Cara Membuat Saklar Otomatis Untuk Dinamo Pompa air Tandon - S P C E.com

Breaking

logo

Cara Membuat Saklar Otomatis Untuk Dinamo Pompa air Tandon

Cara Membuat Saklar Otomatis Untuk Dinamo Pompa air Tandon

S P C E.com : Hallo para pembaca setia, di kesempatan kali ini saya mencoba berbagi lagi buat ada para pembaca setia di penjuru nusantara. Adapun yang akan saya bagi buat anda pemirsa pembaca yaitu membuat alat sederhana yang bernama saklar otomatis untuk tabungan air seperti gambar di bawah ini.


Membuat Saklar Tandon Otomatis

Nah, bicara soal alat-alat elektronik, hampir semua rumah pasti punya yang namanya pompa air elektronik. pompa air elektronik merupakan salah satu jenis alat elektronik yang punya kamampuan memompa air dari dalam sumur menuju ke tabung air yang kita siapkan.

Merk pompa air elektronik sendiri bermacam-macam mulai dari Sanyo sampai dengan Panasonic. Keberadaan pompa air ini sangat bermanfaat terutama bagi orang-orang yang malas atau tidak mau keluar banyak tenaga untuk menimba air secara manual. Ketika kita bicara soal pompa air, pasti dibenak kita juga terlintas barang lain yang bernama tandon air.

Ya, biasanya sebuah pompa air dikombinasikan dengan tandon air agar lebih praktis dan hemat biaya. Jadi air dipompa ke atas menuju tandon air dan ditampung di sana. Saat air tersebut diperlukan, pompa air tidak perlu dinyalakan karena sudah tertampung pada tandon alias tabung air. Dengan begitu konsumsi listrik jadi lebih hemat.

Cara Membuat Saklar Tandon Otomatis

Perlu anda tahu bahwa kinerja pompa air dan tandon akan jauh lebih bermanfaat apabila didampingi oleh sebuah saklar otomatis. Jadi kita tidak perlu repot-repot menyalakan pompa air untuk mengisi tandon yang habis dengan cara manual. Cukup pasang saklar otomatis, maka tandon akan terisi air dengan sendirinya pada saat kondisi kosong.

Sebenarnya kita bisa langsung membeli saklar tandon air atau pompa air otomatis. Akan tetapi harganya cukup mahal. Selain itu mekanisme atau sistem yang digunakan cukup rumit karena menggunakan pelampung. Jika anda tidak ingin hal tersebut, berikut saya berikan solusi yang lebih ringkas dan mudah. mau tahu seperti apa ringkas dan mudahnya ? Yuk simak artikel ini sampai habis,....

Membuat Saklar Otomatis

Caranya anda bisa membuat sebuah saklar otomatis sendiri untuk tabungan air menggunakan rangkaian elektronika sederhana. Bahan atau komponen yang diperlukan juga tidak banyak. Selain itu cara merakitnya juga mudah dan bisa dilakukan oleh pemula yang belum begitu paham soal elektronika dan kelistrikan.

Skema rangkaian saklar tandon air otomatis ini terbagi menjadi dua berdasarkan cara kerjanya. Rangkaian yang pertama akan mengidupkan pompa air apabila kabel sensor terkena air. Dan rangkaian kedua akan mematikan pompa air apabila kabel sensor terken air. Oke, langsung saja berikut skema rangkaiannya.

Skema Rangkaian Saklar Otomatis

Sensor Pertama Ini Akan Menyala Apabila Sensor Terkena Air

Cara Membuat Saklar Otomatis Untuk Dinamo Pompa air Tandon

Sensor yang Kedua ini adalah Kebalikan dari Sensor yang pertama yaitu Mati Apabila Sensor Terkena Air

Cara Membuat Saklar Otomatis Untuk Dinamo Pompa air Tandon

Penutup

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai Cara Membuat Saklar Otomatis Untuk Dinamo Pompa air Tandon, oya perlu di ingat jika anda tidak memiliki transistor TIP 31, anda bisa menggantinya dengan transistor lain yang sejenis seperti D 313. Oke sahabat pembaca demikian dulu yang dapat saya share semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan selamat mencoba,....