Membuat Radio Pemancar FM 70 watt - S P C E.com

Breaking

logo

Membuat Radio Pemancar FM 70 watt

Membuat Radio Pemancar FM 70 watt

S P C E.com : Pemancar Radio, adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut.

Membuat Radio Pemancar FM 70 watt

Membuat Radio Pemancar FM 70 watt

Seperti judul artikel ini saifulcomelektronik.com akan membahas tentang membuat radio pemancar berdaya 70 watt. Kekuatan daya pancarnya pemancar 70 +- ini sekitar 30 kilo meter dari stasion antena pemancar.

Dalam pembuatan radio pemancar FM ini ada 5 perangkat keras yang harus kita siapkan, jika kita berkeinginan membagun stasion radio di tempat kita tinggal. 
  1. PLL (Phase-Locked Loop)
  2. Boster
  3. Ekoder
  4. Psu ( power supply unit )
  5. Box
Ke lima  perangkat diatas harus saling berkaitan satu sama lainya tidak boleh tidak agar menjadi sebuah perangkat pemancar FM yang utuh. Kenapa tidak boleh tidak  ? karna ke lima komponen tersebut harus ada dalam suatu pemancar, jika tidak ! perangkat tersebut tidak akan bekerja dengan baik atau daya pancarannya tidak jauh.

Fungsi Komponen
  • Pertama namanya PLL atau Mudulator fungsi dari alat ini adalah untuk membangkitkan sinyal frekuensi radio yang bekerja di frekwensi 80-108 MHz. Dalam alat ini terdapat juga komponen-komponen yang di rakit ke papan PCB berupa transistor,resistor,kapasitor, kumparan kawat dan lain sebagainya, sehinga menjadi suatu alat yaitu PLL atau modulator.
  • Kedua Boster, Boster ini berfungsi untuk memperkuat sinyal frekuensi radio yang di hasilkan oleh PLL. Alat ini juga tersusun suatu komponen yang dirakit menjadi satu agar menjadi alat yang dapat memperkuat sinyal radio dari PLL . Boster inilah yang akan menentukan jauh tidaknya suatu pancaran pemancar yang di hasilkan ke udara.
  • Ketiga adalah Ecoder Stereo, alat ini berperan sebagai pengolah suara dari sumber suara, yang di hasilkan oleh mixer audio, komputer, tipe, DVD dan lain-lain. Exoder menentukan bagus tidaknya suara yang di hasilkan oleh pemancar.
  • Ke empat adalah PSU, headware ini merupakan harus ada di setiap perangkat elektronik.  Dikarnakan suatu alat elektronik tidak akan bisa bekerja jika tidak ada headware yang satu ini elektronik apa pun itu. Karena PSU ( Power Suplay Unit ) inilah berfungsi memberikan suplay daya ke perangkat agar bisa bekerja. Pastinya ketiga poin di atas harus membutuhkan alat yang satu ini sebagai sumber daya nya.
  • Kelima, yang terahir adalah Antena, alat inilah yang akan memancarkan frekuensi radio ke udara untuk di terima oleh radio penerima. Antena ini yang akan mendaur frekuensi ke udara yang di terima dari boster. Jauh tidaknya pancaran pemancar terletak pada Matchingnya antena.
Dibawah Ini Sedikit cuplikan video mengenai perangkat pemancar :



Penutup 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Membuat Radio Pemancar FM 70 watt, semoga bermamfaat buat teman-teman pembaca dimanapun berada. nantikan juga artikel singkat berikutnya yang lebih menarik lagi.