News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jadwal Formula 1 di tahun 2016 dan Enam tips melihat jet darat Formula 1 balapan

Jadwal Formula 1 di tahun 2016 dan Enam tips melihat jet darat Formula 1 balapan


S P C E.com : Arena adu cepat jet darat Formula 1 2016 resmi berjalan di Melbourne, Australia, pada 18-20 Maret. Supaya bisa mengerti balapan ini, ada beragam hal yang perlu di perhatikan dengan cara cermat. Tersebut enam salah satunya : 

Nilai pembalap 

Ada 21 arena balapan Formula 1 pada 2016. Pemenang tiap-tiap arena mencapai 25 poin, sedang nilai paling kecil diberikan pada pembalap urutan ke-10. 
Pembalap urutan pertama 25 poin 
Ke-2 18 poin 
Ketiga 15 poin 
Ke empat 12 poin 
Ke lima 10 poin 
Ke enam 8 poin 
Ketujuh 6 poin 
Kedelapan 4 poin 
Kesembilan 2 poin 
Kesepuluh 1 poin 

Latihan, kwalifikasi, balapan 

Tiap-tiap arena balap terbagi dalam tiga session latihan, kwalifikasi, serta balapan tersebut. Ini penyebabnya arena balap Formula 1 di tiap-tiap sirkuit berjalan sepanjang tiga hari, yaitu Jumat sampai Minggu. 

Pada Jumat, ada dua session latihan semasing sepanjang 90 menit. Session latihan ketiga dilanjutkan pada Sabtu pagi sepanjang satu jam. Lalu session kwalifikasi sepanjang satu jam di gelar pada Sabtu siang. 

Session kwalifikasi terdiri dari tiga step, Q1, Q2, serta Q3. Pada arena balap di Melbourne, system eliminasi mulai diaplikasikan pada tiga step kwalifikasi itu. 

Mekanisme system eliminasi diawali dengan step Q1 yang berjalan sepanjang 16 menit. Pada tujuh menit pertama Q1, pembalap dengan catatan saat paling lambat segera tereliminasi. Eliminasi sejenis itu selalu dikerjakan tiap-tiap 90 detik hingga session Q1 selesai. Keseluruhannya, ada tujuh dari 22 pembalap yang tereliminasi. 

Setelah itu, kwalifikasi masuk step Q2. Pada enam menit pertama Q2, pembalap dengan catatan saat paling lambat, didepak dari persaingan. Lantas, seperti terlebih dulu, pembalap paling lambat segera dieliminasi tiap-tiap 90 detik hingga tersisa delapan pembalap. 

Kedelapan pembalap itu lantas memiliki hak melaju ke step Q3 yang berjalan sepanjang 14 menit. Pada lima menit pertama Q3, pembalap dengan catatan saat paling lambat dieliminasi. Lalu, satu untuk satu berguguran tiap-tiap 90 detik hingga tersisa dua pembalap. Ke-2 pembalap itu diadu lagi sepanjang 90 detik untuk memperebutkan posisi paling depan pada balapan atau umum dimaksud pole position. 

Pada arena balapan tersebut, semua pembalap dituntut merampungkan semua putaran tak kian lebih dua jam, terkecuali balapan dihentikan karena ada kecelakaan atau keadaan jalan sirkuit punya masalah. Dalam keadaan balapan mesti dihentikan sesaat, durasi balapan tak bisa melebihi empat jam. 

Bendera 

Saat balapan berjalan, ada beragam bendera yang dipakai pihak penyelenggara untuk kirim pesan pada beberapa pembalap. Bendera kuning dikibarkan untuk memberikan instruksi beberapa pembalap memelankan kendaraan serta tak menyalip keduanya. Bendera hijau berarti jalur di sirkuit aman. 

Lantas, bendera merah dikibarkan untuk memberi tahu kalau session balapan dihentikan sesaat. Ada juga bendera biru untuk berikan sinyal kalau kendaraan yang lebih cepat menginginkan menyalip. Bendera hitam ditambah nomer kendaraan berarti satu kendaraan diperintahkan kembali pada tempat perhentian atau dapat pula bermakna diskualifikasi. Paling akhir, bendera bermotif papan catur bermakna balapan telap selesai. 

