News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membuat inverter sederhana menjadi dimer lampu neon

Membuat inverter sederhana menjadi dimer lampu neon

Dimer lampu tentunya kita semua sudah tau dimer itu apa ? nah tapi kali ini berbeda yaitu inverte sederhana menjadi dimer lampu neon. Baca juga artikel : Cara membuat charger aki sepedamotor ke dua 2015

Awalnya saya membuat experiment membuat inverter 12volt sudah saya posting sebelumnnya, kemudian beberapa hari kemudaian saya otak-atik lagi dengan alat yang lain yaitu swich bekas dari DVD player dan kumparan ferrid yang saya temukan dari dvd bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Switch dvd tersebut saya bongkar penutupnya, oprek oprek sedikit hingga menjadi mirip kayak swich platina, dan kumparan ferrid sebagai pemicu medan magnet untuk menarik daun switch dvd yang sudah saya modif.

Baik saya akan mengulas tentang bagaimana cara membuatnya, komponen yang kita butuhkan adalah
1.       Trafo adaptor bekas 12 volt
2.       Switch dvd bekas
3.       Kumparan feriid
4.       Catu daya 9 volt / atau baterai juga bisa
5.       Proses prakitan
Sedudah 5 poin di atas sudah lengkap, pertama yang harus di lakukan adalah membongkar penutup switch dvd, kemudian bengkokkan switch tersebut hingga menyatu, klo di ukur dengan multitester jarum menunjukkan angka nol. Berarti switch dvd tersebut sudah jadi.

Kemudian tempelkan baut di salah satu daut switch dvd tersebut dengan cara di lem atau pun di solder juga bisa di salah satu daun switch tersebut, punggsinya agar nanti inti ferrid yang di gulungi kumparan kawat menarik baut tersebut agar daun switch tersebut terbuka dan tertutup.

Sesudah selesai semua sekarang solder kabel ke salah satu kaki switch dan kumparan ferrid, kemudian salah satu kaki switch hubungkan ke trafo ke kumparan skunder yaitu ke keluaran dc trafo bukan ke ac.

Kemudian kaki ferrid yang satunya sambungkan ke battrai atau sumber tegangan lainya yang penting 12 volt. Kemudian kabel trafo yang satunya sambungkan ke sumber tegangan yang lainnya. Kemudian kabel keluaran trafo sambungkan ke lampu neon lima watt.

Untuk keberhasilan terletak pada ferrit dan switch tadi. Atur jarak daun switch dengan ferrid hingga magnet ferrid dapat menarik daun switch tadi yang sudah diberi baut di ujung daun switch dvd. Karna kumparan feriid akan menjadi magnet apa bila di aliri arus listrik. https://www.youtube.com/watch?v=C_mzjHzfpuQ

Oke sampai di sini dulu mengenai inverter driver ini, semoga bermamfaat selamat mencoba gak ada salahnya klo mau mencoba. Baca artikel ini juga : software untuk mengetahui nilai suatu resistor

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!