BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Membuat Mainan Musik Box dan Rangkaian Sederhananya

Membuat Mainan Musik Box dan Rangkaian  Sederhananya
S P C E.com : Asalamualaikum wr wb pembaca setia dimana pun berada, kembali di kesempatan kali ini saya mencoba berbagi buat anda para pembaca setia www.saifulcomelektronik.com yaitu membuat mainan musik box. Seperti yang kita tahu bahwa mainan music box alias kotak musik sedang naik daun saat ini. 

Mainan Music Box dan Rangkaian Musik Box Sederhana

Banyak penjual mainan yang menjajakan mainan yang satu ini dengan berbagai varian harga dan bentuk. Selain digunakan sebagai mainan, musik box biasanya juga digunakan sebagai kado.

Artikel ini di lansir dari belajarelektronik.net yang tertulis prinsip kerja dari musik box sebenarnya cukup sederhana. Saat kita membuka kota mainan, maka akan terdengar suara atau lagu yang indah. Tapi pernahkah anda membayangkan bagaimana cara membuat mainan tersebut? Jika anda tahu, untuk membuat music box tidaklah sulit. Ya, kotak musik bisa dibuat dengan menggunakan rangkaian elektronika sederhana.

Rangkaian Musik Box Sederhana

Nah, pada kesempatan yang baik ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat bersama-sama bagaimana skema rangkaian musik box sederhana yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan lagu. Jika anda penasaran dan tertarik untuk mencobanya, silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Skema rangkaian music box yang akan kami share kali ini menggunakan komponen IC M3481 yang notabene merupakan IC dasar yang mudah ditemukan di pasaran. Harga dari IC tersebut juga tidak mahal. IC M3481 merupakan salah satu jenis IC generator suara yang dapat mengeluarkan 8 jenis musik atau melodi.

Selain IC M3481, juga terdapat beberapa komponen elektronika dasar yang lainnya seperti transistor, kapasitor, resistor, hingga speaker. Sensor yang digunakan pada skema ini adalah sensor LDR di mana saat terkena cahaya akibat kotak dibuka, akan mengaktifkan rangkaian tersebut. Berikut skema rangkaiannya.


Bagaimana, cukup gampang bukan? Komponen yang dibutuhkan untuk membangun rangkaian musik box ini tidaklah banyak, dan semuanya dijual dengan harga terjangkau. Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rangkaian ini tak lebih dari 100 ribu rupiah. Untuk urusan box bisa disesuaikan dengan selera.

Penutup

Masih banyak sekali desain box kota musik mulai dari yang bertema angel atau malaikat, lucu, romantis, dan masih bantak lagi yang lainnya. Demikian dulu yang dapat saya share di kesempatan kali ini semoga artikel bagaimana membuat mainan kota musik ini bermanfaat buat adan dan bermanfaat juga buat semua orang

Type above and press Enter to search.