihan yang ada. Kemudian Pilih ''Properties''. Pada window properties, ganti targetnya pada tempat di mana Anda menaruh file. bat punya Anda terlebih dulu. 


Untuk merubah icon, tentukan tombol change icon. Anda dapat memastikannya sesuai sama yang ada pada system maupun pilih icon lain pada computer punya Anda. 

Cukup gampang bukan ? jangan terlalu banyak memakai perintah .bat untuk pemanggilan aplikasi. Pastinya hal semacam ini bakal membebani Memory yang terpasang pada piranti computer Anda. Makin banyak aplikasi yang ada, pastinya bebannya juga semakin besar.