Melarutkan Tembaga PCB Pakai Deterjen Vixal dan Vanish. Kok Bisa ?....

- Advertisement -
S P C E.com : Assalamualaikum wr wb, hallo para pembaca setia web blog sederhana ini. saya ingin memberi tahu kepada anda yang hobi merakit rangkaian elektronik pada PCB. Karna saya yakin seyakin-yakinnya :-) banyak yang sudah tahu dan banyak juga yang belum, bahwa vixal dan vanish dapat melarutkan tembaga pada PCB. Betul tidak ?,....

Melarutkan Tembaga PCB Pakai Deterjen Vixal dan Vanish. Kok Bisa ?....

Nah, mohon absen yang sudah tahu dah yang belum tahu vixal dan vanish dapat melarutkan tembaga pada PCB di kolom komentar ya,....oke kita lanjut,......

Melarutkan Tembaga PCB Pakai Deterjen Vixal dan Vanish

Mendesain sebuah PCB dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi seperti express PCB dan juga eagle PCB, kemudian setelah gambar atau jalur selesai dibuat mengunakan software baru gambar tersebut di cetak pada permukaan tembaga PCB.

Setelah gambar selesai di cetak, bari dilakukan proses menghapus atau melarutkan (etching) bagian tembaga yang tidak digunakan. Dengan begitu maka akan tertinggal permukaan PCB yang sudah kita gambar tadi dengan aplikasi. 

Kita tahu sebelumnya, proses etching PCB atau pelarutan PCB menggunakan bantuan kimia yang bernama Ferric Chloride (FeCl3). Larutan Ferric Chloride (FeCl3) mampu melarutkan tembaga pada PCB. larutan tersebut bisa kita dapatkan di toko-toko komponen elektronika dengan cara DIBELI dong :-) pastinya wkwkwkw. (maaf becanda)

Namun sangat di sayangnya penggunaan larutan Ferric Chloride (FeCl3) untuk etching PCB semakin hari emakin tidak efektif, karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pelarutannya. Selain itu harga Ferric Chloride (FeCl3) juga relatif lebih mahal. 

Melarutkan PCB dengan Vixal dan Vanish

Nah, sebagai alternatif  untuk melarutkan tembaga pada permukaan PCB, biasanya para pengiat desain elektronika menggunakan cairan HCL, H202, H20 (Air). Penggunaan cairan tersebut lebih efektif dan lebih cepat dibanding dengan menggunaan larutan Ferric Chloride (FeCl3).

Namun cairan HCL, H202, H20 agak susah dicari, apalagi di kota saya tidak ada di jual sama sekali. nah, alternatif lain adalah dan juga tak kalah bagus dibanding Ferric Chloride (FeCl3) juga HCL, H202, H20, yakni menggunakan cairan deterjen Vixal dan Vanish. 

Melarutkan Tembaga PCB Pakai Deterjen Vixal dan Vanish. Kok Bisa ?....

Saya baru tahu Vixal dan Vanish juga memiliki kandungan HCL dan H202 sebesar 17% dan 50% yang mampu melarutkan tembaga pada PCB dengan mudah, dan juga proses pelarutan tembaganya  juga cepat. Vixal dan Vanish ini dapat kita dapatkan dengan mudah di toko-toko kelontong atau supermarket di daerah kita tinggal.

Peroses Pelarutan

Cara melarutkan PCB menggunakan Vixal dan Vanish tentunya tidak berbeda dibanding dengan Ferric Chloride (FeCl3) dan HCL, H202, H20 (Air). Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara melarutkan tembaga PCB menggunakan Vixal dan Vanish. Berikut di bawah ini.
  1. Siapkan PCB yang hendak di larutkan, tentunya PCB yang sudah siap kita gambar, juga vixal, vanish, sendok, baskom, dan juga air.
  2. Setelah itu campurkan vixal, vanish, dan juga air ke dalam baskom dengan perbandingan 1:2:4. Jangan lupa aduk dengan menggunakan sendok agar tercampur merata.
  3. Setelah itu masukkan PCB yang akan dilarutkan ke dalam cairan tersebut sambil baskom digoyang-goyang secara perlahan agar tembaga cepat larut.
  4. Jika tembaga PCB terlihat sudah larut oleh cairan deterjen vanis dan vixal, angkat dan bersihkan dengan tisu atau kain  lap sampai kering.
  5. Untuk hasil yang maksimal, bersihkan PCB menggunakan tinner A.
  6. Selesai.
Penutup

Baik para pembaca setia S P C E.com demikian dulu artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan juga buat semua orang. SELAMAT MENCOBA,....

Ingin menerima info menarik dari kami ?