Breaking

logo

Rabu, 06 Juli 2016

Experimen Membuat Senter Sederhana Tanpa Menggunakan Baterai Sebagai Catu Dayanya

Experimen Membuat Senter Sederhana Tanpa Menggunakan Baterai Sebagai Catu Dayanya

S P C E.com : Assalamualikum wr wb, Hallo Para pembaca setia semuanya !!! Khususnya buat pembaca setia www.saifulkomelektronik.com Di penjuru nusantara maupun dunia, kalau ada sich J, Baik para pembaca di kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit yaitu tips and trik membuat senter tanpa baterai ? Anda Pensaran Kok Bisa Membuat Senter Tanpa Baterai ? Perhatikan Gambar di bawah ini dan pastikan anda juga membaca artikel ini sampai habis agar anda juga dapat membuatnya di rumah.

Experimen Membuat Senter Sederhana Tanpa Menggunakan Baterai Sebagai Catu Dayanya

Gambar di atas merupakan gambar senter tanpa baterai yang sudah siap saya buat sendiri, bentuknya sederhana dan mudah untuk menggunakannya. Senter tanpa baterai ini awalnya hanya mainan kipas manual anak – anak, saya rasa dan yakin bahwa anda pernah melihat alat kipas mainan anak tersebut.

Anda penasaran seperti apa bentuk awal mainan kipas anak tersebut sebelum saya jadikan menjadi senter tanpa batrai ? bentuknya sederhana tentunya seperti kipas dengan diameter dan berat pastinya tidak berat, nah bigungkan ? hehehe, baik dari pada bertele-tele saya tunjukan gambar kipas mainan ini sebelum saya modifikasi menjadi senter tanpa batrai, berikut di bawah ini.

Experimen Membuat Senter Sederhana Tanpa Menggunakan Baterai Sebagai Catu Dayanya

Nah, setelah saya tunjukan gambarnya, Sudah tahukan seperti apa bentuk asli kipas mainan yang saya modifikasi menjadi senter tanpa batrai yang anda lihat di gambar pertama dan gambar yang saya pengang ini adalah gambar asli dari mainan kipas tersebut ? Nah, Kemudian selanjutnya proses agar kipas ini menjadi senter tanpa batrai bahan yang kita gunakan atau kita tambahkan berikut di bawah ini.

Komponen dan Bahan Untuk Senter Tanpa Batrai
  1. Kipas Mainan Manual
  2. Dinamo DVD Bekas 3 Volt
  3. LED Super terang
  4. Gir Soket dynamo
  5. Sedikan Kabel dan Tang
Untuk lebih jelasnya saya sudah siapkan gambar mengenai komponen dan bahan membuat senter tanpa baterai ini perhatikan gambar di bawah ini :

Experimen Membuat Senter Sederhana Tanpa Menggunakan Baterai Sebagai Catu Dayanya
  • Untuk Kipas Mainan - saya sudah tunjukan gambarnya yang ada di gambar nomor dua yang saya pengang di dalam gambar tersebut, untuk mendapatkan kipas mainan yang ada di gambar tentunya banyak di jual di pasaran dengan kisaran harga sekitar Rp. 25.000,-
  • Dinamo 3 Volt – untuk dynamo saya memakai dynamo bekas DVD player, jika anda ingin membuat senter tanpa baterai ini anda bisa membeli dynamo tersebut ke toko elektronik atau anda cari saja DVD rusak kemudian ambil dinamonya dari mekanik DVD tersebut.
  • LED Super Terang – Led yang saya pakai dalam experiment membuat senter tanpa batrai ini yaitu led super terang bekas dari senter led rusak.
  • Gir Soket Dinamo – Gir soket ini hanya berfungsi sebagai penyambung poros dynamo dengan poros kipas tersebut.

Proses perakitan atau proses membuat senter tanpa batrai

Setelah ke 4 poin di atas telah lengkap saatnya proses pembuatan atau proses merakit agar kipas manual tersebut menjadi senter tanpa batrai, namun dalam proses merakit ini tentunya membutuhkan banyak gambar dengan gambar tersebut para pembaca mudah untuk memahami. Untuk proses membuat senter tanpa batrai ini saya sudah siapkan sebuah video singkatnya berikut di bawah ini :



Penutup

Para pembaca setia S P C E.com Demikan dulu yang dapat saya sharing di kesempatan ini tentang membuat senter tanpa batrai, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com