News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Menjaga Mata, 5 Hal Yang Boleh Anda Lakukan dan 6 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan

Tips Menjaga Mata, 5 Hal Yang Boleh Anda Lakukan dan 6 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan

S P C E.com : Dalam merawat mata Ada beberapa hal yang boleh Anda lakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada mata. Kali ini tips waras sehat akan membahasnya lebih lanjut tentang merawat mata  yang baik dan benar agar tetap sehat. Cara ini adalah cara alami yang tidak ada risiko negatip yang akan mempengaruhi kesehatan mata Anda dalam jangka waktu lama nantinya.

Tips Menjaga Mata, 5 Hal Yang Boleh Anda Lakukan dan 6 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan

5 Hal Yang Boleh Anda Lakukan Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Dalam merawat mata Anda, ada hal-hal yang boleh dikerjakan dalam menjaga kesehatannya, adalah sebagai berikut:

  1. Celupkan selembar kapas ke dalam susu dingin dan tempelkan pada mata yang tertutup selama 10 menit. Lalu rileks kan mata Anda sepenuhnya. Hal ini akan membantu otot-otot mata menjadi lebih rileks, setelah Anda lelah bekerja di depan layar komputer atau laptop.
  2. Selain itu cara menjaga kesehatan mata menggunakan kentang. Parut kentang beserta kulitnya, lalu tempelkan parutan tersebut pada mata yang tertutup selama kurang lebih 20 menit. Kemudian rileks sepenuhnya. Ini berguna menjaga otot mata Anda tetap kencang.
  3. Cara menjaga kesehatan mata dengan mentimun. Ambil irisan mentimun, dan letakkan di atas mata tertutup. tips ini bermanfaat untuk menghindari terbentuknya lingkaran hitam pada mata (mata panda)
  4. Jika mata Anda berwarna merah dan terasa gatal, pijat ringan kulit mata dengan menggunakan dadih (susu kerbau atau sapi yang difermentasi). Cara menjaga kesehatan mata ini berguna untuk mengurangi temperatur yang tidak sesuai di sekitar kulit mata Anda.
  5. Membasuh mata dengan menggunakan air dingin, hal ini bermanfaat membuat rasa sejuk pada kulit mata Anda. Disarankan jangan terlalu sering membasuh mata Anda saat mata mengalami iritasi.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Mata, 5 Hal Yang Boleh Anda Lakukan dan 6 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan

Setelah Anda tahu hal apa saja yang sangat disarankan dalam merawat mata. Maka ada hal-hal yang sangat perlu untuk Anda hindari, adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan lensa kontak (soft lens) untuk waktu yang cukup lama, atau sepanjang malam. Hal ini jika Anda lakukan akan membuat mata terasa lelah, dan memberikan ketegangan yang tak perlu pada kulit mata.
  2. Membasuh muka dengan menggunakan air secara kasar dan terburu-buru. Hal itu  bukannya membuat kelelahan mata Anda mereda, namun justru membuat partikel kecil di mata Anda melukai, atau membuat elergi. Akibat buruknya juga akan melukai kornea atau akan membuat Anda terasa pedih.
  3. hal yang tidak boleh dilakukan dalam menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah menggunakan sapu tangan untuk mengelap mata. Sebaiknya Anda gunakan tisu, karena akan lebih higienis untuk kulit yang sensitif.
  4. Hindari menonton tv terlalu dekat. Jarak minimum idealnya adalah 4,5 meter dari tv. Sedangkan saat Anda membaca, jaga juga jarak mata Anda dari buku tersebut minimal setengah meter. ini akan menguatkan otot kulit mata Anda.
  5. Menggunakan krim make up untuk mata atau eyeshadow berbentuk tabur. taburan ini dapat masuk ke mata Anda, sehingga dapat mengakibatkan iritasi di bagian otot  mata dan kulit di dekat mata.
  6. Jangan menggunakan kosmetik kadaluarsa. Contohnya, maskara perlu Anda perhatikan usia kosmetik tersebut. Masa kadaluarsa maskara adalah lebih dari setahun. Jika Anda tetap memakainya, maka akan membuat kulit mata menjadi lemah.
Demikianlah pembahasan singkat tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Salam sehat !!

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!