News Breaking
Tube
wb_sunny

Breaking News

Profil Amrita Sher-Gil Pelukis terkenal di India, Lahir 30 Januari 1913 103 Tahun Lalu

Profil Amrita Sher-Gil Pelukis terkenal di India, Lahir 30 Januari 1913 103 Tahun Lalu

S P C E.com: Amrita Sher-Gil lahir pada 30 Januari 1913 serta meninggal dunia di 5 Desember 1941, ia seorang pelukis terkenal di India yang lahir dari bapak yang seorang Punjabi Sikh serta ibu Yahudi Hungaria, kadang - kadang di kenal sebagai India Frida Kahlo. Serta hari ini google doodle mengapresiasi pelukis wanita utama dari era ke-20 India itu, yang warisan berdiri sejajar dengan Masters of Bengal Renaissance, ia juga pelukis wanita ‘paling mahal’ dari India.


Amrita Sher-Gil lahir di Budapest, Hongaria, dari pasangan Umrao Singh Sher-Gil Majithia serta Marie Antoinette Gottesmann. Umrao Singh Sher-Gil Majithia, seorang bangsawan Sikh serta seorang sarjana dalam bhs Sansekerta juga Persia, sesaat Marie Antoinette Gottesmann seorang penyanyi opera Yahudi dari Hongaria. Ibunya datang ke India sebagai pendamping Putri Bamba Sutherland.

Amrita Sher-Gil yaitu yang paling tua dari dua anak wanita yang lahir dari pasangan itu. Adiknya yaitu Indira Sundaram (née Sher-Gil), ibu dari artis kontemporer Vivan Sundaram. She menggunakan beberapa besar umur dirinya di Budapest. Amrita yaitu keponakan dari Indologist Ervin Baktay. Ervin Baktay menuntun dengan mengkritik pekerjaannya serta memberikannya landasan akademik untuk tumbuh. Ia juga memberikan instruksi Amrita untuk memakai pegawai sebagai jenis Masa lalu dari jenis ini pada akhirnya bakal mengakibatkan Amrita kembali pada India.

Pada tahun 1921 keluarganya pergi ke Summer Hill, Shimla di India, serta selekasnya mulai belajar piano serta biola, pada umur sembilan tahun Amirta berbarengan dengan adiknya Indira yang memberi konser serta melakukan tindakan dalam drama di Teater Gaiety Shimla ini di Mall Road, Shimla. Walau Amrita telah melukis mulai sejak umur lima tahun ia dengan cara resmi mulai belajar melukis pada umur delapan tahun.

Pada tahun 1923, Marie datang untuk tahu seorang pematung Italia, yang tinggal di Shimla ketika itu serta pada tahun 1924 saat ia kembali pada Italia, Marie juga pergi ke Italia berbarengan dengan Amrita serta mendaftarkannya di Santa Annunziata, suatu sekolah seni di Florence. Walau Amrita tak tinggal di sekolah ini dengan saat yang lama, serta kembali pada India pada tahun 1924, tetapi ia di inspirasi oleh karya-karya master Italia.

Pada usia enam belas tahun, Sher-Gil berlayar ke Eropa dengan ibunya untuk melatih sebagai pelukis di Paris, pertama di Grande Chaumiere di bawah Pierre Vaillant serta Lucien Simon serta lalu di École des Beaux-Arts (1930-1934), ia menarik ide dari pelukis Eropa seperti Paul Cézanne serta Paul Gauguin, sesaat datang dibawah dampak gurunya Lucien Simon serta perusahaan rekan-rekan seniman serta penggemar seperti Boris Tazlitsky.

Lukisan awal dia menghadirkan dampak yang penting dari lukisan model Barat, terlebih seperti yang dikerjakan di kelompok Bohemian Paris pada awal 1930-an. Pada tahun 1932, ia membuat suatu pekerjaan utama pertama, Young Girls, yang mengakibatkan pemilihannya sebagai Associate Grand Salon di Paris pada tahun 1933, membuatnya jadi yang termuda serta hanya satu di Asia yang sudah terima penghargaan itu.
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!