BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

S P C E.com : Penetrasi internet di Indonesia begitu tinggi. Dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 200 juta orang, sangat masuk akal jika ada begitu banyak perusahaan global yang berusaha masuk dan mengeruk keuntungan di tanah air kita ini. 

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Perusahaan berbasis aplikasi atau yang biasa dikenal dengan istilah Over the Top (OTT) juga tak ketinggalan. Sayangnya, masyarakat Indonesia sendiri cenderung agak terlambat dalam merespon fenomena tersebut dan mengkonversinya menjadi keuntungan ekonomi.

Meski demikian, putra-putri bangsa juga semakin banyak yang menyadari akan potensi Indonesia. Semakin banyak yang mulai membangun aplikasi mereka sendiri dengan harapan mampu memberi dampak besar pada masyarakat Indonesia. Jika WhatsApp, Blackberry Messenger, LINE, Facebook Messenger, dan Telegram terlihat mendominasi pasar aplikasi chat, Indonesia sebenarnya juga memiliki aplikasi chatting terbaik buatan anak negeri. Berikut ini adalah 5 di antaranya.

WAJIB Coba! Ini 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

1. Catfiz

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Aplikasi chatting terbaik di Android buatan anak bangsa yang pertama adalah Catfiz. Secara resmi Catfiz ini resmi dirilis pada 10 November 2012 oleh PT Dunia Catfist Kreatif Media. Meski popularitas aplikasi chat yang satu ini tak setinggi WhatsApp atau aplikasi chat buatan raksasa teknologi lainnya, ternyata pengguna aplikasi chat buatan anak negeri ini telah digunakan di 70 negara. Beberapa negara yang paling aktif menggunakan Catfiz ini di antaranya Arab Saudi, Kuwait, Venezuela, India, dan Jordania.


2. Imes atau Indonesia Messenger

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Ya, dari namanya saja sudah terlihat jelas apa yang dibanggakan oleh aplikasi ini. Dengan nama Indonesia Messenger atau disingkat Imes, aplikasi chat yang dikembangkan oleh PT Gobsindo Utama ini menempatkan diri sebagai platform chatting super group. Dalam aplikasi chat yang satu ini, batas jumlah member dalam setiap grupnya bisa mencapai angka 2000 orang.

Menariknya lagi, meski berdiri sebagai aplikasi chat yang independen, Imes juga menyediakan fitur kicauan dari Twitter, percakapan, ataupun status dari aplikasi media sosial lain.


3. Yogrt

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Aplikasi chat berbasis pertemanan tampaknya tak hanya didominasi oleh Kakao dan BeeTalk saja. Yogrt yang merupakan aplikasi chat asli buatan anak bangsa juga menempatkan posisinya di pasar yang sama dengan fitur permainan yang tentu saja banyak diminati oleh kawula muda. Salah satu aplikasi chatting terbaik yang dikembangkan oleh Kongko Digital ini memang baru dirilis pada tahun 2014 lalu. Meski demikian, hingga saat ini aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak 500 ribu lebih.


4. Stealth Messenger

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Bagi kamu yang sangat concern dengan security dan privacy dalam berkomunikasi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chat seperti Telegram ataupun Signal. Tapi selain kedua aplikasi tersebut, Indonesia ternyata juga memiliki aplikasi chat dengan concern yang sama.

Aplikasi tersebut adalah Stealth Messenger yang dikembangkan oleh Rockliffe. Demi menjaga keamanan penggunanya, aplikasi ini mengenkripsi setiap komunikasi yang dilakukan penggunanya, baik komunikasi berbasis teks ataupun suara. Dengan kelebihannya, Stealth Messenger dapat menjadi salah satau aplikasi chatting terbaik di android.


5. IYAA Messenger

Kamu Punya Smartphone Android ? Wajib Coba 5 Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa

Bagi kamu yang ingin chatting dengan cara yang berbeda, IYAA Messenger bisa jadi aplikasi yang selama ini kamu cari. Berbeda dengan aplikasi chat pada umumnya, aplikasi chat yang dikembangkan oleh PT IONsoft ini menyajikan konsep chatting dengan tampilan bergaya komik. Kamu bisa menggunakan karakter komik sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan temanmu. Bahkan kamu juga bisa mengubah karakter yang ada sesuai dengan seleramu.

Dengan konsep seperti ini, user experience yang dibangun akan sangat berbeda dengan aplikasi chat pada umumnya. Alih-alih membaca chat, kamu akan merasa seperti sedang membaca komik.


Nah itu lah 5 aplikasi chatting terbaik karya anak bangsa yang dapat menjadi pilihanmu untuk berkomunikasi dengan orang tedekatmu. Aplikasi manakah yang menjadi pilihanmu? Jangan lupa share pilihanmu di kolom komentar ya pembaca setia S P C E.com.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.