Rangkaian Sederhana LED CUBE Tanpa Mikrokontroler - S P C E.com

Breaking

logo

Rangkaian Sederhana LED CUBE Tanpa Mikrokontroler

Rangkaian Sederhana LED CUBE Tanpa Mikrokontroler

S P C E.com :  Selamat pagi teman - teman pembaca setia di pagi ini ! Kembali di kesempatan kali ini spce.com akan sedikit moret - moret di blog sederhana ini yantu tentang cara membuat Rangkaian Sederhana LED CUBE Tanpa Mikrokontroler.

Rangkaian Sederhana LED CUBE Tanpa Mikrokontroler

Kita tahu LED adalah salah satu komponen elektronika yang paling sering diaplikasikan dalam sebuah rangkaian elektronika. Hampir semua rangkaian elektronika yang ada saat ini menggunakan komponen LED (Light emitting diode), sebagai indikator untuk elektronik tersebut.

Ada banyak sekali rangkaian yang berbahan dasar LED mulai dari rangkaian jam digital, rangkaian stopwatch, seven segment, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di kesempatan kali ini S P C E.com akan berbagi buat anda mengenai rangkaian elektronika berbahan dasar dari LED. Yaitu LED cube. Bagi kamu yang belum tahu, apa itu LED cube ? LED  CUBE adalah merupakan sebuah rangkaian elektronika yang terdiri dari beberapa komponen bebahan dasar LED yang tersusun menjadi bentuk kubus.

Rangkaian Sederhana LED Cube 

Nah, Rangkaian LED cube ini banyak sekali digunakan sebagai lampu hiasan pada rumah-rumah. Selain itu LED cube juga sangat bagus dan cantik jika dijadikan sebagai aksesoris dan ornamen di atas meja. Perlu kita ketahui LED cube bisa tersusun dari beberapa LED, ada 9 LED bahkan sampai dengan  24 LED bisa juga lebih dari itu tergantung kebutuhan.

Islitah rangkaian LED cube bermacam-macam ada yang 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, sampai dengan 8x8x8. Perbedaan jenis LED cube tersebut ada beberapa yaitu tergantung dari jumlah atau banyaknya komponen LED yang digunakan. Namun pada umumnya, LED cube dibuat menggunakan mikrokontroler dan ardunio.

Dengan dua varian tersebut tersebut (mikrokontroler dan ardunio) kita bisa dengan mudah mengontrol mematikan dan menghidupkan LED. Namun akan tetapi jika kita menggunakan mikrokontroler maupun arduino, komponen led yang dibutuhkan juga cukup banyak. Tentunya hal tersebut akan mengocek kantong untuk membeli komponen tersebut yang kita dibutuhkan.

Di kesempatan kali ini saya akan memberi tahu kepada anda yaitu rangkaian sederhana LED CUBE dengan biaya yang murah tanpa menggunakan mikrokontroler dan ardunio, Jika anda ingin membuat LED cube ini dengan jenis 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, atau 8x8x8. Ada satu rangkaian LED cube yang bisa anda coba. Yang digunakan hanyalah IC 4020 dan IC 555 yang harganya sangat terjangkau. Berikut skema rangkainnya.


Nah, bagaimana teman-teman pembaca setia S P C E.com, sangat mudah bukan ? Anda bisa juga  memodifikasi rangkaian ini dengan jumlah LED yang anda gunakan, baik itu dari 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, atau 8x8x8. Semakin banyak LED yang anda gunakan, maka semakin besar konsumsi listrik yang dibutuhkan. Oleh karena itu sebaiknya jangan lupa untuk melakukan perhitungan sebelum membuat LED CUBEnya.

Nah, potensiometer yang ada pada skema rangkaian tersebut berfungsi untuk mengatur kecepatan perubahan pola nyala LED. Jadi anda bisa mengatur sesuai dengan selera kamu masing-masing. 

Penutup

Oke sahabat pembaca setia S P C E.com demikian dulu yang dapat saya share di kesempatan kali ini semoga artikel Rangkaian Sederhana LED CUBE Tanpa Mikrokontroler ini bisa memberikan manfaat buat anda dan buat para pembaca semuanya dimanapun berada.