Membuat Lampu LED Hemat Energi Dengan Rangkaian Sederhana

- Advertisement -
S P C E.com : Pencahayaan LED sangat ramah lingkungan dalam berbagai hal. Pertama, Lampu LED menghemat hingga 90% energi dibandingkan bola lampu tradisional dengan output cahaya yang sama. Untuk setiap bola lampu yang Anda ganti dengan lampu LED, Anda akan segera melihat perbedaannya pada tagihan listrik yang lebih rendah.

Membuat Lampu LED Hemat Energi Dengan Rangkaian Sederhana

Membuat Lampu LED Hemat Energi Dengan Rangkaian Sederhana

Dengan membuat sendiri lampu LED hemat energi, maka biaya yang kita dikeluarkan jauh lebih murah dibanding kita membeli lampu LED yang ada di pasaran. Tidak hanya itu komponen untuk membuat lampu hemat energi ini juga sangat mudah kita dapatkan di toko-toko komponen elektronika yang ada di sekitar tempat kita tinggal.

Untuk proses pembuatan lampu hemat ini, pertama sekali yang harus kita lakukan mempersiapkan semua komponen yang diperlukan. komponen yang kita butuhkan sangat sederhana pastinya komponen tersebut setiap toko memiliki patokan harga berbeda di masing-masing toko.

Harga komponen di daerah tempat saya tinggal bisa anda lihat daftarnya di bawah ini:

Komponen

  • 1 buah elco 4,7uF / 450 Volt ( Rp.2000,- x 1 = Rp.2000,-)
  • 1 buah resistor ukuran R 470K ( Rp.500,- x 1 =  Rp.500,-)
  • 1 buah resistor ukuran R 330ohm ( Rp.500,- x 1 =  Rp.500,-)
  • 25 buah LED warna putih bening ( Rp.700,- x 25 = Rp.17.500,-)
  • 4 buah dioda IN4007 ( Rp.1.000,- x 4 = Rp.4.000,-)
  • 1 buah kapasitor milar 330nF/450 Volt ( Rp.1.500,- x 1 = Rp.1.500,-)

Total harga kita keluarkan untuk membeli komponen Lampu LED ini sekitar Rp.26.000. sedangkan harga lampu LED di tempat saya Rp. 50000 daya lampu 3watt. Bisa dibandingkan membuat lampu LED ini jauh lebih murah dibanding dengan harga lampu LED siap pakai.

Pembuatan

Untuk mempersingkat artikel ini, langsung saja bagaimana cara membuatnya. Cara membuat lampu LED ini cukup mudah tinggal ikuti jalur pada skema rangkaian di bawah ini kemudian silakan rangkai semua komponen sama dengan skema yang saya buat :


Bagaimana ? mudah bukan cara membuatnya lampu ini ?

Penutup

Hanya ini yang dapat saya share di kesempatan kali ini semoga artikel Membuat Lampu LED Hemat Energi Dengan Rangkaian Sederhana ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Salam,... 

Ingin menerima info menarik dari kami ?