Breaking

logo

Sabtu, 03 Februari 2018

Komponen Jenis Jenis LED (Light Emitting Diode) warna dan fungsinya

Komponen Jenis Jenis LED (Light Emitting Diode) warna dan fungsinya

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb pembaca setia web blog ini, di pagi ini saya ingin sekedar berbagi info kepada anda pembaca setia yaitu tentang LED, Kitatahu bahwa LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode yaitu sebuah komponen elektronika yang memiliki kemampuan dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. Komponen yang satu ini merupakan keluarga dari dioda juga karena menggunakan bahan semi konduktor.

Komponen Jenis Jenis LED (Light Emitting Diode) warna dan fungsinya

Seiring perkembangan dunia elektronik, komponen LED memiliki banyak sekali jenis mulai dari bentuk, warna, sampai dengan fungsinya. Saat ini LED banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari untuk flashlight HP, lampu rumahan, lampu motor dan juga untuk lampu mobil dan masih banyak lagi.

Mengenai beberapa jenis lampu LED beserta harganya yang berhasil SPCE.com hinpun dari pasaran perbijinya, langsung saja simak ulasannya.

Jenis Jenis LED

Mengenai jenis-jenis LED ini, kita harus tahu bahwa prinsip kerja LED sangat sederhana antara lain prinsip kerjanya adalah mengubah energi listrik menjadi cahaya, warna cahaya yang dihasilkan oleh LED berbeda-beda dan konsumsi listriknya juga beda-beda. 

Berikut jenis LED berdasarkan warna dan Volt  kelistrikanyanya.

LED warna Merah : 1,8 volt
LED warna Jingga : 2 volt
LED warna Kuning : 2,2 volt
LED warna Hijau : 3,5 volt
LED warna Biru : 3,6 volt
LED warna Putih : 4 volt
LED warna Infra Merah : 1,2 volt

1. Miniature LED

Jenis lampu LED yang pertama adalah miniature LED. Jenis LED yang satu ini biasanya digunakan sebagai indikator ataupun hiasan saja. Ukurannya sangat kecil dan tersedia dalam beberapa jenis warna. Miniature LED termasuk salah satu jenis lampu LED yang dijual dengan harga paling murah.

2. Super Flux LED

Selanjutnya ada super flux LED. Super flux LED merupakan salah satu jenis LED yang memiliki konsumsi listrik tinggi. Tak heran memang karena LED jenis ini punya dua kutub positif dan juga dua kutub negatif. Super flux LED banyak digunakan untuk penerangan lampu di papan iklan yang ada di pinggir-pinggir jalan.

3. Bicolor LED

Seperti namanya, bicolor LED merupakan salah satu jenis LED yang dapat mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna. Jenis lampu LED yang satu ini dapat mengeluarkan cahaya dalam berbagai macam warna secara bergantian. Bicolor LED banyak diaplikasikan pada mainan anak-anak.

4. SMD LED

SMD adalah singkatan dari surface mount device yang merupakan salah satu jenis lampu LED yang memiliki ukuran sangat kecil. Jenis LED yang satu ini banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai dengan lampu emergency.

5. COB LED

COB adalah singkatan dari chip on board yang merupakan jenis lampu LED yang dapat menyala lebih terang dan merata karena memiliki banyak sekali chip dalam satu papan. Sebenarnya jenis lampu LED COB ini merupakan pengembangan dari lampu LED jenis SMD. Jadi kualitasnya berada setingkat di atas SMD LED.

6. High Power LED

Jenis lampu LED yang terakhir adalah high power LED. Lampu LED yang satu ini memiliki kemampuan dapat memunculkan cahaya dengan intensitas yang lebih tinggi atau terang. Akan tetapi jenis LED yang satu ini juga lebih mudah panas jika dibandingkan dengan lampu LED jenis lain.

Penutup

Baik Pembaca setia S P C E.com semoga informasi singkat ini bermanfaat buat anda dan juga bermanfaat buat semua orang. Nah, untuk mendapat update terbaru dari kami seputar dunia elektronik jangan lupa kunjungi terus web blog ini setiap hari. Salam,....