Cara Memperbaiki Regulator KIPROK rusak,pada sepeda motor Mio Soul

- Advertisement -
S P C E.com ! Assalamualaikum wr wb, saifulcomelektronik dalam kesempatan kali ini akan mengulas sedikit tentang Cara Memperbaiki Regulator KIPROK yang rusak, pada sepeda motor Meo, Regulator Kiprok adalah sebuat alat yang terdapat pada sepeda motor yang bertugas sebagai pensetabil tengangan listrik pada sepeda motor tersebut, pungsi dari Regulator Kiprok tersebut adalah merubah arus AC dari coil sepeda motor tersebut menjadi Arus DC lalu arus DC dialirkan ke baterai AKI agar Baterai selalu dalam keadaan terisi jika sepeda motor di hidupkan. 

Cara Memperbaiki Regulator KIPROK rusak,pada sepeda motor Meo Soul

Cara Mengetahui Kerusakan umum Regulator Kiprok

1. Kerusakan Regulator Kiprok sering terjadi adalah panas berlebihan pada Regulator Kiprok tersebut apabila mesin sepeda motor di hidupkan. 2. Jika Baterai Aki sepeda motor sering mati alias jebol, padahal baterai Aki tersebut masih dalam keadaan baru itu artinya Regulator Kiprok sudah rusak, Karna mengalami kebocoran arus AC melewati qutput DC. 3. Jika Keadaan baterai Aki masih baru namun sering kali mengecas batrai tersebut dan baterai tersebut tekor kembali, pada saat menjalankan sepeda motor tersebut beberapa kilo meter kemudian. jika mengelami demikian artinya Regulator Kiprok Sudah mati total.

Nah, Para pembaca setia saifulcomelektronik.com, 3 poin diatas adalah kerusakan umum yang sering terjadi pada Regulator Kiprok sepeda motor. Namun anda tidak usah kuwatir, dalam kesempatan kali saya akan berbagi buat anda semua tentang cara memperbaiki Regulator Kiprok yang rusak. Sebenarnya didalam Regulator Kiprok tersebut terdapat sususan komponen elektronik, terdiri dari
Transistor, Resistor, Diode, Kapasitor Kemudian komponen tersebut di susun dirakit dan diberi pendingin sehingga menjadi sebuat alat yaitu Regulator Kiprok sepeda motor. Perhatikan gambar dibawah ini, Gambar Regulator Kiprok sepeda motor yang sudah saya bongkar.


Cara Memperbaiki Regulator KIPROK rusak,pada sepeda motor Meo Soul

Gambar diatas adalah gambar Regulator Kiprok sepeda motor MIO saya sendiri yang rusak, kemudian saya bongkar lem siliconnya, kenapa saya bongkar ? Karna saya mencurigai alat ini. Kenapa saya mencurigai alat ini ? Karna battrai Aki sepeda motor saya sering kali tekor, padahal saya baru mengecas batrai tersebut menggunakan alat pengecas baterai AKI.

Kerusakan Regulator Kiprok sepeda motor saya adalah salah satu PIN konektor telepas dan gosong dipangkal pin konektornya, pin tersebut menyatu pada komponen Regulator Kiprok itu sendiri, sehingga batrai aki tidak mendapat suplay teganggan DC dari Regulator Kiprok Tersebut, sehingga baterai menjadi tekor. Kemudian, pin konektor yang terlepas tersebut saya sambungkan kembali menggunakan Solder listrik. Untuk menyambungkan kaki pin yang putus tersebut harus membongkar lem SILIKON Regulator Kiprok dari cangkangnya, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini :

Cara Memperbaiki Regulator KIPROK rusak,pada sepeda motor Meo Soul
Pungsi Lem SILIKON pada Regulator Kiprok Tersebut adalah sebagai pelindung dari AIR komponen yang terdapat pada Regulator Kiprok tersebut.
Kesimpulannya

Nah, Didalam Regulator Kiprok sepeda motor tersebut  terdapat komponen – komponen yang mudah di ganti dan di  temukan satu persatu di pasaran. Artinya bahwa : Regulator Kiprok tersebut bisa di perbaiki tampa harus membeli Regulator Kiprok yang baru yang tergolong mahal juga,….
Sahabat Pembaca setia S P C E.com demikian dulu artikel yang satu ini yang membahas Cara Memperbaiki Regulator KIPROK sepeda motor Meo Soul yang rusak semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. jika ada yang salah dengan penjelasan pada artikel ini, anda bisa menambahkannhya memlalui kolom komentar yang tersedia pada website yang sederhana ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih,…..

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Cara Memperbaiki Regulator KIPROK rusak,pada sepeda motor Mio Soul"

  1. cara bongkar silikon nya gmna tuh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. congkel aja pakai obeng gan, saya juga mencongkelnya dengan obeng

      Delete
  2. Klu kiprok mio bisa gak dipakai di vario techno 110..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu juga gan, soalnya gak pernh coba namun gak ada salahnya di coba jika soketnya sama tentunya bisa

      Delete
  3. permisi, mau tanya. aki motor saya baru 1 bulan diganti. tapi lampu depan motor sering putus. apakah kiproknya bermasalah juga.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya jika agan mengalami hal seperti ini pastinya iya bermasalah di bagian kiproknya gan. periksa aja kebengkel terdekat

      Delete
  4. thanks caranya ya, nanti mau dicoba in hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup silakan gan ! Terima kasih juga telah menyempatkan diri berkunjung ke website blog saya yang sederhana ini, semoga bermanfaat artikelnya,...

      Delete
  5. Allhamdulillah memfaat banget bagi sy...
    Sy kira punya sy nurmal soalnya panas katanya klu panas nurmal... ternyata panas berlebihan kiprok rusak... aki terus yg di otak atik sampek d pasang deoda dn apa itu lupa namanya yg bs nyimpen arus tetap gk ada perubahan... udh stahun lebh mederita... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Sya mau tanya gan...
    Aki sya sudah d ganti yg baru, tpi stater nya gak mau nyangkut gan... apa itu kiprok nya yg sudah jelek?

    ReplyDelete
  7. Sya mau tanya gan...
    Aki sya sudah d ganti yg baru, tpi stater nya gak mau nyangkut gan... apa itu kiprok nya yg sudah jelek?

    ReplyDelete
  8. Sya mau tanya gan...
    Aki sya sudah d ganti yg baru, tpi stater nya gak mau nyangkut gan... apa itu kiprok nya yg sudah jelek?

    ReplyDelete

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.