News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips and Trik Cara Mempercepat Koneksi 3G Secepat Jaringan 4G LTE

Tips and Trik Cara Mempercepat Koneksi 3G Secepat Jaringan 4G LTE

S P C E.com : Teknologi 4G LTE memang membuat mudah kegiatan online semakin menyenangkan, browsing lancar, akses media sosial cepat, dan streaming video minim buffering. Sayangnya, masih banyak orang yang terjebak di koneksi 3G. Maka dari itu, berikut S P C E akan sajikan cara mempercepat koneksi 3G secepat 4G.

Untuk menikmati fitur 4G LTE, pertama spesifikasi smartphone kamu harus mendukung 4G. Masalahnya, masih banyak orang yang menggunakan smartphone 3G di Indonesia. Selain itu, belum semua daerah terjangkau jaringan 4G.

Cara agar Koneksi 3G Secepat 4G LTE

Berikut adalah beberapa cara supaya koneksi 3G kamu menjadi secepat 4G LTE.

Gunakan Opera Max



Hampir semua aktivitas yang dilakukan pada smartphone menggunakan data internet dan saat ini banyak aplikasi yang sudah mendukung konten berkualitas high definition. Tujuannya untuk memanjakan mata kamu. Tapi kalau kamu cuma berada di jaringan 3G, bisa dibilang cukup berat.


Jadi, kita buat saja semuanya menjadi ringan dengan menggunakan Opera Max. Selain menghemat kuota internet kamu, dengan menyalakan Opera Max, konten dikompres hingga 23 persen sebelum mencapai smartphone kamu dan hemat hingga 50 persen. Jadi, membuat segala aktivitas lebih ngebut secepat jaringan 4G.


Selain Opera Max, Opera Free VPN juga merupakan aplikasi wajib yang harus kamu instal untuk mempercepat koneksi internet 3G kamu. Sesuai namanya, Opera VPN membuka blokir banyak konten dan mengakses situs web dan aplikasi favorit kamu dari mana saja.

Selain bisa membuat kamu berselancar di dunia maya dengan aman, browsing dengan Opera VPN juga jauh lebih cepat. Sebab Opera VPN memblokir semua iklan. Tanpa gangguan iklan, segalanya jadi lebih cepat.

Tapi, kamu nggak bisa mengaktifkan Opera Max dan Opera VPN secara bersamaan. Jadi, sesuaikan saja dengan keadaan kamu.

Matikan Autoplay Video di Facebook dan Instagram


Facebook dan Instagram sekarang ini sudah mendukung konten video. Terkadang buffering video di jaringan 3G membuat aktivitas kita terganggu dan kuota jadi cepat habis.

Untuk itu, solusinya kamu bisa menonaktifkan autoplay video di Facebook dan Instagram. Caranya, kamu bisa baca di artikel berikut: Cara Menonaktifkan Autoplay Video di Facebook dan Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram.

Menggunakan Aplikasi Versi Lite


Di era digital seperti ini, media sosial memang hal penting. Pasalnya, berbagi informasi jadi semakin mudah. Salah satu media sosial yang sampai sekarang masih digunakan banyak orang dan mudah dalam pemakaiannya adalah Facebook.

Facebook memang sarana dunia maya yang paling tepat kalau kamu mau menemukan berbagai informasi dan berita. Namun, kalau koneksi Internet kamu tidak bagus, pasti kamu bakal ngerasain yang namanya kesal nan luar biasa.


Untuk itu, cara mempercepat koneksi Internet di Android yang dapat kamu lakukan adalah dengan download Facebook Lite. Dengan download Facebook Lite, kamu mampu mempercepat koneksi 3G kamu dengan amat baik.

Sebab, Facebook Lite sendiri memang terkenal ringan dan irit dalam penggunaan data Internet. Pasti mengakses media sosial jadi semakin ngebut deh. Ingat, download Facebook Lite ya!

Selain Facebook Lite, aplikasi lainnya yang punya versi Lite adalah Line Lite. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan browser Opera Mini yang sangat terkenal keandalannya dalam mengkompres data.

Panteng Mode Jaringan ke 3G


Mungkin cara ini sudah sering kamu dengar, tapi memang cukup optimal diterapkan. Kadang di daerah yang sinyal jaringannya tidak stabil, kita perlu panteng mode jaringan kita ke 3G saja.

Kalau tidak, koneksi bakal naik-turun ke 2G dan 3G. Itu bisa membuat baterai smartphone cepat habis dan suhu panas. Mau tahu caranya? Cukup dengan mengetik kode seperti di bawah ini, lalu pilih "Device Information" dan atur ke jaringan "WCDMA Only".
Salin Semua
*#*#4636#*#*
Itulah beberapa cara untuk mempercepat jaringan 3G secepat jaringan 4G. Sampai di sini, apakah kamu mengerti? Jika belum atau ada tambahan informasi, share pendapat kamu di kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba!

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!