BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

S P C E.com : Apple telah resmi meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sudah tentu banyak orang yang menginginkan gadget canggih yang punya banyak fitur pembaruan itu. Meski masih tergolong baru, ternyata tiruan dari iPhone 7 sudah bermunculan. Tentu hal ini membuat kita merasa was-was ketika akan membeli iPhone 7 yang bukan dari Apple Authorised Reseller. Alih-alih dapat iPhone 7 dengan harga murah, takutnya malah dapat iPhone 7 replika.

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

iPhone replika, KW, atau super copy adalah sebuah smartphone yang dirakit sedemikian rupa supaya mirip dengan iPhone aslinya namun dengan material, sistem operasi, dan kualitas spesifikasi yang jauh berbeda dengan iPhone sebenarnya.

Cara Membedakan iPhone 7 Asli atau Palsu

Jika sudah begini, kamu memerlukan pengetahuan yang lebih untuk memilah mana iPhone 7 asli dan mana yang palsu. Khususnya buat kamu yang ingin membeli iPhone 7 bukan dari Apple Authorised Reseller atau beli iPhone 7 second.

Berikut langkah yang harus kamu lakukan untuk mengetahui perbedaan iPhone 7 asli dan iPhone 7 replika.

1. Tidak Ada Jack Audio 3.5mm dan Bentuk Kamera Lebih Besar dan Menonjol

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Apple ternyata benar-benar serius menghilangkan jack audio 3.5mm pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sebagai gantinya, Apple membekali earpods dengan konektor lightning yang ada dalam paket penjualan.

Selain itu, kamu akan melihat sedikit perubahan pada antena dan terlihat lebih menyatu. Oh iya, modul kamera iPhone 7 lebih besar dan menonjol. Sementara untuk iPhone 7 Plus punya dual camera. Ya, kamu wajib memperhatikan ciri-ciri tersebut.

2. Tombol Home Kapasitif

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Apple melakukan sentuhan baru pada tombol home dengan teknologi yang disebut Solid-state Home Button atau kapasitif. Memang bentuk tombol dan penempatannya tidak berubah, namun di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kamu nggak perlu takut lagi tombol Home jadi cepat rusak.

Pasalnya, Apple menggunakan teknologi yang lebih kuat, responsif, dan sensitif terhadap tekanan. Ya, saatnya kamu mengucapkan selamat tinggal pada Assistive Touch.

Nah, pastikan tekan tombol Home pada iPhone 7. Jika ternyata masih berupa tombol fisik, kemungkinan besar itu palsu. Oh iya, jangan lupa cobain fitur fingerprint-nya.

3. Memori yang Digunakan

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Langkah berikut untuk membedakan iPhone 7 asli dan palsu adalah dengan mengecek memori yang digunakan. Penyimpanan basic di iPhone 7 mulai dari 32GB, 128GB, dan 256GB.

Jadi, sudah tidak ada lagi memori internal 16GB dan 64GB. Pastikan kamu cek di menu pengaturan ya.

4. Coba Fitur Kamera

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Selain memperhatikan bentuk kamera fisik, kamu juga wajib mencoba fitur kamera iPhone secara langsung. Harusnya kamu akan dibuat takjub akan hasilnya. Tapi jika ternyata jelek, hampir dipastikan kalau itu iPhone 7 palsu.

Lebih lanjut, ketahui juga spesifikasi kameranya. Kamera Apple iPhone memang tetap mengusung resolusi 12MP. Namun, Apple mengklaim kalau sensor ini 60% lebih kencang dan 30% lebih efisien.

Bukaan f/1.8 juga diklaim bisa menangkap cahaya 50% lebih banyak ketimbang lensa f/2.2 di iPhone 6s. Kemudian, Apple juga sudah melengkapi dengan OIS (Optical image stabilization) yang tidak ada di iPhone 6s.

Dukungan chipset pengolah gambar baru dan Quad-LED (dual tone) Flash, diklaim bisa menghasilkan cahaya 50% lebih banyak. Kamera depannya juga mempunyai resolusi lebih besar, yaitu 7 megapikel.

