Breaking

logo

Jumat, 22 September 2017

Membuat Saklar Lampu Elektronik Menggunakan Remote TV biasa

Membuat Saklar Lampu Elektronik Menggunakan Remote TV biasa

S P C E.com : Hallo assalamualaikum wr wb perbaca setia saifulcomelektronik di manapun berada ? Kita tahu bahwa perkembangan teknologi saat ini memang semakin maju, dengan technologi ini tugas manusia semakin mudah. 

Membuat Saklar Lampu Elektronik Menggunakan Remote TV

Dulu banyak sekali tugas-tugas  manusia di kerjakan secara manual, kini bisa kita lihat tugas-tugas itu tergantikan oleh mesin dan robot.

Kita lihat sekarang, semua alat hampir serba otomatis. kita bisa rasakan untuk menyalakan dan mematikan lampu saja, kita tidak perlu repot-repot menekan saklar. Misalkan saja saat kita sedang tidur dan malas beranjak dari tempat tidur, kita bisa mematikan dan menyalakan lampu melalui perintah suara atau bisa juga melalui perintah lainnya.

Saya yakin anak muda sekarang pernah menonton film Iron Man atau Avengers, kurang lebih cara kerja sama seperti saat Tony Stark memerintahkan Jarvis si robot canggihnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak para pembaca budiman semua ( Kecuali yang bukan budiman saya tidak ajak 😑) tentunya untuk melihat info mengenai cara membuat rangkaian elektronika yang memudahkan pekerjaan kita dirumah yaitu.

Rangkaian Menghidupkan Lampu dengan Remot TV

Nah, rangkaian elektronika yang akan kita buat sama2 ini yaitu rangkaian pengontrol lampu jarak jauh menggunakan remot TV. prinsip kerja dari rangkaian ini kita hanya akan memodifikasi saklar lampu agar bisa dikendalikan dengan menggunakan remot televisi. Anda penasaran ? intinya kita bisa mematikan dan menyalakan lampu hanya dengan menekan tombol di remote TV tersebut gan.

JIka anda sedang malas-malasan bangun dari tempat tidur, caranya hanya menekan tombol tombol di remote TV dan lampu akan secara otomatis menyala atau pun mati dengan sendirinya. 

Rangkaian ini cukup sederhana hanya menggunakan sebuah IR blaster yang berfungsi untuk menerima sinyal yang dipancarkan oleh remot TV sehingga dapat mengubah kondisi saklar ke posisi on dan ke posisi off.

Pembaca setia S P C E.com, rangkaian ini tidak hanya bisa difungsikan untuk menyalakan dan mematikan lampu saja. rangkaian ini bisa kita fungsikan juga untuk menghidupakan alat listrik lain seperti kipas angin, pompa air, AC dan masih banyak lagi yang lainnya. Seperti apa wajah dari rangkaian ini ? berikut skema rangkainnya di bawah ini.

Membuat Saklar Lampu Elektronik Menggunakan Remote TV

Daftar Komponen yang Dibutuhkan :
  1. Relay 5 volt
  2. IC 4017
  3. Sensor IR
  4. Transistor BC558 dan BC548
  5. Resistor 47 ohm, 220 K, 330 ohm, dan 1k
  6. Elco 100m/16volt
  7. Lampu indikator LED merah dan hijau
  8. Charger bekas dengan output 5 volt
Nah, pembaca setia yang budiman jika kita lihat skema rangkaian dan juga komponen yang dibutuhkan, rangkaian saklar otomatis ini cukup sederhana. Semua komponennya bisa dibeli di toko-toko komponen elektronika dengan harga yang cukup terjangkau.

PENUTUP

Oke sahabat pembaca setia dimanapun berada, demikian dulu yang dapat saya share yaitu ulasan singkat mengenai Membuat Saklar Lampu Elektronik Menggunakan Remote TV. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta memberikan inspirasi buat anda para pemula yang bergelut di bidang teknisi elektronika di manapun.