BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Apa itu Osiloskop ? Fungsi dan Kegunaan Serta Cara Kerjanya

Apa itu Osiloskop ? Fungsi dan Kegunaan Serta Cara Kerjanya

Kesempatan kali ini saya akan berbagi fungsi dan kegunaan sebuat alat elektronik yang bernama osiloskop. 

Pastinya anda sudah tahu jika anda adalah seorang oprak oprek elektronika, namun saya yakin pastinya ada yang belum tahu mengenai fungsi osiloskop. mari kita cari tahu sama-sama apa itu osiloskop ?

Osiloskop Saat ini ada banyak sekali jenis alat ukur mulai dari penggaris, timbangan, termometer, anemometer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun pernahkah anda mendengar alat ukur yang bernama osiloskop ? jika anda penghobi elektronik pastinya pernah bukan ? namun masih banyak juga yang belum tahu apaitu osiloskop ?

Osiloskop adalah termasuk salah satu alat ukur yang cukup populer saat ini di dunia elektronik. Alat ukur yang satu ini hanya digunakan untuk kegiatan tertentu yang berkaitan dengan dunia elektronika dan kelistrikan.

Nah, tampa panjang lebar lagi mukadimahnya sebaiknya langsung saja simak ulasan berikut.

Apa itu Osiloskop ?

Nah kita tahu bahwa Osiloskop adalah suatu alat ukur elektronik yang digunakan untuk mengetahui atau memproyeksikan sinyal listrik serta frekuensi menjadi bentuk gambar grafik agar lebih mudah dibaca dan juga dipelajari. Alat ukur ini banyak digunakan di bidang penelitian, sains, engineering, kesehatan, maupun telekomunikasi.

Menggunakan alat ukur osiloskop, kita dapat melihat serta menganalisa bentuk gelombang sinyal listrik maupun frekuensi dalam suatu rangkaian elektronika. Osiloskop dapat menampilkan gambar grafik dua dimensi analogi sumbu X dan Y seperti gambar di bawah ini.


Kegunaan Osiloskop

Nah, adapun Fungsi dan Kegunaan sebuah osiloskop banyak di gunakan untuk keperluan di bindang industri, bidang elektro, osiloskop digunakan untuk pengukuran rangkaian elektronik seperti radio, TV, dan alat-alat lainya untuk memonitor frekuensi elektronik yang dihasilkan oleh alat tersebut. Fungsi dasar dan kegunaan osiloskop adalah sebagai berikut.

  • Mengukur frekuensi sinyal yang berosilasi
  • Mengukur besar tegangan listrik dan juga relasi terhadap waktu
  • Membedakan arus AC dengan arus DC
  • Mengecek jalannya suatu sinyal pada sebuah rangkaian elektro
  • Mengetahui noise pada sebuah rangkaian elektronika

Cara Kerja Osiloskop

Baik, kita beralih ke cara kerja Osiloskop, secara garis besar cara kerja osiloskop tidak jauh berbeda dibandingkan dengan alat ukur elektronik lainnya. Hanya saja osiloskop menggunakan komponen utama berupa tabung sinar katode (CRT). Elektron dipancarkan dari katode menuju ke bidang gambar yang berperan sebagai anoda.

Apa itu Osiloskop ? Fungsi dan Kegunaan Serta Cara Kerjanya

Bidang gambar tersebut dilapisi oleh zat yang bersifat flourecent (bentuk dari luminensasi). Osiloskop sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni osiloskop analog dan osiloskop digital. Masing-masing jenis osiloskop punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta prinsip kerja yang sedikit berbeda.

Penutup

Nah, pembaca setia S P C E.com itulah tadi informasi mengenai fungsi dan kegunaan serta cara kerja osiloskop. Semoga informasi ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang. Sampai jumpa lagi di Artikel berikutnya. Salam,...

Type above and press Enter to search.