Transformator (Trafo), Cara menurunkan teganggan trafo toroid 23 ke 12 volt DC - S P C E.com

Breaking

logo

Transformator (Trafo), Cara menurunkan teganggan trafo toroid 23 ke 12 volt DC

Transformator (Trafo), Cara menurunkan teganggan trafo toroid 23 ke 12 volt DC

S P C E.com : Transformator – Dalam dunia elektronik pungsi dari trafo atau transformator adalah untuk merubah arus listrik dari tinggi ke rendah (up down) dan juga sebaliknya dari rendah ke tinggi di sebut ( step down). 

Transformator (Trafo), Cara menurunkan teganggan trafo toroid 23 ke 12 volt DC

Transformator (Trafo), Cara menurunkan teganggan trafo toroid 23 ke 12 volt DC

Coba perhatikan gambar di atas yang saya pengan dengan tanggan saya sendiri, yaitu trafo toroid alias trafo donat karna bentuknya menyerupai kue donat.

Inti dari trafo toroid ini di buat dari bahan ferrid (batu arang berwarna hitam) dan di bentuk melingkar seperti ban mobil, kenapa trafo ini dibuat dari inti ferrid karna bahan ferrid tersebut sangat bagus mengantarkan medan magnetic. Terjadinya medan magnetic akibat gulungan kabel yang di gulung di inti ferridtersebut hingga menghasilkan medan magnetic.

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan ( shering ) ya, tips menurunkan teganggan pada trafo toroid ini dari 23 volt menjadi 12 volt. Nah kelebihan dari trafo toroid  ini kita bisa melilit kawat emalil di permukaan lingkarannya seperti gambar di atas, apa bila kita tidak mendapatkan qutput yang kita inginkan, kitabisa lilit kembali (menambah).

Ide ini saya dapat pada saat saya membuat charger aki untuk keperluan sepeda motor saya yang akinya seringkali tekor ( arus pada baterai habis dengan sendirinya ) bisa anda lihat artikel saya sebelumnya di Caramembuat charger aki sepeda motor ke dua 2015 .

Bahan yang kita perlukan untuk menurunkan teganggan trafo toroid ini dari 23 volt menjadi 12 volt, karna trafo toroid yang saya gunakan ini untuk ke perluan charger aki 12 volt, Nah teganggan qutputnya dari trafo ini tidak ada yang 12 volt DC, hingga harus kita gulung kembali kawat email ke trafo toroid ini.

Bahan yang di perlukan :
  1. Siapkan kawat EMAIL secukupnya, tapi yang saya gunakan ini adalah kawat kabel YM, karena kawat email tidak ada di tempat saya, hingga akhirnya kawat YM sebagai penganti kawat email tersebut.
  2. Panjang kawat yang di butuhkan untuk menghasilkan teganggan 12 vlot kira – kira 10 meter  Untuk trafo 5 ampere.
  3. Proses Untuk mengulungnya usahakan serapi mungkin.
  4. Sesudah selesai mengulung, silakan anda ukur dulu dengan multitester, berapakan teganggan yang di keluarkan dan apabila kurang di tambah lagi gulungannya, dan apabila teganggan dalam 10 meter itu berlebihan, silakan kurangi gulungannya tersebut.
  5. Selsesai

Penutup

Mudahkan teman-teman semua, cara menambah qutput dari trafo toroid ini dari 23 volt menjadi 12 volt. Apabila anda suka dengan artikel ini, silakan anda bagikan ke teman-teman anda sendiri. Sampai disini dulu ulasan kali ini semoga bermamfaat untuk semua orang. nantikan juga artikel berikutnya dari saya yanglebih menarik lagi.