BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Tips Cara Memilih Komponen Kartu Grafis Yang Baik Untuk Komputer Kamu

S P C E.com : Kartu grafis merupakan komponen peripheral komputer yang bertugas menangani masalah pemrosesan grafik pada suatu perangkat komputer. Semakin bagus kualitas dari kartu grafis yang digunakan oleh suatu perangkat komputer, maka kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh komputer tersebut akan semakin bagus sehingga meningkatkan kepuasan pengguna.

Tips Cara Memilih Komponen Kartu Grafis Yang Baik Untuk Komputer Kamu

Saat ini terdapat begitu banyak brand kartu grafis seperti NVIDIA, AMD, Intel, dan lain sebagainya yang menawarkan kemampuan kartu grafis tingkat tinggi dengan fitur yang berbeda-beda. Maka untuk menentukan kartu grafis mana yang paling tepat untuk kebutuhan kita merupakan hal yang cukup membingungkan. Nah, karena itu kali ini saya akan membantu kalian memilih kartu grafis yang cocok untuk PC kalian melalui beberapa tips berikut ini. Simak selengkapnya ya sobat!

Tips Jitu Memilih VGA Terbaik Untuk PC dan Laptop Kalian

1. Utamakan GPU Bukan Brand

Ketika membeli kartu grafis untuk perangkat komputer kalian, pastikan kalian tidak terpengaruh oleh pandangan yang menyatakan kalau brand adalah segalanya. Memang, beberapa brand terkenal seperti NVIDIA dan AMD memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. 

Tapi tetap saja, kalian harus teliti dan memperhatikan aspek GPU. GPU merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan matematis yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses render gambar yang akan ditampilkan melalui layar monitor.

Ketika kalian memperhatikan aspek GPU, kalian akan sering melihat informasi terkait GPU Speed. Nah, pastikan kalian memilih kartu grafis dengan GPU Clock Speed yang tinggi agar kualitas grafis di perangkat komputer kalian meningkat dengan tajam. GPU Clock Speed ini menunjukkan batasan kemampuan dari kartu grafis tersebut untuk melakukan perhitungan matematis. Semakin tinggi GPU Clock Speed, maka perhitungan matematis tadi semakin cepat sehingga proses render juga akan berjalan lebih cepat.

2. Jumlah Core Pada Kartu Grafis

Selain GPU, kalian juga harus memperhatikan jumlah core GPU pada kartu grafis yang kalian beli. Semakin banyak jumlah core yang dimiliki oleh suatu GPU, maka semakin banyak pula tugas (proses komputasi) yang bisa dilaksanakan dalam satu waktu oleh GPU tersebut.

Ibaratnya, jika GPU dengan 6 core diminta untuk mengerjakan 3 tugas, maka 1 tugas akan diselesaikan oleh 2 core secara bersamaan, yang mana hal tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan GPU yang memiliki jumlah core 3 karena masing-masing core hanya bekerja sendiri untuk menyelesaikan 1 tugas.

3. Pilih Kartu Grafis Dengan Nilai TDP Kecil Atau Kebutuhan Power Kecil

Tidak jauh berbeda dengan CPU komputer, GPU kartu grafis juga tentunya akan menimbulkan panas selama GPU kartu grafis tersebut bekerja melakukan proses render gambar dan sebagainya, yang ditunjukkan oleh nilai TDP (Thermal Design Power). Semakin besar nilai TDP ini, maka berarti semakin besar panas maksimum yang dihasilkan oleh kartu grafis kalian.

Tentunya, kalian tidak mau kan jika kartu grafis yang kalian beli menghasilkan panas yang begitu tinggi sehingga dapat menyebabkan overheat dan suara bising? Nah, maka dari itu memilih kartu grafis dengan nilai TDP sekecil mungkin bisa menjadi tindakan yang bijak.

4. Perhatikan Tipe Memori dan Bandwith

Aspek lain yang juga sangat penting dan wajib kalian perhatikan ketika membeli kartu grafis adalah tipe memori yang dimiliki oleh kartu grafis pilihan kalian. Terdapat beberapa tipe memori kartu grafis yaitu GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5 dan GDDR5X.

Jika melihat dari urutan tersebut, sudah bisa dipastikan kalau semakin tinggi angka pada tulisan GDDR, maka semakin baik pula kemampuan dari kartu grafis kalian. Sebagai contoh, kemampuan dari GDDR5X dua kali lebih cepat daripada kemampuan GDDR5 dan GDDR5 tiga kali lebih cepat daripada GDDR3.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan bandwith memori kartu grafis yang kalian beli. Bandwith pada memori kartu grafis merupakan jumlah data yang bisa diakses oleh GPU dalam satu waktu sehingga semakin cepat bandwith, maka proses komputasi yang berlangsung dalam GPU juga akan semakin cepat selesai.

Hal tersebut akan meningkatkan jumlah frame gambar yang dihasilkan dalam satu detik. Sebagai tambahan, semakin banyak frame yang dihasilkan dalam satu detik, maka semakin baik pula kualitas dari gambar yang dihasilkan.

5. Sesuaikan Dengan Budget Kalian

Nah, aspek lain yang patut kalian perhatikan di luar aspek teknis seperti kecepatan GPU, jenis memori, bandwith, jumlah core dan nilai TDP, kalian juga harus menyesuaikan pembelian kartu grafis kalian dengan budget yang kalian miliki.

Jika kalian hanya memiliki budget sekitar Rp 1 juta, jangan terlalu berharap mendapatkan kartu grafis sekelas GTX 1080 atau RADEON R9. Kalian bisa membeli ASUS GTX 750 atau MSI GTX 750 yang harganya berkisar di Rp 1,8 juta.

Namun, jika kalian memiliki budget sekitar Rp 2 hingga Rp 3 juta, kalian bisa mencoba ASUS GTX 1050 atau DA GTX 960. Sementara itu, untuk kalian yang memiliki budget besar, kalian bisa mencoba membeli GTX 1080 yang harganya berkisar Rp 7,3 juta (harga hasil konversi dari dolar) atau RADEON R9 yang tentunya akan menawarkan kualitas grafis yang luar biasa. Kalian juga bisa mempertimbangkan untuk membeli VGA bekas jika budget kalian benar-benar terbatas.

Nah, itulah tadi tips untuk kalian yang akan membeli kartu grafis. Semoga bermanfaat ya. Pesan saya jadilah pembeli yang cerdas, pastikan kalian memperhatikan spesifikasi teknis dari kartu grafis yang akan kalian beli serta jangan lupa sesuaikan dengan budget kalian iya. jangan gara2 kartu grafis utang menumpuk dimana2 :-),...

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.