Membuat Adaptor PSU Menggunakan Trafo Yang Memiliki CT (Center Tap)

- Advertisement -
S P C E.com : Adaptor atau Power Supply (PSU) merupakan sebuah jantung elektronik untuk menjalankan komponen agar bekerja sedemikian rupa tergantung jenis rangkaian yang di desain pada elektronik tersebut.

Fungsi dari POwer Supply adalah untuk mengubah tegangan AC (alternating current) menjadi DC  (Direct Current). Nah, adaptor merupakan sebuah pengganti dari tegangan DC. Sehingga nantinya bisa kita gunakan untuk mensupplay arus ke rangkaian elektronik. Misalnya Power Amplifier, Lampu DC, Kipas DC dan lain sebagainya.


Jenis - Jenis Adaptor
  • DC Adaptor Converter, sebuah adaptor yang dapat merubah tegangan DC menjadi tegangan DC.
  • Step Up dan Step Down, Adaptor yang dapat merubah tegangan AC menjadi tegangan AC.
  • Inverter, adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar.
  • Power Supply merubah tegangan AC menjadi tegangan DC

Umumnya Adaptor merupakan Alat Elektronika yang dapat mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC yaitu fungsinya untuk menurunkan tegangan. 

Nah, Sesuai dengan judul pada artikel ini Membuat Adaptor PSU Menggunakan Trafo Yang Memiliki CT (Center Tap) memiliki tiga buah output plus, minus dan ground sehingga bisa kita gunakan sebagai catu daya power amplifier OCL atau BTL.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat PSU

Trafo CT, Ampere tergantung kebutuhan
Dioda Kiprop
Kabel
Elco
Box

Proses Perakitan Adaptor

Baik, setelah bahan sudah siap tinggal saatnya proses perakitan, untuk lebih jelas bagaimana penysunan komponen bisa anda lihat gambar skema rangkaiannya dibawah ini;

Membuat Adaptor PSU Menggunakan Trafo Yang Memiliki CT (Center Tap)

Hubungkan masing - masing komponen seperti pada gambar skema diatas. setelah itu solder komponen satu persatu serapi mungkin, Untuk lebih rapi dan bagus sebaiknya gunakan PCB (Printed Circuit Board).

Pada skema rangkaian terdapat 3 buah Output DC yang pertama 0 (ground), min, dan plus. Nah, ketiga Output tersebut yang dapat kita gunakan sebagai catu daya elektronik seperti Power Amplifier OCL dan BTL.

Penutup

Demikian artikel singkat ini tentang Membuat Adaptor PSU Menggunakan Trafo Yang Memiliki CT (Center Tap) semoga bermanfaat buat anda dan buat semua orang. SALAM,...

Ingin menerima info menarik dari kami ?