BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

TAHUKAH KAMU? Kenapa Komputer Butuh Restart Setelah Instal Program atau Software ?,...

S P C E.com : Tahukah kamu ? yang setiap hari beraktivitas dengan komputer, tentunya ada beberapa hal yang cukup menyebalkan dari sistem operasi Windows. Salah satunya adalah kita harus restart komputer setelah melakukan instalasi aplikasi atau setelah update sistem.

TAHUKAH KAMU? Kenapa Komputer Butuh Restart Setelah Instal Program atau Software ?,...

Dalam hal ini, sistem operasi-lah yang harus disalahkan karena mengambil beberapa menit penting dari kehidupan pengguna komputer di seluruh dunia. Pertanyaannya, kenapa komputer atau lebih tepatnya sistem operasi membutuhkan itu?

Penjelasan Kenapa Komputer Butuh Restart ?

TAHUKAH KAMU? Kenapa Komputer Butuh Restart Setelah Instal Program atau Software ?,...

Dikutip dari Fossbytes, ketika kita melakukan instalasi perangkat lunak, mungkin memerlukan perubahan file DLL. File DLL (Dynamic Link Library) sendiri adalah file library windows, merupakan kode yang sudah dikompilasi dan dapat digunakan oleh program lain.

Karena file DLL digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi lainnya, membuat perubahan file DLL saat digunakan akibatnya mungkin akan merusak file sehingga restart diperlukan setelah melakukan proses instalasi. Dengan begitu, sistem bebas untuk mengubah file yang relevan.
File DLL tidak dapat diganti ketika sedang digunakan.
Restart umumnya dibutuhkan untuk proses instalasi dan update yang berkaitan dengan hal-hal yang sangat penting untuk sistem. Bahkan, di sistem operasi Microsoft terbaru yakni Windows 10 lebih memerlukan restart untuk mengubah sebagian besar data dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Bagaimana dengan OS Lainnya?

Berbeda dengan pengguna sistem operasi Linux. Kamu nggak perlu melakukan restart setelah proses instalasi aplikasi atau update. Kecuali, yang berhubungan dengan sistem yang sangat peting seperti upgrade kernel, yang mengakibatkan file lama terganti oleh file baru.

TAHUKAH KAMU? Kenapa Komputer Butuh Restart Setelah Instal Program atau Software ?,...

Sementara itu, untuk pengguna Apple MacOS. Restart hanya diperlukan setelah update sistem. Sebenarnya, untuk proses instalasi aplikasi pada OS Windows, kamu bisa saja mengaturnya secara manual tanpa perlu restart. Tapi, justru rumit dan tidak banyak yang tahu caranya. Maka dari itu, restart merupakan solusi yang jauh lebih mudah.

Semoga saja seiring perkembangan sistem operasi dan aplikasi, ke depannya restart tidak dibutuhkan lagi. Gimana pendapatmu? Kamu merasa terganggu nggak sih dengan keharusan restart? Share ya pada kolom komentar di bawah!

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.