Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit - S P C E.com

Breaking

logo

Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit

Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit

S P C E.com : Update 25 July 2017 - Hallo para pembaca setia www.saifulcomelektronik.com di manapun berada di penjuru nusantara tanah air maupun di luar tanah air. Para pembaca yang budiman, di jaman sekarang, yaitu di 2015 ini, seiring naiknya BBM ( bahan bakar minyak ) pertamina, tentu kita sebagai konsumen (pemakai) BBM, mengiginkan bbm murah seperti biasa. 

Namun apa di kata, naiknya bbm di karnakan naiknya juga mata uang dunia yaitu dolar, sehingga mata uang rupiah menjadi anjelok sekarang ini, dari 1 dolar menjadi 10000 sehinga sekarang menjadi 13000 rupiah lebih. Tapi ada untungnya juga bagi para bloger sejati pertukaran earning blognya  ke rupiah menjadi melonjak J.

Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit

Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit

Nah, makanya kesempatan kali ini saya mencoba berbagi buat anda pembaca setia saiful.com dimanapun berada, untuk membuat sebuah alat agar bbm pada sepeda motor kita irit dan juga menghemat daya baterai sepeda motor yang kita gunakan. Hanya dengan mengunakan kapasitor sebagai pensetabil pengapian pada sepeda motor. Tentunya kalau pengapian pengapian setabil maka akan menghemat juga bahan bakarnya.

Ada pun pungsi dari kapasitor adalah dapat menyimpan energy listrik di dalam kapasitor tersebut. Dan juga dapat meratakan frekuensi arus listrik yang bergelombang  menjadi rata. Dari situlah saya mencoba memasang ke sepeda motor saya sebagai pensetabil pengapian sepeda motor yang saya gunakan sehari-hari, Dan juga mempercepat kinerja pengapian mesin akibat kapasitor yang saya pasang ke sepeda motor saya dan juga menghemat daya baterai sepeda motor sehingga baterai jauh dari yang nama soak.

Kapasitor - Mengenai kapasitor tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya , karna kapasitor banyak di jual dipasaran yaitu di tempat toko-toko elektronik terdekat di tempat anda tinggal, kapasitor banyak sekali bentuknya ada yang kecil, sedang, dan besar ada juga yang sangat kecil ukuran Mikro ada juga yang sangat besar. Perhatikan gambar di bawah ini kapasitor yang sudah saya pasang di sepeda motor Mio Soul saya  :

Mio Soul 

Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit

Gambar di bawah ini yaitu Dua buah kapasitor yang telah saya pasang di motor vario cbs :

Membuat Alat Pengirit BBM Sepeda Motor, dan Juga Baterainya Ikut Irit

Nah, Fungsi dari kapasitor yang di pasang pada sepedamotor adalah untuk mensetabilkan pengapian sepeda motor tersebut, lebih besar kapasitornya lebih bagus dalam arti besar adalah jumlah mikro paratnya besar, seperti gambar di atas 10000 mikro farat, tambah besar mikro faratnya tambah bagus, karna bagus juga penyimpanan dan penyaringan arus listriknya sehingga pensetabillan pengapian sepeda motor tersebut juga akan bagus.

Komponennya yang kita butuhkan untuk pensetabil kelistrikan sepeda motor kita berupa :
  1. Kapasitor 10000 mikro farat  lebih besar mikro faratnya lebih bagus
  2. Kabel berwarna meran dan hitam atau Hiatam Putih juga bisa secukupnya
  3. Pelat Seng Yang Bisa di rekati Timah
  4. Timah solder
  5. Solder
Perakittannya
  1. Pin positif kapasitor sambungkan dengan kabel berwarna merah mengunakan solder dan timah pastinya, begitu juga seterusnya .
  2. Pin negative kapasitor hubungkan dengan kabel hitam
  3. Kupas ujung kabel merah dan hitam beri sedikit timah mengunakan solder sehingga pada saat memasang ke sepeda motor mudah.
Pemasangannya cukup mudah hanya di pasang pada batteri sepeda motor saja
  1. Buka penutu baterai sepeda motor
  2. Longgarkan baut pada baterai
  3. Sambungkan kabel kapasitor, kabel warna merah ke pin positif baterai
  4. Sambungkan juga kabel hitam kapasitor ke pin negative baterai
  5. Coba rasakan perubahan sepeda motor anda  
  6. Selesai
(perhatian untuk mengetahui pin positif dan negative bagi pemula tentu tidak tau, untuk mengetahuinya biasanya untuk pin negative di tandai dengan garis tebal di body kapasitor seperti gambar di atas)

Untuk Lebih Lengkapnya saya telah menyiapkan sebuah video singkat cara membuat alat pengirit BBM sepeda motor, dan juga baterainya ikut irit, berikut di bawah ini : 



Baik pembaca setia saifulcomelektronik.com hanya ini yang dapat saya bagi (shering) buat anda semoga bermamfaat buat anda dan juga buat semua orang. apa bila anda menyukai artikel ini silakan anda bagikan ke teman-teman dekat anda, melalui fabebook, twitter dan juga masih banyak lagi media social lainya. Dan terakhir nantikan juga artikel berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di www.saifulcomelektronik.com