Breaking

logo

Jumat, 09 Maret 2018

Rangkaian Sederhana Saklar Lampu Otomatis LDR

Rangkaian Sederhana Saklar Lampu Otomatis LDR

S P C E.com : Salah satu jenis saklar otomatis yang banyak digunakan saat ini adalah saklar lampu dengan sensor cahaya, dimana saklar tersebut akan mati dan nyala secara otomatis karena di pengaruhi oleh intensitas cahaya yang ada. 

Saklar otomatis ini, kita tidak perlu lagi memencet saklar untuk menyalakan lampu, karena lampu akan menyala secara otomatis.


Rangkaian Sederhana Saklar Lampu Otomatis LDR

Saat ini ada banyak sekali jenis sensor cahaya yang digunakan pada saklar lampu otomatis, namun yang paling sederhana dan murah sensor mengunakan LDR. LDR singkatan dari Light Dependent Resistor yang merupakan salah satu varian dari komponen resistor.

Light Dependent Resistor (LDR) merupakan jenis resistor yang nilai resistansinya dapat dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Nah, resistansi komponen tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan kadar cahaya yang diterima ldr. 

Perubahan resistansi tersebut lah dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah rangkaian elektronika yaitu Saklar Lampu Otomatis LDR.

Skema Rangkaian 

Nah, jika anda ingin mencoba membuat Saklar Lampu Otomatis ini mengunakan sensor cahaya sebagai pengendalinya, saya telah siapkan skema rangkaiannya di bawah ini. Silahkan anda perhatikan baik-baik skemanya. 

Skema rangkaiannya cukup sederhana sehingga bisa dibuat oleh para pemula sekalipun.

Rangkaian Sederhana Saklar Lampu Otomatis LDR

Daftar komponen :

  • Batterai atau power supply 5 volt DC
  • Sensor cahaya LDR
  • Potensiometer 10 k
  • Resistor 220 ohm
  • Transistor NPN
  • Dioda 1n4001
  • Relay
  • Lampu Neon 220 VAC
  • Kabel secukupnya

Fungsi Komponen

Pada rangkaian diatas, terdapat sebuah komponen LDR, berfungsi sebagai sensor cahaya. Selain ldr terdapat juga sebuah potensiometer yang berfungsi untuk mengatur sensitifitas LDR dalam menerima atau merespon cahaya yang ada di sekitarnya.

Komponen relay berfungsi sebagai saklar elektronik yang dapat memutus dan menyambung arus listrik nantinya, jika coil pada saat kondisi aktif. Dan transistor NPN berfungsi untuk mengaktifkan coil relay. 

Cara Kerja LDR

Prinsip kerja dari rangkaian ini sangat sederhana. Pada saat kondisi cahaya terang, LDR akan menerima banyak cahaya sehingga membuat nilai resistansinya menjadi tinggi dan listrik tidak bisa mengalir. sehinga membuat saklar menjadi off lampu juga akan menjadi mati.

Kemudian sebaliknya pada saat kondisi cahaya gelap, LDR tidak menerima cahaya yang mengakibatkan nilai resistansinya menjadi rendah. pada saat resistasinya rendah listrik dapat mengalir saklar menjadi on dan lampu menyala. 

Penutup

Demikian yang dapat saya share di kesempatan kali ini, semoga info Rangkaian Sederhana Saklar Lampu Otomatis LDR bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Salam,...