BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Tahukah Kamu ? Perbedaan Software, Driver, dan Firmware dalam Komputerisasi ?

S P C E.com : Dalam dunia digital, sering kali kita dengar istilah software, driver, dan firmware. Memang, apa sih arti dari ketiga istilah tersebut, dan apa perbedaannya ? Nah melalui artikel ini, akan saya jelaskan sedikit perbedaan antara software, driver, dan firmware. Semoga, artikel yang satu ini dapat membantu kamu yang terkadang bingung dalam istilah-istilah komputasi.

Tahukah Kamu ? Perbedaan Software, Driver, dan Firmware dalam Komputalisasi ?

Perbedaan Software, Driver, dan Firmware ?

1. Firmware

Tahukah Kamu ? Perbedaan Software, Driver, dan Firmware dalam Komputalisasi ?

Firmware adalah sebuah program komputer yang membantu sistem operasi untuk membantu apa yang ingin kita lakukan. Kita tentunya sering kali melihat firmware dalam banyak bentuk, yaitu komputer, perangkat mobile, remot kontrol, konsol game, dan lain sebagainya.

Nah, firmware akan tersedia pada chip memori non-volatile yang mana jarang sekali memerlukan sebuah update. Dalam istilah komputer, firmware biasa disebut BIOS atau UEFI. Intinya, firmware dirancang untuk mengontrol hardware dalam sebuah perangkat.

2. Driver

Tahukah Kamu ? Perbedaan Software, Driver, dan Firmware dalam Komputalisasi ?

Driver pada komputer itu dirancang untuk bekerja pada sebuah komputer atau perangkat lainnya. Tugas dari driver sendiri adalah sebagai mediator antara hardware dan sistem operasi. Sebab, sebuah sistem operasi tidak akan hadir dengan dukungan penuh terhadap semua hardware.

Misalnya, kamu punya komputer yang memiliki VGA canggih. Nah, sistem operasi membutuhkan peralatan yang bisa disesuaikan dengan OS tersebut, agar mampu mengakses komponen tersebut. Jika ada sesuatu yang mengacaukan driver tersebut, ya berarti itu akan membuat sistem crash.

3. Software

Tahukah Kamu ? Perbedaan Software, Driver, dan Firmware dalam Komputalisasi ?

Secara harfiah, software diartikan perangkat lunak. Software itu memiliki arti yang sangat luas. Sistem operasi yang kamu jalankan itu juga adalah sebuah software, dan driver yang ada pada poin kedua juga bisa disebut software. Software sendiri adalah perangkat yang tidak memiliki wujud fisik.

Hal-hal seperti driver itu dapat dikelompokkan sebagai sistem software. Bahkan, malware juga merupakan bagian dari software yang terpisah. Kalau software yang biasa kita gunakan sehari-hari itu disebut Application Software, seperti anti-virus, web browser, dan lainnya.

Nah, itu dia perbedaan software, driver, dan firmware. Jangan lupa untuk membaca artikel seputar Komputer dan tulisan menarik hanya di S P C E.com Web blog tempat berbagi ilmu dan tips Untuk kamu. Dan Jangan Lupa Share dan Koment Artikel Ini ya Sahabat Pembaca Setia SPCE.com

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.