Breaking

logo

Selasa, 03 Februari 2015

Membuat Inverter Sederhana 12 Volt Menjadi 220 Volt

Membuat Inverter Sederhana 12 Volt Menjadi 220 Volt

S P C E.com : Assalamu'alaikum wr wb ! Inverter ! Apa itu inverter ? tentunya anda sudah tau Inverter itu apa dan juga fungsinya. pengertian singkat dari Inverter adalah suatu alat untuk merubah arus listrik dari sinyal DC ke sinyal AC.

Membuat inverter sederhana 12 volt menjadi 220 volt

Membuat inverter sederhana 12 volt menjadi 220 volt

Memebuat Inverter tentunya membutuhkan alat dan komponen, karena otak dari sebuat inverter tidak jauh dari sebuah komponen elektronika. Tentunya anda bertanya seperti apa komponennya ? berikut di bawah ini komponen dan Alat untuk membuat inverter yang mudah di dapat di pasaran.
  1. Trafo CT 1 buah
  2. Transistor 2 buah
  3. Resistor 2 buah
  4. Kabel secukupnya
  5. Baterai 1 buah
  6. Perakitan
Tahap perakitan Inverter 12 volt 220 Volt

Adapun tahap yang pertama dalam perakitan Inverter adalah memepersiapakan bahan - bahan atau komponen yang di butuhkan seperti 5 poin diatas.
    Sesudah ke 5 poin di atas telah lengkap, sekarang kita lakukan proses perakitannya agar menjadi sebuah alat inverter sederhana dari 12 volt menjadi 220 volt AC.

    Nah, sahabat pembaca setia S P C E.com Inverter ini telah saya coba dapat menghidupkan bola listrik neon 5 watt, jika dapat menghidupkan bola lampu neon 5 watt tentunya cocok di gunakan apa bila listrik dari PLN mati untuk menerangi rumah kita tentunya.

    Terpending dalam Inverter agar berhasil adalah TRAFO, Untuk trafo gunakan trafo 12 volt yang mempunyai CT, agar bisa di jadikan sebagai inverter, lihat gambar trafo di atas, yang saya ambil dari bekas DVD player. Namun sebenarnya trafo di atas terlalu kecil hanya 2 Amper, alangkah baiknya Menggunakan TRAFO 5 sampai 10 Amper.

    Sekedar info saja, sebelumnya trafo tersebut saya gunakan sebagai charger aki untuk sepeda motor saya yang sering tekor. Untuk membaca bagaimana membuat Charger Aki linknya Klik DISINI

    Peroses perakitan Inverter

    • Siapkan dua buah transistor dengan tipe TIP31C jenis NPN Atau TR 2N3055. (Transistor ini fungsinya sebagai pemicu untuk membangkitkan sinyal AC (bolak balik) pada trafo). 
    • Resistor 15 Ohm 2 buah sebagai driver transistor agar trasnsitor bekerja dan tahap selanjutnya
    • Kabel secukupnya sebagai penghantar sinyal.
    • Silakan lihat gambar Skema di bawah dengan teliti ikuti jalur2 dengan benar agar peroses prakitan dalam membuat inverter berhasil jauh dari kegagalan. (Kegagalan dalam merakit sebuah alat elektronik apapun itu elektroniknya pastinya salah dalam melihat skema, penyambungan dan penyusunan komponen secara benar).

    Baik sahabat pembaca setia S P C E.com jika anda ingin membuat inverter 12 volt menjadi 220 volt saya sudah siapakan 3 Gambar skema yang bisa anda ikuti atau anda rakit dengan sangat mudah berikut gambar skemanya :

    Gambar rangkaian skema pertama 


    Dan berikut ini Gambar Skema yang kedua :


    Dan Berikut Ini Gambar Skema Inverter Yang Ke Tiga yang bisa anda coba : 

    Gambar yang ketiga ini merupakan skema desain mas duwiarsana bali, dan telah saya uji coba juga dengan daya 50 watt. mampu menghidupkan lampu neon atau florent 23 watt  bahkan lebih dengan tegangan input 12 volt.

    Penutup

    Baik sahabat pembaca setia S P C E.com Sampai di sini dulu yang dapat saya shering kepada anda semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang. selamat mencoba dan semoga berhasil,….