News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Puasa rajab sudah Tiba Hari ini Jumat 8 April, sebentar lagi Puasa bulan ramaddan

Puasa rajab sudah Tiba Hari ini Jumat 8 April, sebentar lagi Puasa bulan ramaddan

Puasa rajab sudah Tiba Hari ini Jumat 8 April, sebentar lagi Puasa bulan ramaddan

S P C E.com : Niat Puasa bulan Rajab yang jatuh pada hari ini Jumat 8 April 2016 menutur kalender Islam. Adapaun pengertian dari bulan Rajab yakni bulan ke-7 dari penggalan Islam qomariyah (hijriyah). Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad shalallah ‘alaih wasallam (SAW) buat terima perintah salat lima waktu berjalan pada 27 Rajab ini. 

Bulan Rajab juga yaitu satu diantaranya bulan haram, bermakna bulan yang dimuliakan. Bulan Rajab termasuk juga dalam 4 bulan haram berbarengan 4 bulan yang lain yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Allah berfirman dalam Surah At Taubah : 36, “ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah itu yakni dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia membuat langit dan bumi, satu diantaranya 4bulan haram Tersebut (ketentuan) agama yang benar, jadi jangan sampai anda menganiaya diri anda dalam bulan yang empat itu. ” 

Rasulullah saw. pernah bersabda : 

“ Berpuasalah di bulan haram, lalu janganlah puasa (terkecuali Ramadhan) … ” (HR. Ahmad, Abu Daud, Al-Baihaqi). 

Walau demikian dalam ajakan itu, berpuasa sunnah bukan hanya dikerjakan pada bulan Rajab semata, tetapi pada 4 bulan Haram. Menggerjakkan puasa di bulan Rajab jadi satu hal yang tidak pas seandainya seseorang muslim berasumsi, kekhususan puasa Rajab setara dengan puasa bulan Ramadhan. 

Demikian pula seandainya nampak asumsi, melaksanakan ibadah puasa di bulan. Rajab, dinilai lebih tinggi daripada beberapa bulan lainnya. Walau demikian, untuk yang telah mempunyai kebiasaan berpuasa, atau menginginkan menggerakkan puasa sunnah seperti sebaiknya, berpuasa di bulan Rajab insya Allah bisa berikan barokah pemahaman Islam pada kita. 

نَوَي'تُ صَو'مَ غَدٍ فِى شَه'رِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 
NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA 

Berarti : 
Saya kemauan puasa keesokan hari di bln. rajab sunah lantaran Allah Ta’ala 

Keutamaan serta Kekhususan Puasa Bulan  Rajab : 

Diriwayatkan kalau bila Rasulullah SAW masuk bulan Rajab beliau berdo’a : 

“ Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan. ” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik). 

“ Siapa saja berpuasa pada bulan Rajab 1 hari, jadi laksana ia puasa selama sebulan, kalau puasa 7 hari jadi ditutuplah buat dia 7 pintu neraka Jahim, kalau puasa 8 hari jadi dibukakan buat dia 8 pintu surga, jika puasa 10 hari jadi digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan. 

” Kisah al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid : “ Barangsiapa berpuasa 1 hari di bulan Rajab, jadi ia laksana berpuasa setahun, kalau puasa 7 hari jadi ditutuplah buat dia pintu-pintu neraka jahanam, kalau puasa 8 hari dibukakan buat dia 8 pintu surga, kalau puasa 10 hari, Allah bakal mengabulkan semua permintaannya ” 

“ Sesungguhnya di surga ada sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasa-rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa 1 hari pada bulan Rajab, jadi ia bakal dikaruniai minum dari sungai itu”. Kisah (dengan cara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda : 

“ Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku. ” Sabda Rasulullah SAW lagi : “ Pada malam mi’raj, saya lihat satu sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lantas saya ajukan pertanyaan pada Jibril a. s. : 

“ Wahai Jibril buat siapakan sungai ini? ”Maka berkata Jibrilb a. s. : “Ya Muhammad sungai ini yakni untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!