Rangkaian sederhana Inverter Pure Sine Wave 1500 Watt

- Advertisement -
S P C E.com : Assalamualikum wr wb pembaca setia saifulcomelektronik.com telah lama saya tidak menulis artikel di blog sederhana ini, akhirnya hari ini saya mencoba menulis lagi mudah-mudahan tulisan artikel ini memberi manfaat buat anda.

Rangkaian sederhana Inverter Pure Sine Wave 1500 Watt

Rangkaian sederhana Inverter Pure Sine Wave 1500 Watt

Tentunya kita telah mengetahui inverter adalah sebuah alat yang mengubah arus listrik searah alias listrik DC menjadi listrik bolak-balik (AC). dengan adanya alat inverter tersebut tentunya sangat berguna bagi beberapa orang termasuk saya. 

Contohnya saat listrik padam.
Pemadaman tersebut kita bisa memanfaatkan listrik DC dari baterai untuk menyalakan lampu rumah dengan bantuan Inverter Pure Sine Wave.

Jenis Inverter Pure Sine Wave sendiri bermacam-macam. Salah satunya adalah inverter pure sine wave. Bagi anda yang belum tahu apa itu inverter pure sine wave ? inverter pure sine wave adalah salah satu jenis inverter yang memiliki tegangan suplay dengan efisiensi paling baik mencapai 80%. Inverter jenis ini memiliki tegangan output berbentuk gelombang sinus murni.

Rangkaian sederhana Inverter Pure Sine Wave 1500 Watt

Cara Membuat Inverter Pure Sine Wave

Oke, para pembaca S P C E.com tak perlu berlama-lama jika anda ingin membuat inverter pure sine wave sederhana sendiri, berikut di bawah ini skema rangkaiannya dan di sertai dengan daftar komponen yang dibutuhkan yang sudah tertera pada gambar rangkaian tersebut. di bawah ini.

Rangkaian sederhana Inverter Pure Sine Wave 1500 Watt

Kelebihan dari rangkaian inverter pure sine wave ini salah satunya adalah mampu menghasilkan output tegangan listrik dengan gelombang yang sama persis dengan yang dihasilkan oleh listrik PLN. 

Jadi inverter ini aman digunakan untuk menyalakan berbagai macam alat elektronik pada saat listrik padam. Sumber atau input yang digunakan bermacam-macam, bisa dari baterai maupun accu.

Karena kelebihannya tersebutlah banyak orang yang ingin membuat inverter jenis ini. Sebenarnya selain inverter pure sine wave, ada dua jenis inverter lain yang juga cukup populer di masyarakat yakni inverter modified sine wave dan inverter square wave. 

Namun diantara beberapa jenis inverter tadi, pure sine wave lah yang paling efisien.

Penutup

Demikianlah info singkat mengenai skema rangkaian inverter pure sine wave 1500 watt sederhana yang bisa langsung anda coba buat sendiri di rumah. Jangan lupa share atau bagikan info ini ke teman-teman anda lain agar mereka juga bisa mencobanya.

Ingin menerima info menarik dari kami ?