BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Cara Mengatasi Overheat (Kepanasan) Mesin Vario 125 Helm Helmet CBS

Cara Mengatasi Overheat (Kepanasan) Mesin Vario 125 Helm Helmet CBS
Pembaca setia saifulcomelektronik.com dimanapun berada, apakah anda memiliki sepeda motor yang memiliki pendingin cair alias radiator ?,....

Jika iya, tentunya anda akan mengalami hal yang sama dengan sepeda motor saya yaitu overhead pada mesin vario tersebut, ditandai hidupnya lampu indikator berwana merah pada spedometer.

Cara Mengatasi Overhead (Kepanasan) Vario 125 Helm Helmet CBS

Singkat cerita, beberapa hari yang lalu sepeda motor vario 125 milik saya mengalami yang namanya overhead, alias mesinnya kepanasan dan ditandai dengan hidupnya lampu indikator pada spedometer, 

Padahal saya baru mengisi air coolant ke radiator dan tangki cadangan yang berada di bawah jok tempat duduk motor saya.

Setelah saya selesai mengisi air coolant ke radiator, kemudian saya mencoba membawa sepeda motor saya jalan-jalan di seputaran kota tempat saya tinggal. dan setelah beberapa menit motor saya, lebih kurang 15 menit lampu indikator temperatur kembali menyala, menandakan motor saya kepanasan, padahal baru berjalan sekitar 15 menitan.

Kemudian saya berhenti, dan mencoba memeriksa ke bagian mesin terutama dibagian radiator, ternyata selang karet dan pump radiator tidak ada mengalami kebocoran.

Namun tercium bau air coolant menguap, bau tersebut berasal dari bawah jok motor saya. Dan saya buka jok motor saya untuk memeriksa air coolant apakah ada kebocoran atau tidak.

Pada saat saya mencoba membuka penutup karet tangki air coolant, penutup tangki terasa panas. saya buka penutupnya air coolant meluap akibat air terlalu panas.

Apa Penyebab Mesin Vario 125 Overhead 

Overhead mesin vario 125 di akibatkan karna Tidak Lancarnya sikulasi atau putaran air radiator (air coolant) didalam mesin itu sendiri, sehingga mesin menjadi sangat panas, sankin panasnya air radiator menjadi mendidih.

Penyebab Overhead di akibatkan rusaknya komponen system pendingin yang berada di mesin vario 125, Adapun kerusakan komponen yang mengakibatkan mesin Overhead adalah komponen Thermostat sebagaiman kita tahu bahwa thermostar berfungsi sebagai pengatur lajunya air coolant dari radiator kemesin. 

Cara kerja thermostat jika motor sudah di jalankan beberapa kilo meter sehingga mesin menjadi panas 80° dan thermostat juga menjadi panas maka thermostat tersebut akan terbuka dengan sendirinya untuk mengalikan air coolant dari radiator ke mesin.

Jika thermostat rusak biarpun panas mesin telah mencapai 80° peston penutup di dalam thermostat tidak terbuka sehinga tidak dapat mengalikan air coolant dari radiator ke mesin sehingga mesin kepanasan (Overhead).

Cara Memperbaiki Thermostat Yang Rusak Tampa Harus Menganti

Beberapa hari yang lalu saya melakukan experiment ke motor saya, tentang bagaimana cara memperbaiki mesin vario 125 saya selalu overhead jika dibawa jalan. 

Cara yang saya lakukan dalam memperbaki overhead pada motor vario 125 saya adalah membobol peston penutup pada thermostat yang terbuat dari tembaga kuningan dengan bor tangan. 

Alat yang di butuhkan untuk membobol peston thermostat

Alat yang kita butuhkan dalam pembobolan peston thermostat cukup sederhana dan banyak di jual di pasaran.
  1. Bor listrik/Bor listrik Duduk
  2. Mata Bor 2.5 mm
  3. Mata Bor 3.5 mm
  4. Dan mata Bor 5 mm

Proses Pengerjaan Pembobolan Peston Thermostat

  1. Untuk proses pengeboran, sebaiknya pakai bor duduk agar pada saat pengeboran peston tidak bergeser-geser, namun saya melakukannya dengan bor tangan makanya pengerjaannya lama.
  2. Proses pengeboran lebih baik di awali dengan mata bor yang lebih kecil dulu, yaitu mata bor yang sudah kita siapkan dari awal tadi yaitu mata bor 2.5, setelah peston terlubangi oleh mata bor 2.5 baru di lanjutkan dengan mata bor 3.5 dan 5 mm dan seterusnya.
  3. Proses pengeboran perlu hati-hati jangan sempat rumah atau plastik thermostat ikut juga terkena bor, jika itu terjadi tentunya thermostat tidak bisa di pakai lagi, Intinya pengeboran usahakan tidak menembus ke plastik atau rumah thermostat.
  4. Hasil pengeboran yang saya lakukan


Pengisian Air Radiator ke Vario 125 dengan Benar

Jika proses pengeboran sudah selesai disertai dengan pemasangan water pump, thermostat dan radiator ke mesin vario 125, selanjutnya proses pengisian air coolant ke radiator dengan cara yang benar.
  • Hidupkan mesin, namun harus di pastikan dulu semua pendukung system pendingin yang ada sudah terpasang, seperti penutup radiator yang terletak dibawah radiator dan selang-selang sudah terpasang semuanya.
  • Setelah mesin hidup tuang air coolant ahm ke radiator secara perlahan sampai penuh ke leher radiator.
  • Kemudian matikan mesin sebentar, lihat apakah air coolant berkurang ? jika berkurang tambahkan lagi, kemudian hidupkan mesin lagi sebentar kemudian matikan lagi, setelah tidak berkurang lagi artinya air coolant sudah penuh dari msein sampai ke radiator.
  • Selanjutnya hidupkan mesin kembali, tarik tuas gas perlahan-lahan dan perhatikan pada mulut radiator apakah air berjalan ? jika berjalan artinya sirkulasi air coolant didalam mesin berjalan dengan normal.
  • Tutup radiator dengan penutup, kemudian isi tangki cadangan coolant sampai level up tutup kembali tangki cadangan.
  • Terakhir, silakan test motor vario 125 anda di bawa jalan sejauh mungkin, apakah masih menglami overhead atau tidak ? Semoga tidak dan Selamat mencoba,....

Cara Mengatasi Overheat (Kepanasan) Mesin Vario 125 Helm Helmet CBS

Penutup

Baik sahabat pembaca S P C E.com demikian dulu yang dapat saya share di ke sempatan kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda dan buat semua orang. Jika merasa bermanfaat silakan share artikel ini ke media sosial anda dengan tombol yang sudah di sediakan. Sampai ketemu lagi dengan artikel saya selanjutnya,.....salam,......

Type above and press Enter to search.