BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Gerhana matahari sebagian akan landa Pulau Jawa dan Sumatera pada 1 September

S P C E.com : Gerhana matahari sebagian, bukan gerhana matahari cincin, akan dapat diamati sebagian penduduk Pulau Jawa dan Pulau Sumatera pada Kamis, 1 September. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan jalur gerhana matahari cincin sejatinya bakal dapat diamati di Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudera Hindia.

Gerhana matahari sebagian akan landa Pulau Jawa dan Sumatera pada 1 September

Namun, menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, Indonesia berada di luar jalur tersebut sehingga gerhana matahari cincin tidak bisa dilihat.

“ Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan hanya menutupi bagian tengah matahari sehingga terlihat seperti cincin. Tapi kawasan di luar jalur gerhana matahari cincin tersebut, termasuk Indonesia, hanya melihat gerhana matahari sebagian. Wilayah Indonesia termasuk bagian akhir dari bayangan gerhana matahari tersebut sehingga hanya terlihat tipis, itu pun tampak saat matahari tenggelam,” kata Thomas 

Berdasarkan perhitungan BMKG, gerhana sebagian ini akan teramati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Namun, waktu kejadian gerhana di setiap lokasi akan berbeda-beda. Kontak pertama gerhana matahari di Indonesia adalah di Pacitan, Jawa Timur, yang terjadi pada pukul 17:26 WIB untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya.

Puncak gerhana akan pertama kali teramati di Seai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 17:52 WIB. Akhir proses gerhana teramati paling awal di Talang Ubi, Sumatera Selatan, pada pukul 17:59 WIB dan paling akhir di Kepahiang, Bengkulu, pada pukul 18:06 WIB.

Moedji Raharto, astronom yang menjadi staf pengajar di jurusan astronomi Institut Teknologi Bandung, mengatakan gerhana matahari cincin merupakan fenomena alam yang terjadi secara berkala.

"Bentuk orbit bumi mengelilingi matahari berbentuk elips sehingga jarak antara bumi dengan matahari selalu berubah. Demikian juga jarak antara bulan dan matahari berubah-ubah. Ketika bulan tampak lebih kecil dan menutupi matahari di bagian tengah sehingga matahari terlihat seperti cincin, itu bukan karena bulan mengecil tapi efek jarak yang membuatnya terlihat seperti itu,” ujarnya.

Karena gerhana matahari, baik yang penuh, sebagian, maupu cincin, adalah fenomena alam yang terjadi berkala, Moedji mengatakan khalayak Indonesia akan dapat mengamati gerhana matahari cincin pada 26 September 2019 mendatang. ”Nanti akan melintas di kawasan Pulau Sumatera. Ditunggu saja,” ujarnya.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.