BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

S P C E.com : Sebagai pengguna smartphone Android, khususnya smartphone Android jadul atau smartphone Android kelas menengah ke bawah, tentu kamu sering menemui lag, force close, hang dan sejenisnya. Jika dibandingkan dengan iOS, manajemen daya dan RAM di Android memang sangat buruk.

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

Nggak percaya ? Buktinya adalah prosesor Quad Core dan RAM 2GB pada iPhone 7 dan RAM 3GB pada iPhone 7 Plus. Smartphone terbaru besutan Apple menawarkan performa yang sangat kuat. Sementara Android sudah ada yang menggunakan prosesor hingga Deca Core (10 inti) dan RAM mencapai 6GB. Lalu, bagaimana cara mempercepat kinerja Android yang lambat ?


7 Cara Mempercepat Kinerja Android yang Lambat

Jangan puas dulu dengan kinerja yang kamu terima dari smartphone Android kamu saat ini. Dengan melakukan beberapa trik tertentu, kamu bisa mengoptimalkan performa smartphone Android kamu agar tidak lemot. Dilansir AndroidAuthority, berikut cara mempercepat kerja Android.

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan dan Rakus Daya

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

Cara mempercepat Android pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang kamu gunakan serta aplikasi yang menguras baterai. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pengguna smartphone yang men-download aplikasi tertentu, hanya 26 persen yang benar-benar menggunakannya hingga sepuluh kali atau lebih. Sementara, 26 persen lainnya hanya menggunakannya sekali dan tidak membukanya lagi. Jadi, pasti ada aplikasi yang tidak terpakai di smartphone kamu.

Setelah kamu membersihkan aplikasi yang tidak terpakai, sasaran berikutnya adalah aplikasi yang menghabiskan baterai. Kamu dapat menemukan aplikasi rakus baterai tersebut melalui Settings > Battery. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai kamu. Sebenarnya tidak masalah jika kamu memang menggunakan aplikasi tersebut, tapi jika kamu menemukan aplikasi yang jarang kamu gunakan masuk dalam daftar, mungkin itu memang harus dihapus.

2. Mengubah Pengaturan Sinkronisasi

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

Fitur Auto-sync data itu memang penting, jadi jangan matikan fitur ini. Namun, karena berjalan di latar belakang sepanjang waktu, fitur ini bakal cukup menyedot daya, RAM, dan baterai. Solusinya adalah mengubah dan menyesuaikan pengaturan sinkronisasi karena tidak semua layanan harus aktif.

Kamu dapat melihat semua account yang tersinkronisasi dengan membuka Settings > Account > Google. Terus pilih email yang akan kamu sesuaikan dan matikan beberapa fungsi yang tidak kamu butuhkan. Untuk mengubah interval sinkronisasi, kamu harus membuka aplikasi dari masing-masing akun, dan masuk ke pengaturan untuk mengatur waktu sinkronisasi.

3. Mengatur Power Saver

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

Kebanyakan smartphone saat ini dibekali dengan fitur Power Saver atau sejenisnya. Tujuan Power Saver adalah untuk mengatur modus smartphone, misalnya modus performa hingga super saving untuk hemat baterai.

Nah, secara default biasanya smartphone berada di dalam modus normal atau seimbang. Artinya, smartphone kamu belum mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya. Maka dari itu, jika kamu butuh kinerja yang lebih andal, kamu harus pilih modus performa meskipun mengorbankan baterai.

4. Mengubah Animasi

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7


Antarmuka Android dilengkapi dengan animasi halus yang membuat pergerakan menu dan interaksi dengan smartphone lebih menyenangkan. Contohnya, kamu dapat melihat animasi tersebut ketika kamu membuka atau menutup aplikasi, membuka panel notifikasi, mengklik ikon tertentu, dan sebagainya.

Sayangnya, animasi ini juga mempengaruhi kinerja smartphone dan membuat Android lebih lambat. Tapi ada cara untuk mematikannya, yakni melalui pengaturan Developer Options. Secara default, animasi window, transisi, dan animator disetel "1x skala". Artinya, waktu animasi berjalan sekitar satu detik.

Jadi, ketika kamu membuka atau menutup aplikasi, aplikasi tersebut memakan waktu lebih lama satu detik, dan begitu seterusnya. Karena kamu sudah terbiasa, mungkin itu tidak mengganggu. Tapi, cobalah kamu mengubah masing-masing pilihan animasi menjadi 0.5x atau off. Maka, kamu bakal merasakan performa smartphone kamu meningkat.

5. Periksa Pembaruan

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

Cara mempercepat kinerja Android yang lambat selanjutnya adalah dengan memeriksa pembaruan, baik firmware maupun aplikasi. Pastikan kamu sudah menjalankan versi firmware terbaru yang disediakan oleh vendor smartphone kamu. Cara mengeceknya yaitu dengan membuka Setting > Firmware Update.

Selanjutnya, pastikan kamu menjalankan aplikasi versi terbaru. Jadi, kamu harus rajin-rajin update aplikasi di Google Play Store. Versi terbaru tentunya lebih stabil dan juga punya fitur baru.

6. Hapus Bloatware

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7


Beberapa vendor membenamkan banyak fitur dan aplikasi bawaan. Tujuan utama sebenarnya adalah untuk memanjakan para penggunanya. Sayangnya, terkadang tidak semua aplikasi bawaan itu terpakai dengan maksimal. Tidak jarang, kamu juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang serupa dengan fungsi aplikasi bawaan. Dengan menghapus bloatware tentu akan mengurangi jumlah penggunaan RAM dan baterai sehingga smartphone kamu tidak lemot.

7. Root dan Install Custom ROM

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

Android itu open source, jadi siapa pun dengan pengetahuan dapat mengambil kode dasar Android dan melakukan modifikasi atau membuat tweak tertentu. Jadi, maksimalkan dengan melakukan root smartphone Android kamu. Dari titik ini, kamu bisa melakukan banyak hal. Buka saja XDA Developer dan ketikkan jenis smartphone kamu. Maka, kamu akan melihat beragam tips dan trik untuk membuat smartphone kamu lebih cepat.

Jika smartphone kamu tidak mendapatkan dukungan update ke sistem operasi Android terbaru dari vendor, kamu bisa menjajal versi Android terbaru Nougat lewat custom ROM. Beberapa custom ROM yang cukup terkenal antara lain CyanogenMod, Dirty Unicorns, Paranoid Android, Resurrection Remix, Cataclysm, dan lainnya.

Itulah 7 cara mempercepat kerja Android mulai dari langkah sederhana hingga metode tingkat lanjut. Setelah kamu melakukan beberapa langkah, dijamin kamu bakal merasakan sendiri perbedaannya. Tak hanya lebih cepat, daya tahan baterai smartphone kamu juga bertahan lebih lama. Nah, apakah kamu punya cara tersendiri untuk mempercepat performa di Android ? Share ya melalui kolom komentar S P C E.com di bawah ini.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.