BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Membuat Rangkaian Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Suhu Sederhana

Membuat Rangkaian Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Suhu  Sederhana
Selamat pagi pembaca setia blog masa depan ini, Di pagi hari ini saya ingin berbagi yaitu Membuat Rangkaian Alarm Kebakaran Sensor Suhu  Sederhana. Iya, Baru-baru ini sering terjadi kebakaran, Kebakaran merupakan salah satu masalah yang kerap sering dialami oleh masyarakat di sekitar kita, terutama masyarakat yang tinggal di kawasan pemukiman padat penduduk. Tentunya sistem keamanan yang kurang baik menjadi salah satu penyebab mengapa rumah atau gedung bisa terbakar.

Nah, sahabat pembaca S P C E.com Jika semua rumah atau gedung dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, Tentunya akan mustahil kebakaran bisa terjadi meskipun terjadi korsleting listrik atau bahkan ledakan tabung gas. Ber-iring berkembangnnya teknologi ada banyak sekali jenis sistem keamanan yang bisa dipasang di rumah atau gedung untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

Salah satuanya merupakan menggunakan alarm penanda kebakaran. Jadi alarm tersebut akan memberi peringatan kepada pemilik rumah jika terjadi kebakaran sehingga bisa segera diatasi dan tidak menyebabkan kerusakan yang fatal. Namun sangat disayangkan tak sedikit orang yang mengabaikan hal tersebut.

Rangkaian Alarm Sensor Suhu Sederhana

Saat ini masyarakat kita di Indonesia termasuk saya juga masyarakat :-), selalu mengesampingkan dengan yang namanya keselamatan dan keamanan. Namun juga, banyak orang enggan memasang fitur keselamatan rumahnya dengan berbagai macam alasan. Salah satunya yaitu karena harganya mahal. Memang jika kita membeli alarm kebakaran siap pakai, harganya cukup mahal saat ini.

Namun jangan salah juga bahwa kita bisa membuat alarm penanda kebakaran sendiri dengan menggunakan rangkaian elektronika sederhana. dengan alat atau rangkaian yang akan kita buat tersebut kita bisa lebih meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kebakaran. Oleh sebab itu tidak ada salahnya kita melakukan upaya antisipasi dari sekarang.

Sahabat pembaca setia S P C E.com, bagi anda yang ingin mencoba membuat rangkaian alarm sederhana sendiri dengan komponen-komponen elektronika dasar, langsung saja simak baik-baik ulasannya berikut ini. 

Membuat Rangkaian Alarm Kebakaran Menggunakan Sensor Suhu  Sederhana
Daftar Komponen Alarm Kebakaran Sederhana dengan Sensor Suhu :

Trimpot
RV : 10K
Transistor
TR1 : BC108
TR2 : BC109
Relay 6 volt
Saklar Alarm
NTC
Dioda
D1 : 1N4002
Resistor
R1 : 1K2
R2 : 1K2
R3 : 1K2
R4 : 1K2

Nah, itulah tadi skema rangkaian alarm anti kebakaran dengan sensor suhu lengkap beserta dengan daftar komponennya. Dilihat dari skema rangkaian tadi bisa kita lihat bahwa komponen yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, dan semuanya mudah untuk didapatkan alias bukan komponen langkap.

Sensor suhu yang digunakan pada rangkaian tersebut adalah sensor NTC ( native temperature coefisient ). Anda bisa mengganti sensor suhu tersebut dengan sensor lain seperti sensor asap misalnya. Selain itu dalam rangkaian tersebut juga terdapat relay 6 volt yang bisa dihubungkan dengan alarm atau speaker.

Tegangan input yang dibutuhkan tidak begitu besar, hanya 9 volt DC. Anda bisa melakukan modifikasi rangkaian tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Penutup

Oke, demikan info mengenai skema rangkaian alarm kebakaran sederhana dengan sensor suhu / asap. Semoga info di atas bermanfaat bagi anda dan bagi semua orang, terutama yang penasaran dengan cara membuat alarm anti kebakaran sendiri.

Type above and press Enter to search.