Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur - S P C E.com

Breaking

logo

Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur

Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur

S P C E.com : Apa kamu sering tidur sembari mendengarkan lagu menggunakan earphone atau earbud ?

Mungkin bagi kebanyakan orang, tidur sambil mendengar lagu adalah hal yang tak wajar. Namun jika kamu adalah salah satunya, maka kamu harus tahu bahayanya. Walau dalam beberapa kasus lagu akan meningkatkan kualitas tidur, tapi juga dapat berdampak buruk bagi tubuh kamu. 

Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur

Kamu penasaran bahaya dengar lagu pakai earphone saat tidur ?

Bahaya Dengar Lagu Pakai Earphone Saat Tidur

Bahaya yang disebabkan oleh penggunaan earphone yang salah saat tidur dapat berakibat fatal, berikut adalah Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur dikutip dari Nap Season dan The Sleep Advisor.

1. Pembentukan Kotoran Telinga/Ear Wax

Kamu yang menggunakan earphone atau earbud yang menutupi rongga telinga dapat membentuk kotoran telinga yang berupa cairan atau ear wax.

Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur

Hal ini dapat terjadi karena earphone yang menutupi sirkulasi udara saat kamu tertidur. Kotoran telinga dapat terdorong ke arah dendang telinga saat kamu menggunkaan earphone, hal ini berbahaya dalam jangka waktu yang lama.

2. Resiko Otitis Eksterna

Otitis Externa merupakan nama ilmiah dari radang telinga luar atau infeksi yang terjadi di area rongga telinga. Namanya bermacam-macam tergantung posisi infeksi.

Bahayanya Dengar Lagu Pakai Earphone atau Earbud Saat Tidur

Hal ini memang jarang terjadi, tapi dapat terbentuk dari gesekan antar kulit dan earphone saat kamu tidur sehingga menjadi iritasi. Biasanya terjadi jika earphone kamu menggunakan bahan yang kurang baik.

Iritasi pada rongga telinga dapat menyebabkan infeksi dan Otitis Eksterna ini dapat menjalar ke gendang telinga yang berbahaya.

3. Dapat Menyebabkan Nekrosis

Selanjutnya adalah Nekrosis atau cedera sel yang menyebabkan kematian pada sel jaringan tubuh tertentu. Hal ini dapat terjadi jika kamu menggunakan earphone saat tidur dengan posisi kepala menyamping.

Dalam posisi menyamping, earphone akan menekan salah satu sisi telinga dalam jangka waktu panjang dan menyumbat aliran darah.

Tentu kamu tidak mau salah satu bagian dari telinga kamu mengalami necrosis bukan?

4. Otak Tak Dapat Beristirahat

Mendengar lagu yang tidak sesuai atau terlalu keras akan menyebabkan berbagai resiko buruk bagi tubuh. Keras suara yang paling cocok untuk menengarkan lagu saat tidur adalah kurang dari 60db.


Suara yang terlalu keras atau diatas 60db akan membuat berbagai bagian pada rongga teling menjadi lelah.

Dikutip dari Healthline.com, berikut adalah bahaya jika kamu mendengar lagu dengan suara yang terlalu keras dalam jangka waktu yang lama:
  • Berdampak buruk hingga dapat membunuh sel otak dan menyebabkan tuli.
  • Menurunkan mood
  • Menurunkan sistem imun
  • Susah untuk tertidur dengan lelap
  • Dapat berdampak buruk untuk kesuburan pria dan ibu hamil.

5. Kabel Earphone yang Berbahaya

bahaya-pakai-earphone-saat-tidur-5
Terakhir adalah earphone berkabel yang dapat berbahaya jika kamu gunakan saat tidur. Kabel yang menjuntai dapat membelit beberapa bagian tubuh kamu dan berakibat fatal.

Alangkah baiknya jika kamu mencari alat mendengar lagu wireless yang tidak akan membahayakan kamu karena kabel.

Kamu dapat menggunakan bedphone atau earphone khusus untuk digunkana saat tidur. Salah satu merek yang menyediakannya adalah Dubslabs.

Dari semua keburukan mendengar lagu dengan menggunkan earphone saat tidur, apakah ada keuntungan yang didapat?

Keuntungan Menggunakan Earphone Saat Tidur

1. Menutup Suara Bising

Kamu yang tinggal di kos-kosan atau memiliki tetangga yang suka berpesta di malam hari, dapat kamu atasi dengan menggunakan earphone saat tidur.

Namun, untuk menjaga agar tidak mendapat 5 resiko di atas, pastikan kamu menggunakan bedphone atau earphone khusus untuk digunakan saat tidur.

2. Relaksasi

Pemilihan lagu yang tepat seperti musik relaksasi atau jazz ringan dapat membantu kamu tidur dengan neynyak dan membuat kamu bangun dengan segar.

Beberapa earphone dapat memberikan white noise yang membuat tubuh kamu menjadi relax, tapi kalau kamu bisa mendengar lagu relaksasi 45 menit sebelum tidur, maka akan meningkatkan kualitas tidur.

Penutup

Ya, memang mengdengar lagu saat tidur dengan cara yang benar dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Namun, kamu juga harus memperhatikan bahayanya juga. Demikian dulu yang dapat saya share di kesempatan kali ini semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang. SALAM,....