News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara mengamankan jaringan WI-FI di rumah anda maupun di kantor anda

Cara mengamankan jaringan WI-FI di rumah anda maupun di kantor anda

Assalamualaikum wr wb ! selamat pagi pembaca setia saifulcomelektronik.com ? apa kabarnya di pagi hari ini ? WIFI, jika anda mendengar WI-FI tentu tidak asing lagi dengan kata tersebut. jaringan nirkabel ini atau lebih dikenal dengan nama WIFI telah menjadi bagian penting di kehidupan kita sekarang ini, terutama bagi orang para blogger dan youtube tentunya tidak asing lagi yang namanya WI-FI untuk berkomunikasi. WIFI saat ini tidak hanya di gunakan di tempat umum saja namun telah merambah kerumah – rumah sebagai sumber penyebar koneksi internet praktis dan mudah pada sekarang ini.


Namun sangat di sayangkan bahwa, orang tidak banyak tahu jaringan wifi adalah jaringan computer yang paling banyak di serang oleh orang para heaker. Kebocoran atau kecerobohan dari jaringan wifi tidak terproteksi dan beberapa kerugian sederhana jika wifi dikantor dan dirumah anda tidak terproteksi dengan baik dan benar.

1. Terjadinya peningkatan tagihan bulanan yang harus dibayar per bytenya
2. Menurunya kecepatan akses internet karna terbaginya koneksi internet dengan orang lain yang tak di kenal.
3. Membahayakan file pribadi di computer anda memlalui jarigan wifi yang tidak terproteksi pada computer anda.

Nah, tentunya bagi anda yang belum tahu cara mengamankan wifi anda bertanya, bagaimana cara mengamankan jaringan wifi tersebut ? silakan anda ikuti tips sederhana yang berada di bawah ini untuk melindungi wifi dirumah maupun di kantor anda :

1. Pertama masuk dulu ke halaman penggaturan/setting router wifi tersebut.
Yang perlu anda ketahui pertama sekali adalah bagaimana cara untuk mengakses pengaturan router wifi anda, biasa kita dapat melakukan dengan cara mengetikan ip pada url browser “192.168.1.1” maka akan ada petunjuk masuk, untuk memasukan password dan nama pada jaringan ip tersebut. namun hal ini berbeda setiap router saran saya periksa dulu router anda secara manual.

2. Silakan Anda buat password yang unik dan rumit untuk di tebak
JIka anda sudah berhasil login ke router wifi anda, maka hal pertama sekali yang harus dilakukan adalah rubahlah password standar router dengan password anda sendiri yang baru anda buat. Karna hal ini akan mencegah orang lain untuk mengakses router wifi anda sendiri. dengan cara ini kita dengan mudah untuk mempertahankan keamanan router wifi kita sendiri dan di kemudian hari kita juga dapat merubahnya kembali password dan user tersebut melalui penggaturan administrasi pada halaman pengaturan router.

3. Rubahlah User name SSID jaringan router anda
SSID adalah nama jaringan WiFi dari wireless Router biasanya jika belum dirubah nama SSID pada router. Namanya yang akan di gunakan adalah nama prangkat router tersebut. tujuan untuk merubah SSID ini adalah untuk memudahkan kita menemukan wifi kita sendiri dan membuat orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.

4. Aktifkan Enskripsi jaringan
Fungsi dari jaringan Enskripsi ini adalah untuk mencegah computer lain menggunakan koneksi internet kita. Kita perlu untuk mengenskripsi sinyal frekuensi nirkabel atau Wifi kita. Untuk mengatur enkripsi ini ada beberapa metode yaitu WEP, WPA, dan terakhir WPA2 namun yang paling aman adalah yang terakhir WPA2.

5. Mengaktifkan Filter Alamat MAC
Fungsi mengaktifkan Filter Alamat MAC ini adalah setiap perangkat computer dan gadget pastinya memiliki Address. MAC address ini tersebut dapat kita daftarkan ke perangkat router kita sendiri. jika prangkat lain yang tidak terdaftar MAC addressnya pada router wifi yang kita punya maka akan tidak dapat terhubung dengan router.


Sahabat pembaca setia S P C E sampai disini dulu yang dapat saya shering dalam kesempatan kali ini, semoga apa yang saya shering ini di website saya yang sederhana ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Nantikan juga artikel saya berikutnya yang lebih menarik lagi hanya di website yang sedeeeeeeeerhana ini.
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!