Rangkaian Sensor Pengukur Suhu Sederhana Menggunakan IC LM35

- Advertisement -
S P C E.com : Hallo para pembaca setia www.saifulcomelektronik.com, Bagaimana kabar anda di hari ini ? tentunya harapan saya tidak kurang satu apapun. Nah, di kesempatan kali ini saya akan berbicara atau pun ingin share kepada anda tentang Rangkaian Sensor Pengukur Suhu Sederhana Menggunakan IC LM35.

Rangkaian Sensor Pengukur Suhu Sederhana Menggunakan IC LM35

Rangkaian Sensor Pengukur Suhu Sederhana Menggunakan IC LM35

Kita tahu bahwa, saat ini ada banyak sekali jenis sensor dalam dunia elektronika. Salah satunya adalah sensor suhu. JIka kita bicara soal sensor suhu, bentuk dan tipenya pun juga bermacam-macam. salah satu jenis sensor suhu yang paling populer saat ini adalah LM35, yang kita bahas saat ini.

Sekedar informasi buat anda dan buat kita semua para pembaca bahwa varian sensor suhu LM35 juga bermacam-macam, mulai dari LM35AZ, LM35DZ, dan lain sebagainya. Nah, mengenai bagaimana cara membuat pengukur suhu sederhana dengan menggunakan LM35DZ ? adapun komponennya adalah

Komponen LM35DZ ini memiliki bentuk yang cukup kecil menyerupai sebuah transistor dengan tiga kaki. Sensor yang satu ini memiliki kemampuan mengukur suhu hingga 100 derajat celcius. Tegangan yang dikeluarkan oleh komponen ini sebesar 10 mili volt per 1 derajat celcius.

Rangkaian Sensor Pengukur Suhu

LM35DZ bekerja dengan suplay tegangan 4 hingga 30 volt DC dengan arus pengurasan sebesar 60 mikroampere. Tak heran jika komponen ini cocok digunakan pada rangkaian analog maupun digital. Banyak orang memilih menggunakan LM35DZ karena selain murah, juga memiliki self heating rendah, yakni 0,08 derajat celcius saja.

Rangkaian Sensor Pengukur Suhu Sederhana Menggunakan IC LM35

Nah, tentunya anda sudah penasaran dengan skema rangkaiannya bukan ? Oke, langsung saja berikut gambar skema rangkaian sensor pengukur suhu sederhana dengan LM35DZ. Dalam rangkaian ini nampak beberapa komponen elektronika pasif. Semua komponen tersebut mudah ditemukan di pasaran dan tidak mahal.

Akurasi pengukuran dengan menggunakan rangkaian sensor pengukur suhu tadi lebih akurat jika dibanding dengan rangkaian dasar yang hanya menggunakan LM35DZ saja. Anda bisa mengkombinasikan rangkaian tersebut dengan rangkaian lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Tak sedikit orang yang mengkombinasikan LM35DZ dengan arduino berbagai jenis, ataupun mikrokontroler atmega. Oleh karena itu anda bisa berkreasi dan mengembangkan rangkaian tersebut agar bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

Penutup

Oke sahabat pembaca yang budiman dimanapun berada, semoga informasi singkat mengenai Rangkaian Sensor Pengukur Suhu Sederhana Menggunakan IC LM35 di atas bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua, utamanya yang ingin tahu cara membuat rangkaian sensor suhu sendiri dengan biaya murah namun kualitasnya maksimal. Share jika info ini dirasa bermanfaat bagi banyak orang.

Ingin menerima info menarik dari kami ?