BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Tahukah Kamu ! 4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

S P C E.com : Zaman sekarang, siapa yang tidak membutuhkan smartphone? Tentu saja, smartphone seakan menjadi mesin canggih dari bagian tubuh kita. Sebagian besar orang, merasa sangat bangga dengan perangkat mobile mereka, terlebih dengan fitur yang dimiliki handset tersebut.

Tahukah Kamu ! 4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

Berkomunikasi kini menjadi lebih mudah. Hanya dengan mengoperasikan sebuah alat yang dinamakan smartphone dalam sebuah genggaman, kamu sudah leluasa melakukan komunikasi ke semua kerabat. Lalu, apakah sehat saat berlama-lama memandang layar smartphone? Berikut, ada empat efek negatif dari kesehatan, ketika kamu menatap ponsel secara berlebihan.

4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

1. Mata Tegang

Tahukah Kamu ! 4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

Mungkin ini bahaya yang paling banyak dikenal orang setelah kamu memegang smartphone terlalu lama. Dikutip dari CuriousMob, The Vision Council’s 2005 Digital Eye Strain Report mengatakan bahwa 37% dari para milenial menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka. 7 dari 10 orang, melaporkan bahwa mereka mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta rabun dekat.

Nah, solusi yang tepat untuk mencegah kerusakan mata ialah membatasi penggunaan smartphone, menghindari penggunaan ponsel di tempat tidur, tidak menggunakan ponsel untuk sesuatu yang memakan waktu lama yang biasanya dilakukan melalui PC, dan rebahkanlah leher kamu beberapa kali dalam sehari. Mudah bukan?

2. Bantalan Tulang Bergeser

Tahukah Kamu ! 4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

Ketika kamu menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat smartphone, itu sama saja dengan memberatkan kepala kamu enam kali lipat. Sebab, itu dikarenakan meningkatnya tekanan pada leher kamu. Hal ini merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan dari Kenneth Hansraj, M.D., Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine. Bantalan tulang bergeser diakibatkan saat salah satu cakram yang duduk antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf.

Pastinya hal itu sangatlah sakit. Untungnya, ada cara sederhana untuk mencegah hal tersebut. Kamu hanya perlu memperbaiki postur tubuh. Kamu harus selalu bekerja dengan kepala yang tegak, telinga berada diatas bahu, dan dada menjulang ke depan.

Amy Cuddy, PhD. selaku peneliti terkenal menyebutkan bahwa postur seperti itu akan merangsang produksi testosteron yang akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri, bahkan meski dalam situasi yang merugikan. Tetapi, kamu juga jangan bandel. Kamu tidak diperbolehkan memegang ponsel selama itu. Jika memang harus menggenggam ponsel, gunakan smartphone dengan cara memegangnya lurus ke depan, tanpa membuat leher menunduk.

3. Penuaan Dini

Tahukah Kamu ! 4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

Seorang dokter kulit di Beverly Hills, Stuart H. Kaplan, M.D., mengklaim bahwa banyak pasien yang memiliki umur muda kini meminta pengobatan Botox untuk mengatasi kerutan dini yang dihasilkan akibat melihat ponsel terlalu lama. Dia mengatakan bahwa hal ini terjadi karena kulit kusut dan terjadi secara berulang-ulang, akibat kamu sering menekuk leher untuk memeriksa notifikasi atau membalas pesan pada sebuah ponsel. Ini mungkin terdengar biasa saja, tetapi dengan seiringnya waktu kamu sering melakukan itu, menjadi hal yang menakutkan bukan?

Untuk menghindari terjadinya efek negatif ini, kamu hanya perlu berhenti menghabiskan waktu sepanjang hari untuk melihat ponsel, dan biarkan leher kamu rileks. Melakukan Yoga juga bisa membantu kamu loh. Yoga akan menolong kamu memanjangkan leher dan otot-otot pada bahu, memperkuat punggung atas dan belakang leher. Selain itu, Yoga juga akan membantu kelancaran pada lipatan kulit yang berlebihan, meski tidak seutuhnya kembali.

4. Rasa Kesepian

Tahukah Kamu ! 4 Efek Negatif yang Dirasakan Tubuh Saat Berlama-lama Memandang Ponsel

Apa yang kamu lakukan saat kamu sedang menunggu sendiri atau tengah mengantri panjang? Saat ini, kebanyakan orang pasti akan memainkan ponselnya. Kamu mungkin tidak akan menyadari hal ini, tetapi kebiasaan ini benar-benar akan membuat kamu menjadi canggung terhadap kehidupan sosial, dan memangkas kemampuan kamu untuk berinteraksi terhadap orang lain.

Ketika kamu terbiasa berurusan dengan orang secara online, maka saat berinteraksi dengan mereka di dunia nyata, hal ini bisa membuat kamu merasa takut seperti ucapan Gary Clayman, M.D.

Hindari hal ini sekarang juga. Tinggalkan ponsel kamu beberapa waktu dan berkomunikasilah dengan orang sekitarmu. Komunikasi verbal merupakan cara terbaik untuk lebih mengenal satu sama lain dan bersosialisasi dengan orang-orang. Jangan mencoba untuk menggantinya dengan percakapan via digital.

Menakutkan bukan? Hal-hal di atas seakan ancaman untuk kita semua, para pengguna aktif smartphone. Jadi, mulai sekarang, aturlah waktu kamu untuk tidak banyak menggunakan ponsel. Share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.