Sementara, kamera iPhone 7 Plus Apple membawa perubahan besar dengan menyematkan dual camera yakni Tele dan Wide. Dua kamera tersebut menggunakan 2 lensa yang berbeda, 1 lensa setara 28mm dan satunya lensa setara 56mm.

Kamu dapat berganti dengan mudah dari mode normal ke lensa kedua dengan kemampuan zoom hingga 2x untuk optical zoom dan 10x untuk digital zoom. Dua kamera ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan DoF (Depth of Field) alias foto bokeh.

5. Harga yang Wajar

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Harga yang terlampau murah patut kamu waspadai, maka dari itu kamu harus tau terlebih dahulu harga asli dari duo iPhone 7 berikut ini:

Kapasitas               Harga iPhone 7                                         Harga iPhone 7 Plus

32 GB              US$649 atau Rp 8,5 jutaan                        US$769 atau Rp 10 jutaan
128 GB              US$749 atau Rp 9,8 jutaan                        US$869 atau Rp 11,4 jutaan
256 GB              US$849 atau Rp 11 jutaan                                US$969 atau Rp 12,7 jutaan

Sudah tau kan harga aslinya? Kalau pun lebih murah, pastinya nggak bakal terpaut jauh dari harga aslinya. Kecuali jika iPhone 7 tersebut adalah palsu.

6. Tersedia App Store, Bukan Google Play

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

iPhone adalah salah satu produk keluaran Apple. Nah, tentu saja semua produk Apple memiliki aplikasi App Store di dalamnya. Biasanya, iPhone tiruan tidak memiliki aplikasi App Store melainkan Google Play yang dimiliki perangkat Android. Nah loh?

7. Perhatikan OS yang Digunakan

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

iPhone asli tentu saja menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sedangkan iPhone tiruan rata-rata menggunakan Android karena memang sangat mudah dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS.

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke menu pengaturan dan periksa sistem operasi yang digunakannya. Ingat ya, versi yang digunakan adalah iOS 10.0.1.

8. Pergunakan iTunes

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Perangkat iPhone asli dapat terhubung dan saling mengenali satu sama lain dengan iTunes. Sebaiknya kamu sudah persiapkan laptop yang sudah terinstal iTunes untuk memastikannya. iPhone 7 asli ketika terhubung akan dibaca dengan mudah oleh iTunes. Sedangkan iPhone palsu tidak akan terbaca.

9. Cek Garansi iPhone Melalui Website

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Sebelum kamu membeli iPhone 7, sebaiknya lihat terlebih dahulu nomor IMEI yang tertera pada dus. Kemudian lakukan pengecekan melalui website resmi Apple dan masukkan nomor IMEI tersebut.

Jika muncul keterangan yang sesuai, dapat dipastikan iPhone tersebut asli. Jika tidak bisa, berarti iPhone itu palsu.

10. Adanya Memori Eksternal

10 Tips and trik jitu Cara Membedakan iPhone 7 Asli Dan Yang Palsu

Sejak kapan iPhone punya slot memory card MicroSD? Jika iya ada, jelas itu adalah iPhone 7 palsu. Apple tidak pernah sekalipun membuat iPhone dengan slot MicroSD.

Kesimpulan

Percaya atau tidak, banyak smartphone tiruan buatan Cina ini yang sulit dibedakan dengan aslinya. Dari segi desain, strip antena hingga dual camera yang disematkan dibuat sangat mirip.

Bukan dari segi desainnya saja, OS yang digunakannya pun dibuat menyerupai iOS 10. Namun, biasanya ada beberapa hal yang tidak berfungsi secara maksimal, salah satu contohnya adalah Touch ID. Selain itu, performa kamera iPhone 7 tiruan ini juga tidak bisa menyamai smartphone aslinya. Apa sekarang kamu bisa bedakan mana iPhone 7 yang asli dengan yang palsu? Jangan lupa share info ini ke teman-teman kamu yang membutuhkan ya.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.