Mesin 
Mulai sejak 2014, tiap-tiap kendaraan F1 dilengkapi mesin V6 bertenaga turbo 1, 6 liter yang membuahkan sekitaran 600 brake horsepower dengan penambahan 160 bhp dari system pengembalian daya (ERS) yang merubah daya mekanis serta panas jadi daya listrik. 

Kemampuan tampung bahan bakar tiap-tiap kendaraan dibatasi sampai 100 kg atau sekitaran 130 liter tiap-tiap balapan. Mengkonsumsi bahan bakar juga dibanderol tak kian lebih 100kg per jam. 

Jumlah mesin yang digunakan tiap-tiap pembalap tiap-tiap satu musim balap tidak kian lebih lima unit. 

Tim serta pembalap 

Sejumlah 11 tim bakal berkompetisi pada musim balap 2016. Tiap-tiap tim mempunyai dua pembalap untuk tiap-tiap arena balap. Mereka bakal berkompetisi dengan cara individu untuk memperebutkan nilai pembalap, tetapi poin yang mereka terima bakal diakumulasikan pada peringkat konstruktor. 

Pembalap serta konstruktor yang mencapai poin paling banyak pada 21 arena balap ditahbiskan sebagai juara F1. 

Pada 2016, ada tiga pembalap yang mengawali kiprahnya dalam arena F1. Mereka yaitu Rio Haryanto dari Indonesia serta Pascal Wehrlein asal Jerman yang berhimpun di tim Manor, lantas Jolyon Palmer asal Inggris yang membalap untuk tim Renault. 

Ada juga tim baru yang ikut berkompetisi pada arena balap 2016, yakni Haas F1. Tim itu adalah konstruktor asal Amerika Serikat pertama yang turut arena F1 dalam 30 th. paling akhir. Haas F1 diperkuat dua pembalap, yaitu Romain Grosjean serta Esteban Gutierrez. 

Juara bertahan yaitu Lewis Hamilton. Pembalap asal Inggris itu sudah tiga kali merebut gelar juara F1 (2015, 2014, 2008). Empat pembalap bekas juara F1 yang lain yaitu Sebastian Vettel (2013, 2012, 2011, 2010), Fernando Alonso (2005, 2006), Kimi Raikkonen (2007), serta Jenson Button (2009). 

Di pihak konstruktor, Mercedes yaitu juara musim lantas sesudah memenangi 16 dari 19 balapan. Konstruktor lain yang pernah merebut gelar juara yaitu Ferrari (16 kali juara), Williams (juara sembilan kali), serta McLaren (juara delapan kali). 

Jadwal 

Sesudah rangkaian balapan di Melbourne, Australia, rampung, ada 20 arena yang lain yang dapat diikuti sampai November yang akan datang. Tersebut jadwalnya :  
Grand Prix Bahrain -- Sakhir, April 1-3 
Grand Prix Cina -- Shanghai, 15-17 April 
Grand Prix Rusia -- Sochi, April 29-1 Mei 
Grand Prix Spanyol -- Barcelona, 13-15 Mei 
Grand Prix Monaco -- Monte Carlo, 26, 28-29 Mei 
Grand Prix Kanada -- Montreal, 10-12 Juni 
Grand Prix Azerbaijan -- Baku, 17-19 Juni 
Grand Prix Austria -- Spielberg, 1-3 Juli 
Grand Prix Inggris -- Silverstone, 8-10 Juli 
Grand Prix Hungaria -- Budapest, 22-24 Juli 
Grand Prix Jerman -- Hockenheim, 29-31 Juli 
Grand Prix Belgia -- Spa-Francorchamps, 26-28 Agustus 
Grand Prix Italia -- Monza, 2-4 September 
Grand Prix Singapura -- Singapura, 16-18 September 
Grand Prix Malaysia -- Kuala Lumpur, 30 September - 2 Oktober 
Grand Prix Jepang -- Suzuka, 7-9 Oktober 
Grand Prix Amerika Serikat -- Austin, 21-23 Oktober 
Grand Prix Meksiko -- Mexico City, 28-30 Oktober 
Grand Prix Brasil -- Sao Paulo, 11-13 November 
Grand Prix Abu Dhabi -- Yas Marina, 25-27 November
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!