Breaking

logo

Minggu, 28 Agustus 2016

Bina Marga Prioritaskan Jalan Terpencil, 2018 Lesten Rampung Diaspal

Bina Marga Prioritaskan Jalan Terpencil, 2018 Lesten Rampung Diaspal

S P C E.com : Sepertinya Pemkab Gayo Lues menetapkan tahun 2016/2017 merupakan tahun pembangunan infrastruktur. Salah satu infrastruktur yang diprioritaskan, adalah pembangunan jalan di daerah-daerah terpencil upaya mempermudah akses masyarakat. “Ada beberapa jalan tembus pada tahun ini akan rampung, “ kata Surianto,ST, Kabid Bina Marga pada Dinas PU. Sabtu (27/8).

Bina Marga Prioritaskan Jalan Terpencil, 2018 Lesten Rampung Diaspal

Dikatakannya, berbagai jalan tembus ini perlu dibangun untuk melancarkan akses masyarakat di beberapa wilayah  yang saat ini sulit dijangkau oleh kendaraan. Baik akses jalan antar desa maupun kecamatan. “ salah satunya jalan Pining – Lesten, “ sebutnya.

Tahun ini kata Surianto, jalan Pining- Lesten  akan dirampungkan pengerasan sepanjang 18 Km, tercatat dari titik nol Kampung Pining hingga ke Desa Lesten. Kondisi sekarang sedang dalam pengerjaan dan hampir rampung, kecuali pengaspalan yang nantinya akan diaspal sepanjang 500 meter.

“Memang rencana sebelumnya, tahun ini akan diaspal sepanjang 3 Km, namun karena banyaknya ruas pelebaran dan  penggalian drainase serta pemangkasan jalan untuk mengurangi tanjakan di beberapa titik, akhirnya 500 meter yang akan diaspal, “ jelasnya.

Pengaspalan sepanjang jalan Pining – Lesten akan dirampungkan tahun 2018, karena merupakan program prioritas yang masuk  dalam daftar usulan ke Provinsi, “ dananya dari Otsus, berbeda dengan tahun ini sumber dana DAK, “ imbuhnya.

Selanjutnya tahun depan juga akan dibangun Aboudment (pondasi) jembatan di Lesten tepatnya di wilayah Khalul yang menghubungkan Lesten - Aceh Tamiang. Pembangunan itu dilakukan secara bertahap setelah selesai Aboudment, menyusul pembangunan jembatan rangka baja pada tahun 2018, “ panjang jembatan tersebut 60 meter, “ tutupnya.
Penulis : JS Peparik insetgalus