BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

S P C E.com : Assalamulaikum wr wb pembaca setia saifulcomelektronik.com, jika anda seorang Teknisi elektro dan listrik tentunya anda harus tahu beberapa jenis kabel yang ada di pasaran yang kerap kabel tersebut digunakan sebagai instalasi. Dan jenis kabel tersebut mempunya ciri khas masing-masing, kelebihan dan juga kekurangan. Oleh sebab itu kita tidak boleh memakai kabel sebarang semua jenis kabel sama.

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

Pada dasarnya jenis-jenis kabel diklasifikasikan berdasarkan kemampuan penghantar arusnya. Kemampuan penghantar arus pada sebuah kabel listrik dipengaruhi oleh luas penampang atau diameter kabel tersbut dan juga bahan konduktor dan isolator yang digunakan pada kabel, serta beberapa faktor yang lain. Kabel selain digunakan untuk mengantarkan listrik, kabel juga digunakan sebagai penghantarkan frekuensi.

Banyaknya jenis kabel listrik, sehinga ada beberapa kabel yang kerap membuat kita bingung, yaitu dengan jenis kabel tersebut ada NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY. Keempat nama tersebut membingungkan karna sedikit mirip dan membuat kita sulit untuk membedakannya. Padahal jenis kabel tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

Nah, agar anda tidak keliru lagi, belajarelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat info lebih lengkap mengenai perbedaan kabel NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY mulai dari ukuran, fungsi, gambar bentuk, karakteristik, sampai dengan harganya. Penasaran? Tak usah basa-basi lagi simak ulasan berikut.

1. Kabel NYA

Kepanjangan kabel NYA adalah N = Kabel inti tembaga, Y = Isolasi PVC, dan A = Kabel tunggal.  Artinya kabel NYA merupakan kabel tembaga tunggal dengan isolasi berbahan PVC. Kabel jenis ini kerap digunakan untuk instalasi listrik rumahan. Kabel NYA untuk instalasi listrik rumahan memiliki ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm.

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

Kelebihan dari kabel NYA ini adalah harganya lebih murah sehingga kerap digunakan untuk instalasi listrik perumahan. Kelebihan kabel NYA adalah mudah cacat dan terkelupas seperti tergigit tikus karena isolasinya hanya satu lapis. Oleh karena itu agar lebih aman harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup atau dipasang di udara yang jauh dari jangkauan.

2. Kabel NYM

Kepanjangan kabel NYM adalah N = Kabel inti tembaga, Y  = Isolasi PVC, M = Inti kabel lebih dari satu. Artinya kabel NYM memiliki inti tembaga lebih dari satu dan menggunakan isolasi berbahan PVC. Kabel jenis ini biasanya digunakan pada instalasi tetap bangunan seperti ditempatkan di dalam tembok.

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY
Kabel NYM biasanya punya warna putih atau abu-abu, dengan jumlah inti 2, 3 atau 4. Kelebihan dari kabel NYM ini dibanding kabel NYA adalah kualitas isolasinya yang lebih kuat karena terdiri dari dua lapis. Kelemahannya adalah harganya yang lebih mahal. Kabel ini bisa digunakan di kondisi kering atau basah, namun tidak untuk ditanam dalam tanah.

3. Kabel NYY

Kepanjangan kabel NYY adalah N = Kabel inti tembaga, Y = Isolasi PVC, Y = Selubung luar Isolasi PVC. Artinya kabel NYY adalah kabel yang memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi PVC dan selubung luar berbahan PVC. Kabel jenis ini sangat cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap seperti di bawah tanah ataupun tempat outdoor lainnya.

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY
Kabel NYY memilii lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), dengan jumlah inti 2, 3 atau 4. Kabel jenis ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi dan lebih aman. Wajar jikalau kabel NYY dijual dengan harga lebih mahal dibanding dengan kabel NYA dan NYM. Kabel NYY juga memiliki kelebihan anti dari gigitan tikus.

4. Kabel NYRGBY

Kepanjangan kabel NYRGBY adalah N = Kabel inti tembaga, Y = Isolasi PVC, R = Pelindung kawat baja bulat, Gb = Dililit plat baja, dan Y = Isolasi PVC. Artinya kabel NYRGBY memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi PVC, pelindung kawat baja bulat, lilitan plat baja, serta isolasi luar berbahan PVC.

Perbedaan Kabel Listrik NYA, NYM, NYY, dan NYRGBY

Diantara kabel-kabel sebelumnya, kabel NYRGBY lah yang paling kuat dan mahal. Kabel jenis ini cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap dalam tanah tanpa perlu perlindungan tambahan karena memang daya tahannya sudah sangat baik, kecuali saat ditanam di bawah jalan raya. Tetap diperlukan perlindungan berupa PVC tambahan.

Penutup

Baik para pembaca setia demikian dulu ulasan ini semoga ulasan artikel kabel ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang. sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya SALAM,....

Type above and press Enter to search.