Kuliner Menu Masakan LEPAT PISANG Cemilan khas dari Gayo Lues, ACEH - S P C E.com

Breaking

logo

Kuliner Menu Masakan LEPAT PISANG Cemilan khas dari Gayo Lues, ACEH

Kuliner Menu Masakan LEPAT PISANG Cemilan khas dari Gayo Lues, ACEH

S P C E.com : LEPAT PISANG - Cemilan ini adalah olahan dari tepung manisan dan campuran pangan lainya yang memang di jadikan sebagai cemilan dari daerah Gayo, dulu katanya cemilan ini di jadikan sebagai makanan yang di bawaan para petani di gayo sebagai bekal mereka untuk ke ladang ataupun sawah karena kandungan karbohidradnya sama dengan kandungan karbohidrad pada Nasi yang kita konsumsi sehari – hari, Yang menghasilkan sumber tenaga dan memberikan rasa kenyang di perut.

Kuliner Menu Masakan LEPAT PISANG Cemilan khas dari Gayu Lues, ACEH

Tidak itu saja cemilan ini juga sebagai makanan khas untuk perayaan adat ataupun peringatan hari besar Agama, seperti hari raya Aidul Fitri, Maulid,Pesta Perkawinan serta pesta Sunatan.  lepat ini cocok di makan dengan di temani segelas Teh Panas atau pun segelas kopi di sore hari tentunya akan semakin mumbuat hangat sesuasana apalagi kalo di sajikan untuk orang- orang yang kita sayangi dan tentu lebih sehat juga higenis  bebas  dari bahan pengawetan, Formalin, borak dan bahan kimia lainnya.

Penasaran ? Kali ini saya paparkan dalam artikel saya cara membuatnya  mudah – mudahan bermanfaat buat anda khusunya buat para ibu – ibu rumah tangga. Berikut bahan - bahannya di bawah ini :

Bahan- bahannya “ Lepat Pisang “
  1. 1 Sisir pisang Ayam yang kematangannya  cukup
  2. Daun pisang  untuk membungkus
  3. ½ kilo tepung roti
  4. ¼ kelapa parut
  5. 1 Ons manisan
  6. Garam  secukuonya
  7. 1 bungkus vanili
Kuliner Menu Masakan LEPAT PISANG Cemilan khas dari Gayu Lues, ACEH

CARA MEMBUATNYA :

Robek daun pisang menjadi persegi panjang dengan luasnya sejengkal jari . langkah selanjutnya adalah membuat adonannya yaitu, ramas pisang tadi dengan tepung, lalu masukkan garam, vanili, kelapa parut, manisan  aduk hinnga rata dan menjadi adonan yang bisa sedikit di bentuk, Jika adonan masi sedikit lembek  masi bisa di campurkan atau di tampahkan tepung sedikit –sedikit. Bila adonan sudah dapat di bentuk maka bungkus adonan tadi dengan daun pisang satu persatu sampai habis. Lalu masukkan ke dalam panci  penggukusan, kukus kurang lebih 15 sampai 20 menit, setelah matang tiriskan dan siap di hidangkan. lepat ini bisa di simpan sampai 3 hari bahkan lebih.
Penulis : Hermayani