Breaking

logo

Senin, 13 Februari 2017

Tahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed) Internet Mbps dengan KBps ?,...

Tahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed)  Internet Mbps dengan KBps ?,...

S P C E.com : Tahukah kamu ? iklan paket internet operator seluler, kamu pasti sering melihat mereka menyertakan kecepatan internetnya. Gak cuma cari harga paket internet yang murah, kamu juga menginginkan paket internet yang menawarkan internet stabil dan cepat, kan?

Tahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed)  internet Bedanya Mbps dan KBps

Tapi, kebanyakan dari kamu pasti sering merasa heran karena kecepatan internet yang diterima tidak sesuai iklan. Kenapa bisa begitu ya? Mungkin kamu belum paham bedanya Mbps dan MBps ?

Perbedaan Satuan Kecepatan Internet

Saat melihat iklan paket internet yang menuliskan kecepatan internet up to 3,1 Mbps dibandingkan 387,5 KBps; mana yang akan kamu pilih? Padahal keduanya ternyata memiliki kecepatan internet yang sama loh! Kok bisa?

Tahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed)  internet Bedanya Mbps dan KBpsTahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed)  internet Bedanya Mbps dan KBps

Bedanya Mbps dan KBps

Jika ternyata kecepatan internet yang kamu terima itu lebih lambat dari pada yang diiklankan, gak usah langsung kecewa. Coba kamu simak tabel berikut dulu ya:

Satuan
Arti
MBps
Mega Byte per second
Mbps
Mega bit per second
KBps    
Kilo Byte per second
Kbps
Kilo bit per second
MB
Mega Bytes untuk besaran file
B
Byte
b
Bit
1 byte
8 bit
Jadi, meski terlihat serupa namun nilainya tak sama, antara MBps dan Mbps masing-masing sifat serta makna yang berbeda. Bisa jadi kamu selama ini salah menafsirkan iklan tersebut, sehingga ngamuk-ngamuk saat internet kamu lambat.

Contohnya saat kamu berlangganan memilih paket internet yang menawarkan dengan kecepatan download up to 185Mbps. Itu artinya saat download kamu akan dapat kecepatan segitu loh! Tapi:

Tahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed)  internet Bedanya Mbps dan KBps
185Mbps = 185000kbps, ini sama artinya dengan 185000/8 = 23.125 KBps atau sekitar 23MBps
Jadi, saat kamu mendownload sebuah file, kecepatan per detik dari file yang kamu download maksimalnya adalah 23MB per detik, bukan 185MB per detik.``

Kenapa operator memilih menggunakan angka 185Mbps daripada angka 23MBps? Padahal kecepatan keduanya sama. Hanya jika melihat angkanya, jelas akan membuat kamu tertarik karena terlihat lebih besar dan lebih cepat, bukan?

Oke sahabat pembaca setia S P C E.com hanya itu saja yang dapat saya share di kesempatan kali ini semoga artikel ini Tahukah Kamu Perbedaan Kecepatan (Speed)  internet Bedanya Mbps dan KBps semoga bermanfaat buat anda.