News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer Menggunakan Spacedesk

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer Menggunakan Spacedesk

S P C E.com : Kamu mungkin pernah melihat teman yang menggunakan komputer dengan dua monitor sekaligus. Ya, pengguna Windows memang bisa menggunakan monitor lebih dari satu. Jika kamu juga ingin merasakan pengalaman menggunakan desktop yang lebih luas, tapi tidak punya monitor tambahan, kenapa tidak coba menggunakan smartphone atau tablet Android saja?

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer Menggunakan Spacedesk

Dengan menjadikan perangkat Android sebagai monitor ke komputer kamu, tentunya memungkinkan kamu untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus. Begini cara menjadikan Android kamu sebagai monitor komputer.

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer

Download Spacedesk (Remote Display)

Untuk menjadikan perangkat Android sebagai monitor tambahan di komputer, kita akan mengandalkan aplikasi bernama Spacedesk. Kamu harus instal di perangkat Android dan juga komputer kamu.



Langkah-Langkah Menjadikan Android Sebagai Monitor

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer Menggunakan Spacedesk

Pertama, kamu download dan instal Spacedesk di Android dan komputer kamu. Setelah instal, pastikan kamu restart komputer kamu. Berikut cara menghubungkannya.

  • Untuk menghubungkan keduanya, kita mengandalkan koneksi WiFi. Jadi, pastikan kedua perangkat terhubung di jaringan WiFi yang sama.
  • Sekarang buka aplikasi Spacedesk di Android kamu, berikutnya masukkan alamat IP komputer kamu. 
  • Caranya buka CMD, lalu ketik 'ipconfig', input IP kamu di aplikasi dan klik 'Connect'.

Pengaturan Multiple Monitor

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer Menggunakan Spacedesk

Sekarang kamu sudah berhasil menjadikan Android kamu sebagai monitor tambahan. Kamu dapat menggeser jendela ke monitor lainnya dengan cara drag and drop. Untuk mengontrol bagaimana ini bekerjanya, kamu bisa klik kanan di desktop > Screen Resolution, maka akan terlihat ada dua monitor yang terdeteksi.

Sebelum itu, kamu harus mengetahui bahwa monitor 1 adalah monitor komputer atau monitor utama. Sementara monitor 2 adalah layar Android kamu atau monitor tambahan. Kamu bisa atur ke resolusi 1.280 × 1.024 agar nyaman.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu, yaitu:
  • Duplicate these display: Kedua monitor akan menampilkan desktop yang sama. Jadi apa yang ada di monitor 1 adalah apa yang ada di monitor 2.
  • Extend these display: Pilihan ini akan membagi desktop dalam 2 monitor. Memungkinkan kita bekerja sambil menonton film.
  • Show desktop only 1: Desktop akan tampil pada monitor 1, maka monitor lainnya tidak terpakai.
  • Show desktop only 2: Desktop akan tampil pada monitor 2, maka monitor lainnya tidak terpakai.

Oh iya, aplikasi Spacedesk ini masih berstatus Beta. Jadi, harap maklum jika masih ada bug. Semoga saja versi final yang lebih stabil cepat dirilis. Selamat mencoba ya! 
Sumber : Jalantikus.com

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!