Proses; Cara aman melihat Gerhana Matahari serta Tujuh hal seputar Gerhana Matahari Keseluruhan - S P C E.com

Breaking

logo

Proses; Cara aman melihat Gerhana Matahari serta Tujuh hal seputar Gerhana Matahari Keseluruhan

Proses; Cara aman melihat Gerhana Matahari serta Tujuh hal seputar Gerhana Matahari Keseluruhan

Proses; Cara aman melihat Gerhana Matahari serta Tujuh hal seputar Gerhana Matahari Keseluruhan
S P C E.com : Gerhana Matahari Keseluruhan bakal melintas di 11 propinsi di Indonesia pada 9 Maret 2016. Indonesia adalah negara hanya satu yang bisa nikmati Gerhana Matahari Keseluruhan. Sampai kini fenomena Gerhana Matahari Keseluruhan kerapkali dihubungkan dengan kebutaan, apakah itu benar? lantas bagaimana melihat dengan aman? 

Apakah itu gerhana matahari ? 

Gerhana matahari adalah momen dimana posisi bulan Matahari serta Bumi sejajar serta ada pada garis lurus. Waktu bulan bakal melintas di antara Matahari serta Bumi, untuk sekian waktu sinar Matahari ke Bumi bakal terhambat bayangan bulan Saat fase keseluruhan itu berlangsung. bulan menutupi Matahari, bakal terlihat corona Matahari bakal terlihat seperti menjulur dari tepi sisi yang ditutupi bulan.

Gerhana Matahari bisa diliat dimana saja ? 

Gerhana matahari Keseluruhan pada 9 Maret 2016 yang akan datang bakal berlangsung di lautan India serta selesai di Pasifik dekat dengan Hawaii AS. Indonesia adalah hanya satu negara yang bisa nikmati gerhana Matahari Keseluruhan di lokasi daratan. 

Gerhana matahari Keseluruhan bakal melewati 11 propinsi yaitu ; Bengkulu, Palembang, Jambi, Bangka Belitung, Palangkaraya, Sampit (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Kalimantan Barat, Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Sulawesi Barat serta Ternate serta Halmahera (Maluku Utara). 

Untuk Anda diluar lokasi itu bisa nikmati gerhana Matahari walau tak keseluruhan yakni Medan (77, 6%), Denpasar (76. 44%), Makassar (88, 54%), Jayapura (73. 79%). Sesaat untuk Anda di Jakarta serta pulau Jawa bakal melihat gerhana matahari sekitaran 50-60 %. 

Negara- negara di lokasi Asia Tenggara dapat juga nikmati gerhana matahari beberapa. Gerhana Matahari Keseluruhan berlangsung di 11 propinsi di Indonesia pada 9 Maret yang akan datang. 

Untuk lihat gerhana Matahari memerlukan tempat dengan jangkauan pandangan yang luas, seperti pantai serta lapangan terbuka. Pemantauan Gerhana Matahari memerlukan keadaan cuaca yang cerah serta tempat dengan jangkauan pandangan yang luas, tanpa ada terhambat gedung yang tinggi serta pohon - pohon yang lebat. Yang paling pas yaitu di lapangan terbuka serta di pinggir pantai. 

Kapan gerhana matahari mulai berlangsung ?  

Gerhana Matahari bakal berlangsung sepanjang dua hingga tiga jam. Namun Gerhana Matahari meraih fase penuh cuma sepanjang satu 1/2 hingga tiga menit. Di lokasi sisi barat Indonesia gerhana mulai berlangsung pagi hari, mulai jam 06. 19 WIB, serta meraih puncak gerhana pada 07. 21 WIB. Gerhana Matahari bakal selesai pada jam 08. 30 WIB. 

Sesaat di lokasi tengah Indonesia Gerhana Matahari Keseluruhan bakal berlangsung pada jam 07. 25 WITA, serta lokasi timur pada 08. 36 WIT. 
 Pulau Belitung. Pulau Belitung adalah satu diantara tempat yang dilintasi Gerhana Matahari Keseluruhan. 

Apakah sinar matahari waktu gerhana menyebabkan kebutaan ? 

Menurut Kepala Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, lihat gerhana matahari keseluruhan bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos moderen. Yang benar yaitu sinar Matahari keseharian serta saat gerhana keduanya sama beresiko, karenanya janganlah lihat Matahari dengan cara langsung lantaran bisa membahayakan mata, yakni retina dapat rusak. Sinar matahari yang begitu jelas bisa mengakibatkan kerusakan retina mata. 

Apabila Anda memandang cahaya matahari dengan periode waktu yang lama bakal menyebabkan rusaknya pada retina yang dimaksud dengan solar retinopathy. Gejalanya yaitu titik-titik hitam pada pandangan mata Anda, serta itu susah untuk sembuhkan. 

Pemicunya mungkin saja saat fase keseluruhan waktu gerhana Matahari keseluruhan berlangsung, pupil mata jadi membesar untuk menangkap sinar sebanyak-banyaknya lantaran situasi yang gelap. Namun saat fase keseluruhan selesai serta bulan mulai berubah, sinar matahari bakal jelas kembali serta waktu itu yang membahayakan mata. 

Bagaimana caranya lihat Gerhana Matahari dengan aman ? 

Kacamata hitam atau rol film untuk photo, serta sisa photo rontgen dapat dipakai namun belum pasti aman untuk dipakai lihat gerhana matahari lantaran tak dilengkapi dengan pelindung dari cahaya ultraviolet (UV).  Anda bisa nikmati gerhana Matahari dengan memakai kacamata spesial. 

Diluar itu proyeksi lubang jarum bisa dipakai untuk lihat gerhana Matahari keseluruhan. langkah membuatnya ; siapkan dua kertas HVS lalu lubangi satu diantaranya dengan jarum. Lalu tempatkan sejajar, satu menghadap Matahari, Anda bakal lihat pantulan matahari dibagian kertas yang lain. 

Saat fase keseluruhan berlangsung, gerhana bisa dilihat dengan mata telanjang, namun cuma sebagian menit saja. 

Atau yang paling aman Anda bisa melihat siaran segera gerhana Matahari keseluruhan lewat website internet, diantaranya punya Observatorium Boscha Bandung. 

Apa bisa selfie saat Gerhana Matahari Keseluruhan ? 

Tips untuk lihat gerhana serta berfoto selfie waktu gerhana matahari sama juga, tidak bisa lihat dengan cara langsung. Saat gerhana Matahari meraih fase keseluruhan, adalah waktu yang aman lihat dengan cara langsung, namun mesti diingat itu cuma berlangsung sepanjang satu 1/2 hingga tiga menit saja. 

Lihat gambar matahari di monitor hp tak beresiko, sebagai kekhawatirannya yaitu saat orang lihat matahari dengan mata telanjang waktu mengatur komposisi photo. 

Kapan Gerhana Matahari Keseluruhan berlangsung lagi di Indonesia ? 

Gerhana Matahari Keseluruhan beberapa kali sudah berlangsung di lokasi Indonesia sepanjang sebelumnya 2016, yakni 24 Oktober 1995, 18 Maret 1988, 22 November 1984, serta 11 Juni 1983. Gerhana Matahari Keseluruhan bakal kembali berlangsung di Indonesia pada 20 April 2042 serta 12 September 2053. 

Namun lokasi Indonesia bakal dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin serta Keseluruhan dengan cara berbarengan pada 20 April 2023 serta 25 November 2049.
Baca Artikel Berikutnya