BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam/Gabus Sederhana

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb, hallo pembaca setia yang budiman, yang tidak membaca artikel ini tentunya tidak budiman :-). tidak-tidak saya hanya becanda pembaca spce.com, Ya saat sekarang ini elektronik Sudah menjadi tidak rahasia untuk umum bahwa ada banyak sekali yang dapat kita manfaatkan jika kita menjadi seorang teknisi elektronika. Selain bisa memperbaiki berbagai macam peralatan elektronik, kita juga bisa membuat berbagai macam alat yang dapat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari.

Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam/Gabut Sederhana

Nah, Salah satunya adalah alat elektronika sederhana alat untuk memotong gabus alias styrofoam. kita bisa membuat alat pemotong styrofoam atau gabus dengan bahan-bahan yang sederhana. Bahkan kita bisa membuatnya dari benda-benda bekas yang tidak terpakai lagi di sekitar kita.

Meskipun kita bisa membeli sebuah alat atau mesin pemotong gabus / styrofoam, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya sendiri. Selain lebih murah, kita juga bisa menyesuaikan bentuk alat pemotong styrofoam tersebut dengan ke inginan kita, yaitu mulai dari segi desain/bentuk sampai dengan ukurannya.

Membuat Alat Pemotong Styrofoam/gabus Sederhana

Nah, mengenai bagaimana cara membuat alat pemotong styrofoam/gabus ini cukup mudah hanya menggunakan bahan-bahan yang seederhana yang ada di sekitar kita. buat anda yang belum tahu, alat atau mesin pemotong bentuknya sangat simpel dan bisa dibuat oleh siapapun. gak percaya ? baca terus artikel ini sampai selesai kamu pasti bisa membuat alat pemotong gabus.

Sebelum mulai membuat alat pemotong gabus ini, Ada satuhal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan-bahan yang di butuhkan terlebih dahulu. Apa aja alat dan bahannya ? Berikut saya akan bagikan buat anda pembaca busiman spce.com mengenai list atau daftar yang dibutuhkan untuk membuat mesin pemotong gabus atau styrofoam.
  • Trafo 500 mA
  • Kawat nikelin
  • Kabel
  • Saklar
  • Steker atau colokan
  • Saklar jepit
  • Papan kayu
Semua alat dan bahan di atas bisa anda beli di toko-toko listrik yang ada di sekitar kota tempat anda tinggal. Nah, namun jika anda mempunya bahan-bahan bekas bisa digunakan untuk membuat alat pemotong ini. Contohnya trafo bekas, kabel bekas, papan kayu bekas, dan lain sebagainya. Untuk kawat nikelinnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Membuat Pemotong Styrofoam

Jika anda ingin membuat alat pemotong styrofoam ukuran besar, maka jumlah kawatnya juga semakin banyak. Namun kita bisa membeli satu meter saja untuk percobaan. Harganya sangat terjangkau yakni antara 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah saja. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda bisa langsung merangkainya seperti skema yang ada di bawah ini.

Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam/Gabut Sederhana

Dari skema tersebut bisa kita lihat bahwa mesin pemotong styrofoam yang kita buat kali ini menggunakan sumber tenaga dari listrik ACC 220 volt. Akan tetapi sebenarnya listrik yang dibutuhkan adalah listrik DC. Oleh karena itu diperlukan sebuah trafo 500 mA untuk menurunkan tegangan tersebut.

Video Experiment Membuat Alat Pemotong Sederhana



Jadi jika anda ingin membuat alat pemotong gabus portable, anda tidak perlu menggunakan trafo dari listrik AC. Cukup gunakan tegangan DC dari baterai ataupun accu sebesar 12 volt. Anda bisa memodifikasi rangkaian tadi sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk panjang kawat nikelinnya pun juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kurang lebih bentuknya akan terlihat seperti dibawah ini ini.

Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam/Gabut Sederhana

Penutup

Oke sahabat pembaca setia yang budiman, demikian dulu yang dapat saya share yaitu Cara Membuat Alat Pemotong Styrofoam/Gabut Sederhana ini semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya yang lebih menarik lagi.  salam,....

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.