Rangkaian Menaikkan Tegangan DC 5 Volt ke 12 Volt dengan Mudah

- Advertisement -
S P C E.com : Hallo para pembaca setia, Jika kita bergelut di dunia rangkaian elektronika, ada beberapa hal yang tidak boleh kita abaikan. Salah satunya adalah distribusi tegangan listrik. Dikarnakan bahwa sebuah rangkaian elektronika bekerja dengan menggunakan tegangan yang berbeda-beda.

Rangkaian Menaikkan Tegangan DC 5 Volt ke 12 Volt dengan Mudah


Rangkaian Menaikkan Tegangan DC 5 Volt ke 12 Volt dengan Mudah

Nah, kita tahu bahwa rangkaian yang bekerja dengan menggunakan tegangan 5 volt, 6 volt, 9 volt, 12 volt, dan seterusnya. Yang menjadi pertanyaan besar bagaimana cara kita mengubah nilai tegangan pada sebuah rangkaian elektronika dengan mudah yang sekiranya bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk teknisi pemula sekalipun.

Misalnya kita memiliki sebuah power supply dengan output tegangan 5 volt DC, sedangkan power supply tersebut digunakan untuk menghidupkan rangkaian radio dengan kebutuhan tegangan 12 volt. Penasaran ? Yuk kita cari tahu bersama-sama bagaimana rangkaiannya;'

Menaikkan Tegangan DC 5 ke 12 Volt

Sebenarnya untuk menaikkan tegangan DC dalam sebuah rangkaian elektronika dari 5 volt menjadi 12 volt sebenarnya sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan sedikit rangkaian elektronika. Adapun komponenya utama yang digunakan pada rangkaian tersebut adalah IC LM2577-12. IC  ini merupakan komponen elektronika berupa sirkuit terpadu berbahan semikonduktor.

Kita tahu bahwa fungsi dari IC LM2577-12 adalah mengontrol dan menguatkan daya (step-up) serta sebagai flyback. Sekedar informasi saja bahwa IC LM2577 memiliki banyak varian mulai dari varian dengan input input 3,5 volt sampai 40 volt, dan juga output dari 12 volt, 15 volt, dan seterusnya. Baik para pembaca setia, langsung saja, berikut skema rangkaian penaik tegangan DC dari 5 volt ke 12 volt di bawah ini:.


Bagaimana, sangat mudah bukan rangkaiannya dan cara perakitannya juga sangatlah mudah, karna tidak banyak komponen yang kita butuhkan ? Rangkaian atau alat untuk menaikkan tegangan DC 5 volt ke 12 volt ini bisa anda buat sendiri menggunakan komponen yang sesuai dengan skema. 

Semua komponen yang dibutuhkan tergolong umum dan bisa dicari dengan mudah di toko-toko komponen elektronika.

Penutup

Semoga artikel Rangkaian Menaikkan Tegangan DC 5 Volt ke 12 Volt dengan Mudah ini dapat bermanfaat buat anda dan buat semua orang dan sampai ketemu lagi dengan artikel - artikel berikutnya di blog saya yang sederhana ini. Salam,...

Ingin menerima info menarik dari kami ?